Langkah Cara Optimasi Website Untuk Mobile First Index

Website yang kita gunakan sebagai media tulisan artikel harus mendukung dua faktor menurut algoritema google diantaranya versi mobile dan desktop karena google mengindex mobile pertama kali pada saat blogger mempublish artikel maka optimasi website untuk mobile first indexing harus dilakukan hal ini telah di umumkan melalui google algoritma yaitu era mobilegeddon juga lewat blog google itu sendiri bahwa google akan mengindex website mobile terlebih dahulu.
Langkah Cara Optimasi Website Untuk Mobile First Index
Cara optimasi website terutama untuk versi mobile sangat diperlukan dan penting untuk diperhatikan oleh pemilik blog terutama agar loading blog cepat saat diakses melalui perangkat seluler untuk pengalaman pengguna mobile. Hal ini juga membantu ranking website di search engine yang telah diindex jika optimasi website untuk mobile first index telah dilakukan oleh blogger.

Optimasi website untuk mobile version first index setidaknya harus mematuhi optimasi website untuk mobile layout di berbagai ukuran display pada browser smart phone maupun tablet.

Berikut langkah cara optimasi website untuk mobile first index :


1. Template blog responsive dan mobile friendly

Template blog atau website design harus responsive disemua ukuran layar smartphone atau tablet saat diakses melalui smartphone dan tablet maupun desktop atau komputer sehingga halaman website atau blog dapat dibuka dengan sempurna disemua perangkat.

Untuk wordpress gunakan template support mobile begitupun blogger terutama blogger template seperti soho, contempo sudah support untuk tampilan responsive juga mobile friendly.

Untuk mendesign template blog responsive anda bisa mengaturnya lewat meta tag responsive, html juga dengan css3 media query di template blogger.

2. Menempatkan konten di above the fold

Pada waktu website di buka di browser makan berikan keleluasaan user untuk melihat konten di paruh atas, ini juga bisa memperbesar ctr blog. Karena prioritas yang dijadikan pedoman google adalah user experience yaitu pengalaman pengguna saat membuka halaman waktu pertama kali diatas layar jangan sampai konten seluruhnya terdorong ke bawah layar karena iklan di paruh atas sehingga yang terlihat hanya tampilan iklan pada area above the fold website.

Cara menanam backlink untuk optimasi website anda

3. Loading blog atau website ringan

Agar loading website versi mobile ringan lakukan langkah berikut :

- Gunakan iklan sewajarnya
Terlalu banyak memasang iklan google adsense akan membuat berat loading website saat di buka di smartphone dengan cara memasang iklan  maksimal 3 slot iklan adsense di blog bisa sobat variasikan iklan dengan menambahkan iklan teks. Begitupun jika hendak menyediakan slot penyedia iklan lainnya di blog atau website terkecuali sobat mempunyai trafik websitr yang bagus tidak menjadi masalah.

- Jangan gunakan pop up
Terlalu banyak pop up di website apakah popup iklan maupun form karena akan memberatkan website anda karena biasanya popup menggunakan java script atau jquery penyebab template blog menjadi berat.

- Gunakan video html5 daripada adobe flash player

Penggunaan script adobe flash player dapat memperberat loading website sebagai alternatif gunakan video html5 di website karen smartphone sekarang sudah support html5.

3. jangan blocking rendering css, javascript

Rendering blocking css dan js bundle di website dapat menyebabkan beratnya website saat dibuka di mobile smartphone karena semua css tidak sepenuhnya terpakai oleh browser baik di blogger maupun wordpress.

4.Gunakan cookies website

Cookies website berguna untuk menyimpan sementara file-file di server sehingga waktu visitor kembali ke website anda semua file disimpan sementara sehingga efektivitas membuka blog anda di smartphone cepat.

Baca juga : Cara optimasi seo blog yang sangat baru

5. Compress image

Image yang diupload tanpa di kompress terlebih dahulu akan membuat mobile browser load terlalu lama maka sobat harus mengompress image yang akan diupload atau bisa menggunakan server cdn agar menampilkan image lebih cepat. Anda bisa menggunakan juga ladzy load image agar load image cepat atau hosting image menggunakan cdn.

6. Gunakan widget blogsite sewajarnya

Menampilkan banyak widget blog sangat buruk karena akan memperlambat loading blog maka hapus widget blogger yang tidak penting.

Baca juga : Faktor yang menentukan ranking website di serp google

7. Menggunakan website AMP

AMP atau accelerated mobile pages menjanjikan loading blog cepat saat blog anda memakai AMP baik dari iklan, image, dsb. Tetapi AMP banyak kekurangannya diantaranya design template kurang flexible, tidak diperkenankannya jquery maupun java script. Tidak selalu bahwa blogsite amp harus pada halaman satu google meskipun loading sangat cepat dibanding situs optimis mobile. Untuk blogger sendiri cukup menguras waktu sebab mesti menambahlan amp image dan harus selalu cek valid amp kalo wordpress sendiri sudah otomatis anda hanya tinggal mengaktifkan amp di wordpress.

9. Optimis website page speed

Salah satu cara agar pengunjung betah adalah dengan cafa mengoptimiskan website page speed atau kecepatan loading website bisa dengan cara optimasi langkah cara optimasi website untuk mobile page index diatas.

Belum ada Komentar untuk "Langkah Cara Optimasi Website Untuk Mobile First Index "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel