Faktor Yang Menentukan Ranking Website di Google Serp

Peringkat website di google di pengaruhi oleh beberapa faktor google ranking situs baik dalam segi Seo ataupun berdasarkan perubahan update algoritme google.

Ranking website harus kita usahakan karena menyangkut peringkat website di google search engine.
Faktor Yang Menentukan Ranking Website di Google Serp
Terlepas dari kontradiksi argumentasi tentang penting atau tidaknya implementasi seo yang masih menjadi perdebatan pada sebuah blog atau website memang perlu diaplikasikan termasuk juga pernyataan google baik yang sudah di konfirmasi lewat blog google mengenai update algoritma dari awal terbentuknya mesin pencari google hingga kini wajib untuk diikuti dan diterapkan karena merupakan faktor penentu yang mempengaruhi rangking website di search engine. 

Berikut faktor yang menentukan ranking website di google serp yang mesti di terapkan pada website:


1. Faktor Domain

- Usia Domain
Umur domain atau domain age yang berarti usia sebuah domain yang telah dipakai baik expired domain maupun yang masih di pakai. Tetapai Google mengkonfirmaai bahwa itu tidaklah terlalu penting. 

- Kata kunci yang terdapat pada TLD (Top level Domain) 
Nama Keyword pada domain tld tidak secara signifikan mempengaruhi peringkat website di mesin pencari tetapi masih berperan untuk memberikan sinyal yang relevan. 

- Keyword yang menjadi satu kesatuan pada domain
Yakni sebuah nama domain dibuat dengan menargetkan kata kunci di nama domain. 

- Jangka waktu domain setelah teregistar
Lama domain yang telah terregistrasi atau dikenal dengan sebutan domain expired merupakan salah satu faktor yang masih bisa dibilang dapat memberi nilai faktor ranking website. 

- Keyword pada subdomain
Kata kunci yang nampak pada subdomain secara nyata memberikan nilai tambah sangat besar pada peeingkat, hal ini juga diperkuat oleh steatment MOZ. 

- Sejarah Domain
Sejarah domain atau jelajah domain juga memberikan nilai yang berpengaruh pada peringkat situs tetapi bahwa sebuah situs yang telah terganti kepemilikan atau beberapa drop atau hilang mungkin akan meminta google untuk mereset domain hostory juga negtive links ke domain atau juga yang telah terkena penalty didomain berakibat juga kepada pemilik domain baru tersebut.

Exact Match Domain (EMD)
Masih memberikan pengaruh penting tetapi EMD domain menjadi situs dengan kualitas rendah berdasarkan niche yang dibuat, meskipun begitu domain dengan exact mact domain bisa mendapat ranking 3 besar tanpa backlink dengan harga yang lumayan daripada domain tanpa EMD. 

- Public vs Private Whois
Private Whois Information sebagai sesuatu yang disembunyikan sebagai sesuatu yang tidak biasa. Mempunyai privacy Whois yang diaktifkan tidak terlalu buruk tetapi anda baisa menggabungkan semua faktor ini.

- Country Tld extention
Domain Tld dengan ekstension kode negara seperti .id, .cn, .us, .ca bisa membantu situs atau website dirangking dengan keistimewaan negara tetapi itu akan membatasi kemampun website yang di ranking secar global.

2. Faktor Tingkat halaman (Page-Level Factors)

- Keyword di Title Tag ( Keyword di Judul)
Meskipun tidak begitu penting tetapi title tag memberikan signal seo on page.

- Title Tag diawali dengan keyword
Berdasarkan MOZ, title tags yang diawali sebuah keywords memberikan performa lebih baik daripada title tag dengan keywords diujung akhir dari tag.

Keyword di meta tag description
Google tidak lagi menggunakan meta description sebagai sinyal rangking secara langsung. Meskipun xemikian tag description dapat memberikan dampk CTR (Click-through-rates) yanv menjadi sebuah kunci factor rangking.

- Kata kunci yang terdapat pada H1
H tag yaitu sebuah title tag kedua, selama menggunakan title tag, goole menggunakan H1 tag sebagai signal relevansi kedua nerdasarkan hasil dari korelasi pembelajaran.

- TF-IDF Seberapa banyak kata ditempatkan dalam dokumen
Banyak kata yang muncul pada sebuah halaman bahwa kata tersebut lebih disukak bahwa halaman tersebut tentang kata.

- Panjang konten
Konten dengan lebih banyak kata dapat mengcover secara luas dan lebih disukai berdasarkan algoratma daripada lebih pendek dan artikel yang dangkal atau tidak mendalam. Pendalaman, salah satu rangking faktor, bahwa studi industri menemukan bahwa konten mempungai korelasi dengan posisi SERP.

- konten bertabel
Menggunakan sebuah konten tabel berupa link dapat membantu Google lebih mengerti halaman-halaman konten anda. Dan itu akan juga terdapat sitelinks.

- Keyword density
Meskipun tidak sama penting dari sebelumnya google mungkin menggunakannya untuk mencerminkan topik dari sebiah webpag tetapi terlalu berlebihan akan melukai atau membahayakan anda gunakan secukupnya keyword.

- Keyword Latent Semantic Indexing di konten
Keyword LSI membantu mesin pencari mengekstrak arti dari kata yang lebih dari satu kata pengertian. Kehadiran atau ketiadaan LSI mungkin juga merpakan sebuah signal konten berkualtas.

- Keyword LSI di Title dan deskripsi Tag
LSI keyword di halaman meta tag mungkin membantu google memahami antara kata-kata-kata yang berpotensi multi arti. Mungkin juga sebagai signal relevansi.

- Topik Cover halaman secara mendalam
Ada sebuah korelasi bersesuaian bahwa kedalaman cover topik dan peringkat google. Meskipun halaman yang mengkover setiap sudut detil lebih disukai dari pada dari satu sisi halaman yang mengcover hanya sebagian topik saja.

- Kecepatan loading halaman lewat HTML
Google dan Bing keduanya menggunakan kecepatan halaman sebagai sebuah faktor peringkat. Spider mesin pencari bisa mengestimasi kecepatan situs dengan secara akurat sekali berdasarkan kode halaman HTML.

- Kecepatan loading halaman via google chrome
Google juga menggunakan data user di chrome untuk menangani waktu loading halaman. Dengan jalan itu mereka dapat mengukur bagaimana kecepatan sebuah page load secara nyata kepada pengguna.

- Menggunakan AMP
Meskipun tidak secara langdunv sebagai faktor google ranking, AMP mungkin dibutuhkan agar berperingkat di versi mobile di Google news carousel.

- Entity match
Kesamaan konten dengan entity, apa yang dicari pengguna atau visitor dengan keyword kemungkinan halaman tersebut akan mendapatkan peeingkat besar terhadao keyword tersebut.

- Google Hummingbird
Google sekarang bisa mengerti tentang topik ari webpage.

- Duplikat konten
Konten yang identik pada satu website meskipun di modifikasi akan berpengaruh negatif terhadap sebuah situs di search engine.

- Rel=Canonical
Jika digunakan dengan baik dari tag ini mungkin akan mencegah google untuk mencegah penalty website dikarenakan duplikat konten.

- Optimasi image
Image akan mengirim ke mesin pencari relevansi signal penting melalui nama cile, alt txt, title, caption dan deskription.

- Content recency
Google caffein mengupdate konten yang telah diupdate atau dipublish khususnya untuk pencarian waktu yang sensitif. Pemutakhiran ini merupakan faktor penting, goofle menunjukkan tanggal dari sebuah page yang terakhir di update untuk page tersebut.

- Magnitude of content updates
Pentingnya dari pengeditan dan penggantun juga sebagai faktor penyegar. Penambahan dan penghapusan disebagian artikel lebih signifikan daripada mengganti beberapa kata atau memfixkan sebuah kata atau kalimat typo.

- Hystorical page update
Jadwal halaman update juga bermain secara bergulir dengan segar.

- Keyword Prominence
Keyword yang muncul atau ditempatkN pada 100 kata dari konten halaman mempunyai korelasi untuk mendapat rangking pertama peringkat google.

- Keyword pada H2, H3 Tag
Anxa mempunyai keyword ditempatkan sebagai subheading pada H2 atau H3 format mungkinmenjadi signal lemah yang relevan.

- Kualitas Outbound link
Banyak pakar SEO berpikir bahwa link keluar ke situs otorisasi membantu mengirim signal kepercayaan kepada google. Dan di backup oleh studi di industri.

- Outbound link theme
Berdasarkan Hillop algoritma, Google mungkin menggunkan konten dari halaman yang anda link ke halam lain sebagai sebuah signal yang relevan.

- Tata bahasa dan Ejaan
Baik Grammer dan spelling merupakan signal kualitas dan sangat penting agar dapat difahami.

- Syndicated content
Halaman yang original atau hasil karya tulis anda sendiri akan di index dan mendapatkan ranking sebaliknha jika hasil scrape atau copy artikel tixak akan diindex atau bahkan tidak diindex sama sekali.

- Mobile-friendly Update
Sesuai dengan mobilegeddon, situs harus dioptimasi ke parangkat device mobile.

- Penggunaan Mobile
Situs yang menggunakan pengalaman user mobile akan mendapat perhatian pertama google.

Cara cek ranking website di google serp

- Menghilangkan content pada mobile
Menghilangkan konten pada mobile mungkin tidak akan diindex. Bahwa hidden content adalah baik tetap juga dikatakan akan ada kritik isu konten yang seharusnya tidak dihilangkan (Konten Mobile version).

- Bantuan konten tambahan 
Bahwa memberikan bantuan tambahan merupakan sebuah indikator dari kualitas halaman termasuk google ranking. Seperti penukaran mata uang, resep interaktif, dsb.

- Konten tersembunyi dibelakang tab
Google secara nyata mengemukakn bahwa konten tersembunyi dibelakang tab mungkin tidak akan diindex.

- Jumlah dari Outbound link
Terlalu banyak dofollow outbound links bisa melemahkan page yang berarti dapat melukai halaman yang telah dirangking.

- Multimedia
Video, image dan elemen multimedia mungkin akan beraksi sebagai sebuah sinyal konten berkualitas, hal tersebut berdasarkan studi di inxustri.

- Jumlah internal link yang munju ke halaman
Jumlah internal link yang menitik beratkan kepada halaman mengindikasi bahwa internal links relatif penting ke halaman yanv yang lainnya pada situs dalam artian lebih banyak links sama lebih pentingnya.

- Kualitas dari internal link yang dititik beratkan ke halaman
Internal links dari halaman otorisasi halaman pada domain mempunyai efek yanv sangat kuat daripada halaman dengan tidak atau rendahnya Pagerank.

- Broken links
Punya terlalu banyak broken links atau page not found pada sebuah halaman mungkin menandakan situs akan dicampakkan atau ditinggalkan.

- Tingkatan pembaca
Tidak ada keraguan bahwa google menjumlahkan tingkatan pembaca dari halaman web. Beberapa mengatakan bahwa level dasar membaca akan menolong anda diranking lebih baik karena akan menarik kepada membaca.

- Affiliate links
Affiliate links tidak akan membahayakan atau melukai ranking situs anda, jika terlalu banyak, google algoritma mungkin akan membayar dengan menutup perhatian ke kualitas sinyal yang lain jadi yakinkan anda tidak sebagai situs affiliate ramping.

- Error HTML atau Validasi W3C
Kebanyakan error html atau pengkodean tidak rapi atau sembraut menandai kualitas situs buruk. Meskipun kontroversial banyak di SEO berpikir bahwa halaman dengan pengkodean yang baik digunakan sebagai sinyal berkualitas suatu situs.

- Otorisasi Domain
Segala sesuagu dijumlahkan, sebuah halaman dengan authorisasi domain akan dirangking lebih tinggi daripada sebuah page pada domain yang kurang otorisasi.

-

- Panjang Url
Kelebihan panjang url akan menyakiti sebuah page di search engine.

Continue.... 

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Faktor Yang Menentukan Ranking Website di Google Serp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel