Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Jika Dilakukan Teratur

Olahraga sangat baik bagi tubuh begitupun olahraga lari terutama pagi hari. Olahraga lari pagi sangat begitu baik untuk tua dan kaula muda.
Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Jika Dilakukan Teratur
Manfaat olahraga lari untuk kesehatan selain itu murah tidak memakan banyak biaya selain itu bisa sambil menikmati udara pagi dan pemandangan pagi hari baik dilakukan sendiri atau dengan sahabat anda. 

Berikut manfaat lari pagi untuk kesehatan jika dilakukan secara teratur bagi pria maupun wanita :


1. Baik bagi pernapasan 

Olahraga pagi sangat baik untuk pernapasan karena saat anda lari paru-paru anda dilafih untuk mengatur napas sangat baik bagi peroko aktif yang napasnya terengah-engah. Memang akan sangat sulit bagi yang waktu pertama kali lari pagi tetapi sering dengan lari yang teratur akan dapat menyesuaikan ritme pernapasan waktu lari sehingga pernapasan anda menjadi lebih baik juga baik untuk penderita saluran pernapasan misal asma, bronchitis, dll. 

2. Menyehatkan jantung

Lari pagi sangat baik dan menyehatkan jantung terkait aliran darah menuju ke jantung dan ke luar jantung menuju organ lain sehingga pasokan nutrisi dan oksigen sampai ke jantung sehingga menguatkan otot dan pembuluh darah jantung dan juga detak jantung anda. Sehingga mencegah serangan jantung juga  kolesterol yang mengendap pada pembuluh darah termasuk juga mengurangi tekanan darah. 

3. Menyehatkan paru-paru

Dengan terlatihnya pernapasan otomatis paru-paru akaan menjadi sehat karena dilatih untuk mengembangkan dan mengempiskan paru paru dengan teratur dan menguatkan paru-paru anda sehingga pasokan oksigen sampai dan membuat sehat paru-paru. 

4. Membakar kalori

Lari pagi dapat membakar kalori dengan efektif yaitu dengan membakar lemak atau cadangan lemak berlebih ditubuh untuk kemudian dibakar sehingga menjadi energi sehingga lari mempunyai manfaat untuk menurunkan berat badan demikian pula cadangan energi bisa dimanfaatkan dengan bail dengan aktifitas lari. 

5. Mencegah hipertensi

Olahraga lari dapat mengatasi dan mencegah hipertensi tetapi disarankan jangan terlalu cape dan berat. Lari pagi sangat baik untuk tekanan darah dam juga pembuluh darah dan juga untuk menormalkan kembali prekuensi detak jantung sehingga jauh dari hipertensi.

6. Otot dan sendi sehat dan kuat

Selain itu lari di pagi hari sangat baik unthk otot dan sendi tubuh untuk melenturkan sendi yang kaku sehingga peredaran darahenjadi lancara sehingga menjauhkan anda dari nyeri sendi karena sering berolahraga pagi.

Baca juga : Manfaat olahraga bagi kesehatan baik jasmanaj maupun rohani

7. Menjadikan tulang sehat dan kuat

Olahraga lari dapat menjadikan tulang menjadi padat daripada yang tidak berolahraga dan membantu untuk menyerap kalsium, vitamin D serta merangsang tulang untuk penyerapan kalsium juga vitamin D saat anda beraktifitas lari pagi sehingga menjadikan tulang sehat dan kuat.

8. Kaki, Pinggul dan Punggung sehat dan kokoh

Olahraga lari di pagi hari sangat baik untuk tulang panggul, kaki juga punggung menjadi sehat dan kepadatan tulang tidak keropos karena kaki dilatih untuk gerak dan terjaga keleastisannya. Tulang kaki terkait betis dan paha akan kuat karena dilatih juga dapat membantu meregenerasi sel tulang karena penyerapan kalsium dan vitamin D. 

8. Menjauhkan dari rematik

Dengan giat olahraga ketika waktu pagi akan terhindar masalah pengapuran tulang, sendi kaku, peradangan karena tulang, sendi dan otot sentiasa digerakkan sehingga terhindar dari reumatik.

9. Badan sehat dan berisi

Manfaat lari pagi bagi orang kurus dapat menambah nafsu makan juga membantu tubuh mencerna makanan lebih baik juga membantu darah mengedarkan sari-sari makanan dengan sempurna ke seluruh tubuh.

10. Meningkatkan stamina dan energi

Dengan aktivita olah raga pada waktu pagi dapaf membantu stamina dan energi lebih baik lagi karena sari-sari makanan terkait gizi dan nutrisi diserap sempurna oleh tubuh sehingga dapat meningkatkan stamina juga energi anda.

11. Mengurangi kadar gula dalam tubuh

Olahraga saat pagi hari dapat mencegah diabetes yaitu untuk menambah sensitifitas sel terhadap insulin sehingga dapat menurunkan gula dalam darah.

12. Meningkatkan kualitas tidur dan istirahat

Olahraga pagi bermanfaat bagi orang yang mengalami maslah sulit tidur sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur dan istirahat karena tubuh menjadi rileks sehingga tidur dan istiraht malam menjadi efektif.

Baca juga : 13 Manfaat olahraga untuk kesehatan

13. Mencegah impotensi

Selain kebugaran tubuh juga olahraga pagi bermanfaat bagi pria dan wanita untuk menjaga kesehatan reproduksi sehingga darah menjadi lancar menuju organ intim sehingga dapat menghindarkan dari disfungsi ereksi.

14. Meningkatkan kekebalan tubuh

Lari pagi pagi akan meningkatkan tubuh untuk memproduk sel pertahanan tubuh sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun sehingga tubuh tidak rentan terhadap penyakit baik penyebab penyakit seperti virus maupun bakteri sehingga menjadikan anda bebas dari penyakit dari serang mikrooranisme dan menjadikan anda sentiasa tetap sehat.

15. Mencegah demensia

Olahraga lari pagi yang teratur akan meningkatkan sistem fungsi otak dan membantu memperkuat daya ingat di otak serta mencegah dan menghindarkan diri anda dari penyakit demensia atau kepikunan.

16. Menyehatkan organ pencernaan

Olahraga lari dapat menyehatkan organ pencernaan disamping menggerakkan dan melatih otot perut juga memijat dan merefleksi organ pencernaan semisal usus sehingga melancarkan buang air besar dan permasalahan pencernaan lainnya seperti sembelit.

17. Terhindar dari kanker usus

Kegiatan olahraga pagi menggerakkan otot perut juga membuat organ pencernaan menjadi lancar sehingga terhindar dari yang namannya kanker usus dimana otot dinding usus menjadi kuat.

Menyehatkan bukan melakukan olahraga satu ini anda, tips sebelum lari pagi anda harus makan pagi sebagai bekal energi seandainya melakukan lari pagi kiloan meter jauhnya, pakai sepatu khusus lari agar nyaman dan kaki tidak lecet, minum cukup air agar tidak dehidrasi, melakukan pemanasan sebelum lari pagi agar tidak cedera, jangan memaksakan jika sudah lelah lakukan dengan jalan kaki, lakukan aktivitas peregangan setelah selesai lari pagi.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Jika Dilakukan Teratur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel