Cara Hidup Sehat Mulai Dari Para Ahli Sampai Ala Rasulullah

Kesehatan adalah harta kita yang tak bisa dinilai dengan uang, karena jikalau kita tidak sehat sudah barang tentu anda tidak bisa melaksanakan aktivitas kehidupan sehari-hari. Dengan pola hidup sehat berbagai kerjaan, tugas dan sekolahpun lancar, bahkan banyak orang yang menginginkan sehat pergi ke sana-sini ke dokter bahkan ada yang pergi ke yang bukan kompeten karena tidak menjaga pola hidup sehat.
Cara Hidup Sehat Mulai Dari Para Ahli Sampai Ala Rasulullah
Sehat tidaklah mahal asal kita tetap menjaganya dengan baik pola hidup sehat kita tetapi sakit itulah yang mahal, jaga masa sehat kita sebelum masa sakit.

Berikut pola hidup sehat menurut para ahli :

1. Kontrol kesehatan diri
Kenali diri dan kondisi kita tidak akan ada yang mengetahui diri kita sealin dari diri kita sendiri. Bisa dengan mengecek kesehatan kita ke dokter atau merasakan dimana kondisi kesehatan tubuh kita, jika ada yang dirasa berobat dan memeriksa diri ke puskesmas atau dokter ahli.

2. Cukup tidur dan istirahat
Tidur yang teratur dan juga istirahat sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan kita karena ternyata dalam hal itu energi akan cepet pulih serta ternyata dengan tidur dan istirahat teratur membantu merrgenerasi sel-sel tubuh kita.

Baca juga : Agar lekas tidur pada malam hari

3. Cukup minum air putih
Air putih yang jernih membantu membersihkan racun-racun dalam tubuh juha mencegah dehidrasi saat melakukan aktifitas sehari-hari.
Minimal minum sehari agar badan sehat dan fit adalah 3-4 liter, tanda-tanda bahwa kita kurang cairan adalah ditandai dengan air kencing berwarna kuning, bau mulut, merasa haus maka segeralah minum air putih.

4. Makan yang teratur, bergizi dan sehat
Mengkonsumsi makanan bukan berarti kita harus konsumsi asal makan tanpa menimbang dan memikirkan bergizi apa tidak termasuk kandungan vitamin, mineral, kalsium, protein, zinc dan lain-lain dengan asupan makanan yang berguna untuk energi tubuh, regenerasi sel dan tulang sehingga kita tetap sehat bugar.
Makanan yang sederhanapun banyak yang memiliki gizi yang baik.

Selain itu usahakan teratur agar anda tidak terjangkit penyakit maag, sehingga anda dan lambung serta organ pencernaan termasuk tubuh anda sehat dan kuat dalam mengolah makanan menjadi nitrisi.

Baca juga : Langkah merawat mata tetap sehat

5. Jangan lupa sarapan

Sarapan pagi sebelum aktifitas akan menambah energi selain itu dapat menghindarkan diri dari masuk angin saat berkendara serta pakai jaket dan tidak terganggu kegiatan anda beda dengan yang tidak selalu sarapan.

6. Hindari kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk dapat mengganggu kesehatan tubuh anda seperti minum alkohol, merokok baik pasif maupun aktif sangat berbahaya mengakibatkan udara yang kotor sehingga kita tidak bisa menghirup udara bersih kecuali kita menghindari mereka, hindari begadang tiap hari juga perlu diingat bahwa makan cepat saji atau fast food / junk food tidak lah baik, oleh itu hindari hal itu.

7. Berusaha berpikir positif
Berpikir positif dapat menjadikan hati dan pikiran anda tenang dan ringan sehingga tubuh akan selalu sehat, selain itu ubah pola pikir kita bahwa disetiap kejadian akan ada hikmah atau kebaikan untuk didiri kita.

8. Tersenyumlah
Dengan senyum benan hidup anda akan terasa ringan dan menjadikan hidup anda tetap sehat.

9. Jangan marah
Kehidupan tidak selalu menyenangkan kadang ada saja sifat atau sikap orang terhadap kita yang membuat kita kesal, dongkol dan ingin marah kalo bisa hindari karena sifat marah ini bisa manaikan darah anda, hehe.
Kalo sekiranya bercanda yah jangan masukin ke hati, yah can dain juga kan seimbang.

10. Memanage stress
Stress atau tekanan bisa terjadi ke siapa saja tanpa terkecuali, stress dapat anda hilangkan dengan cara menyalurkan hobi dan jangan lupa dekati dan gantungkan apapun kepada Allah Pencipta kita yang mengatur hidup kita, Yang Maha Segala-galanya.

Baca Juga : Kelebihan Cuka apel untuk memelihara wajah sehat

Cara hidup sehat ala Rasulullah


Tuntunan kita Nabi Muhammad SAW adalah penutup para nabi yang selalu memberikan contoh dan suri tauladan kepada kita sebagai umatnya melalu sunah-sunah yang dicontokan kepada kita yang wajib kita tiru dlam kehidupan sehari-hari terutama mengenai cara hidup sehat ala Nabi.

Berikut cara hidup sehat menurut sunah nabi kita :
1. Selalu Shaum / Puasa
Shaum adalah mengosongkan perut dari mengkonsumsi makanan sampai menahan  amarah, hubungan suami istri bahkan berlaku bodohpun mesti hindari mulai dari adzan subuh sampai maghrib.
Bahwa puasa ini mempunyai manfaat bahwa kegiatan organ tubuh kita setiap tahun tidak beristirahat terus melakukan pencernaan, maka dengan pusa tubuh diistirahatkan pada siang hari dengan memaksimalkan makanan yang dikonsumsi pada waktu sahur, tidak hanya itu proses regenerasi sel juga ikut berlangsung.
Bukan hanya itu penyakit jasmani dapat disembuhkan seperti darah tinggi, kolesterol, mencegah kanker sampai kepada mencegah masalah pencernaan serta melatih diaiplin serta menghindarkan penyakit rohani seperti hasad, dengki, pemarah, dendam dapat terkikis, dsb. Dan itulah mengapa yang melakukan puasa selalu awet muda dan sehat.
Beliau rutin melaksanakan pusa sunnah selin puasa wajib bahkan pernah nabi shaum dikarenakan tidak ada makanan dirumah beliau, Dari Aisyah :"Suatu hari Nabi Shalallu'alaihi wasalam menemui kami dan bertanya : Apakah engkau punya makanan?" Kami menjawab : Tidak. Kemudian Beliau bersabda : 'Kalau begitu Saya akan puasa. "

Baca juga : Langkah diet tanpa obat kimia, sehat serta kurus dalam 17 hari

2. Makan dengan posisi duduk
Makan dengan duduk ternyata sangat sehat dibandingkan dengan berdiri, karena kebiasaan kadangkala terlupa.
Makan pada posisi duduk, pencernaan akan siap untuk menerima makan bertolak belakang dengan berdiri sehingga katup rongga pencernaan dipaksa untuk menerima makanan yang kita konsumsi sehingga menyebabkan pencernaan menjadi lemah.

3. Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang
Nabi makan tidak terlampau sedikit dan tidak juga banyak dalam sekali makan. Karena menurut medispun bahwa makan terlampau banyak akan membebani tubuh sehingga tidak tercerna dengan baik serta sumber dari segala penyakit adalah kelebihan makan.

4. Menggosok gigi (siwak)
Nabi mencontohkan agar selalu bersiwak yaitu membersihlan rongga dan gigi dengan siwak yang berasal dari akar pohon Arok yang berguna untuk memperkuat gigi, menghancurkan karang gigi dan kuman-kuman dalam mulut. Tidak pernah Nabi sakit gigi.

5. Menjaga kebersihan
Kebersihan merupakan hal yang utama, bahkan sebelum shalatpun kita diwajibkan berwudhu, setelah melakukan hubungan suami istri diwajibkan mandi junub, setelah kencingpun diharuskan membersihlan kemaluan kita betapi detailnya semua urusan kebersihan agar kita selalu sehat bebas dari bakteri.

6. Tidak pemarah
Rasulullah melarang umatnya untuk marah dan hendaknya menahan marah saat duduk maka harus mengubah ke posisi duduk, berdiri atau berbaring.
Dan bahkan marah ada kaitannya dengan penyakit darah tinggi serta jantung.

7. Silaturahmi (bersosialisasi)
Ada penelitian bahwasanya orang yang sosialisasinya baik akan terhindar dari penyakit kronis.

8. Berolah raga
Berolah raga adalah kegiatan umtuk melatih kekuatan fisik, ketangkasan, dsb. Nabipun mewasiatkan ajarilah anak kalian memanah, renang dan berkuda. Dan bahkan ada riwayat bahwa nabi pernah berlomba lari dengan Aisyah.

9. Istirahat Rasul
Nabi selalu beristirahat tidur awal yakni setelah isya dan bangun tengah malam atau sepertiga malam. Nabi tidak suka kalau tidur terlalu malam atau larut malam. Istirahat sekejap tapi berkualitas.

10. Berbekam
Sesuai hadits Nabi dari Ibnu Abbas R.A. : " Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara yaitu dengan meminum madu, denga berbekam (hijjamah) dan dengan panas besi. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas. (H. R. Bukhori).

Wllahu'alam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Hidup Sehat Mulai Dari Para Ahli Sampai Ala Rasulullah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel