6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dalam Keseharian Kita

Kesehatan merupakan hal yang penting bagi tubuh kita tak kercuali dengan mata, mata yang merupakan salah satu panca indera dalam tubuh yang merupakan alat vital. Dengan mata pula kita bisa melihat keindahan alam untuk melihat tanda-tanda kebesaran Tuhan Semesta Alam juga untuk melihat objek di sekitar anda.
6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dalam Keseharian Kita
Kesehatan mata sangat penting, erat kaitannya dengan penglihatan, pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati.

Menjaga kesehatan mata sangat penting agar mata sehat, berikut tips menjaga kesehatan mata dari omevan.com :


1. Mengkonsumsi makanan yang kaya gizi

Menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan bervitamin sangat penting untuk kelangsungan penglihatan mata yang baik.
Menjaga mata agar tetap sehat bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E, Zinc, lutein, selenium serta asam lemak omega-3 yang terdapat pada sayuran hijau, buah-buahan seperti kacang-kacangan, ikan salmon, telur, jeruk, tomat, dsb.

2. Hindari Merokok

Merokok sangat tidak baik untuk kesehatan begitupula terhadap mata, Merokok dapat menyebabkan katarak, degenerasi mata dan kerusakan syaraf optik. Juga menyebabkan rusaknya retina serta kebutaan mata.

3. Hindari terlalu lama menatap layar monitor dan Layar smartphone

Menatap layar elektronik terlalu lama sangat buruk untuk kesehatan mata sobat, mata menjadi lelah serta pandangan menjadi kaku. Layar elektronik yang sangat tajam jika tanpa mengistirahatkan mata tentukan akan buruk buat kesehatan mata kita apalagi jika terlalu keseringan menatap layar komputer atau Hp.
Apalagi paparan sinar biru komputer maupun smartphone maupun gadget sangat tidak baik untuk mata.
Sobat bisa mengistirahatkan mata setelah melihat layar elektronik selama 20 menit, dengan memandang jarak penglihatan ke objek dekat dan jauh untuk melatih kelenturan otot mata yang kaku, jika mata lelah simpan smartphone anda.

4. Pakai Kaca Mata Hitam

Memakai kaca mata hitam sangat dianjurkan dan memang bukan sekedar gaya-gayaan tetapi untuk melindungi mata dari paparan sinar ultra violet apalagi saat siang hari, sinar ultra violet sangat tidak baik untuk mata kita.
Disamping itu kaca mata berguna untuk memblok atau memantulkan UVA dan UVB. Mata yang sering terkena ultra violet dapat menyebabkan kanker mata, degenerasi mata, kornea terbakar.

5. Buang make up kadaluarsa

Makeup yang telah kadaluarsa sangat tidak baik jika mengenai organ mata, disamping itu banyak makeup yang mengandung bahan kimia yang tidak baik buat kesehatan mata serta jangan meminjamkan makeup kepada orang lain.
Mekeup yang mengenai mata dapat menyebabkan iritasi serta infeksi mata.

6. Rutin olah raga

Aktifitas olah raga sangat penting untuk kesehatan, terutama untuk melancarkan aliran darah ke organ mata. Diaamping itu terdapat penyakit seperti diabetis, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dapat mengganggu mata kita, maka rajin-rajinlah selalu olahraga.

Cara menjaga kesehatan mata bisa dengan menggunakan obat tetes mata jika terjadi iritasi mata atau mata merah-merah. Jika gangguan mata agak sulit dengan pengobatan ringan sobat bisa menghubungi dan periksa ke dokter mata setempat serta rajin-rajinlah memeriksa mata ke dokter agar mata sehat sampai tua.

Demikian manfaat menjaga kesehatan mata dari omevan.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dalam Keseharian Kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel