Langkah Jitu Cara Meningkatkan CPC Google Adsense Di Blog

Google adsense merupakan produk google yang diidam-idamkan para blogger untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog berdasarkan bidikan harga keyword.

CPC adsense adalah tarif cost per click atau harga iklan adsense per klik yang google adsense tayangkan di blog sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Disini publisher adsense bisa menargetkan harga iklan sesuai bidikan keyword sehingga apabila ada pengunjung blog yang mengklik iklan pada blog anda mendapat pembayaran cpc iklan adsense tinggi jika menargetkan kata kunci dengan cpc tinggi. 
Langkah Jitu Cara Meningkatkan CPC Google Adsense Di Blog
Mungkin anda merasa cpc atau cost per clik google adsense sangat kecil atau rendah di blog anda sehingga penghasilan blog atau google adsense anda tidak meningkat atau bahkan datar-datar saja setiap harinya yang perlu anda lakukan adalah bagaimana cara menaikan atau meningkatkan cpc atau bpk adsense di blog.

Meningkatkan atau menaikkan cpc adsense bisa dibilang gampang-gampang susah hanya perlu analisa atau bahkan study case serta eksperimen, jika blog anda berbahasa indonesia karena memang blog indonesia rendah dalam hal CPC tetapi bisa di akali untuk meningkatkan cpc google adsense. 

Berikut langkah jitu cara meningkatkan CPC atau bpk google adsense di blog :


1. Bidik keyword harga mahal

Membidik keyword sesuai cpc adsense anda bisa research keyword menggunakan ubber suggest dengan kata kunci yang sobat targetkan lalu lihat cpc nya untuk setiap keyword yang akan anda tempatkan diblog.

2. Memilih niche blog dengan bayaran tinggi

Memilih niche blog atau tema blog harus di siapkan sejak awal pembuatan blog sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan anda mengenai sesuatu. Niche blog yang dibayar tinggi biasanya seperti blog kesehatan yang mengupas tentang kesehatan, blog bisnis mengenai seputaran bisnis, blog investasi tentang segala macam investasi, blog seo tentang tutorial search engine optimization, blog tentang asuransi yang mengupas asuransi, property yang membahas bangunan dan peroperty lainnya, perbankan yang mengupas tentang bank, transaksi, perhitungan bunga dan permasalahannya, dsb.

Blog tersebut akan menghasilkan dan meningkatkan cpc adsense dengan bayaran dan dibayar tinggi kepada publisher adsense.

Baca juga : Cara melihat penghasilan google adsense

3. Mengurangi jumlah penempatan iklan adsense

Semakin banyak blog anda menempatkan dan memasang iklan google adsense maka semakin kecil peluang harga atau tarif klik iklan yang didapatkan.

Mengurangi jumlah iklan dapat dilakukan dengan cara :

- Mengurangi persentase penayangan iklan atau mengatur ads balance di akun google adsense

Mengurangi percentage adsense ads akan memperbaiki harga perklik iklan adsense anda, kalau kita tayangkan semua dikesiran 100% iklan tayang di blog anda bisa set tayangan iklan antara 70-50% tayangan iklan dengan syarat trafik blog tinggi dan kemungkinan iklan yang tayang blank jika trafik blog anda rendah karena google akan menempatkan performa iklan terbaik dengan harga iklan mahal untuk anda sehingga pendapatan google adsense naik dikarenakan cpc google adsense naik.

Anda bisa mengatur persentase atau ad balance penayangan iklan adsense di google adsense dengan cara :
1. Login ke google adsense dengan google akun anda
2. Tap atau klik menu dan pilih ads balance
3. Lalu silahkan setting ads fill rate di google adsense dengan persentase antara 70-50
4. Klik aply.

Selain itu anda juga bisa berexperiment menggunakan ads balance google adsense mana percentage ads fill rate terbaik dengan mengklik setup an experiments. Lalu akan ke tampilan ads balance experiment silahkan setting ads ke persentase yang anda inginkan secara otomatis estimated dan ads akan berkurang.

- Mengurangi jumlah iklan pada blog

Memasang iklan terlalu banyak pada website akan berdampak pada pendapatan adsense anda dan harga cpc juga anjlok maka tempatkan iklan dengan sedikit dengan 5 unit iklan adsense pada artikel dan sidebar dengan dikombinasikan 2 unit link ads selain itu agar buka blog tidak berat saat dibuka visitor.

Niche blog yang dibayar tinggi oleh google adsense

4. Pilih blog berbahasa inggris

Mengapa memilih blog dengan bahasa inggris karena blog dengan memakai bahasa inggris anda berpeluang mendapat klik dengan cpc adsense tertinggi sebab perhitungan cpc memakai dollar dan perhitungan global sebagai bahasa internasional atau global. Jika memakai blog dengan berbahasa indonesia cpc akan rendah sekali karena cpc indonesia sangat rendah.

5. Blog dengan negara tertarget

Blog dengan negara tertarget dapat meninggikan cpc iklan adsense anda, untuk meninggikan cpc targetkan negara ke US (United states), Canada atau UK  (United Kingdom).

6. Menempatkan dan memasang iklan dengan tepat

Penempatan iklan yang baik di blog adalah di dalam artikel, yaitu di bawah title, ditengah postingan artikel atau di bawah artikel. Juga bisa ditempatkan di sidebar blog dengan memakai iklan leaderboard vertikal atau horizontal diatas header blog.

7. Variasikan dengan iklan responsive

Memakai iklan responsive sangat baik karena mendukung penampilan iklan diberbagai perangkat dan device seperti mobile, tablet, laptoo atau pc.

Baca juga : High paying keyword yang dibayar mahal oleh Google Adsense

8. Memanfaatkan fitur auto ads (iklan otomatis) 

Sobat bisa memanfaatkan fitur auto di adsense dengan penayangan iklan otomatis sehingga google adsense akan memasang iklan secara otomatis di blog.

9. Blok iklan adsense yang mempunyai cpc rendah

Agar cpc meningkat dan naik bisa dengan memblok iklan di adsense akun anda langsung. Kriteria iklan yang harus di blok adalah seperti iklan indonesia yang mempunyai cpc kecil sekali dengan cara :
- masuk google adsense
- Klik dan Tap menu lalu pilih blocking controls
- Pilih ads review center
- Pilih blocked
- pilih iklan yang akan di blok dan tap atau klik icon bulat berwarna merah disamping bawah kiri iklan.

Jika ingin memblok iklan berdasarkan url sobat bisa memilih all sites dan tambahkan situs penayang iklan dan klik block.

Baca juga : Cara mencari high paying keywords google adsense untuk meningkatkan CPC dan penghasilan

10. Buat safelink blogger

Selain hal diatas cara meningkatkat cpc adalah dengan cara membuat safelink blogger.
Safelink adalah untuk mengamankan link artikel atau link downlod agar aman dari virus dan malware.
Banyak template saflink blogger bertebaran di google silahkan sobat cari dan download template blogger dengan mencari template safelink blogspot.
Tips agar cpx meningkat dengan saflink adalah dengan menambahkan artikel bahasa inggris dengan cpc tinggi sehingga link artikel dan download melalui safelink dan iklan google adsense anda akan tinggi.

Demikian cara meningkatkan atau menaikkan cpc atau bpk adsense di blog dari omevan semoga dengan meningkatnya cpc adsense sobat bisa dengan cepat memperoleh pembayaran dari google adsense.