Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Baik Itu Jasmani Dan Mental

Olahraga merupakan aktifitas menyenangkan untuk mengolah otot tubuh sehingga menjadikan tubuh sehat baik mental dan fisik.
Manfaat kesehatan bagi tubuh
Manfaat olahraga bagi tubuh akan dirasakan jika anda melakukaan olahraga dengan teratur, konsisten dan disiplin apapun olahraga yang anda lakukan.

Begitupun manfaat olahraga bagi kesehatan bukan hanya untuk membaguskan badan sperti otot dan badan menjadi bagus tetapi baik untuk kesehatan tubuh fisik (Jasmani) anda juga untuk kesehatan mental (rohani) anda oleh karena olahraga sangat baik untuk tub

Mana waktu yang baik untuk berolah raga :

1. Olahraga pagi
Olahraga pada pagi akan membuat proses metabolesme menjadi lebih baik untuk tubuh anda terutama untuk mengolah gula serta lemak tubuh terutama pada penderita diabetes tipe2 juga kelebihan berat badan.

2. Olahraga sore hari
Olahraga pada sore hari untuk menaikkan pembakaran energi menjadi lebih lama.

Olahraga pagi maupun sore hari mempunyai manfaat untuk tubuh anda. Tetapi lebih baik menghindari aktivitas olahraga pada malam hari karena malam hari sangat baik untuk istirahat apalagi jika terlalu sering.

Berikut manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh anda :


1. Memperindah bentuk tubuh dan kecantikan 

Dengan berolahraga secara rutin akan membuat tubuh anda indah dan berotot karena anda sering mengolah tubuh dengan baik. Tidak hanya olah raga juga akan mencegah penuaan dini sehingga membuat anda awet muda juga kecantikan anda berseri.

2. Memperlancar peredaran darah

Berolahraga mempunyai manfaat untuk melancarkan peredaran darah dan membantu melenturkan saluran darah yang menyempit akibat prilaku yang tidak sehat sehingga aliran darah juga oksigen menuju seluruh tubuh sehingga sistem peredaran darah menjadi sehat.

3. Menyehatkan bagi jantung

Manfaat olah raga bagi kesehatan jantung memperbaiki kinerja jantung serta melenturkan dan memperbaiki aliran darah dari dan ke jantung. Sehingga terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

3. Menyehatkan paru-paru

Dengan berolah raga akan menyehatkan paru-paru anda, karena dengan banyak berolah raga pernapasan akan menjadi baik terutama yang suka merokok.

4. Mengendalikan diabetes

Manfaat olahraga bagi penderita diabetes dapat mengendalikan kadar gula dalam tubuh sehingga mampu memprodulsi insulin yang megatur kadar gula darah  menjadi normal  kembali terutama kasus dianetis tipe 2.

5. Menurunkan resiko tekanan darah tinggi

Olah raga juga mempunyai manfaat untuk menurukan resiko tekanan darah tinggi, dengan berolahraga makan resiko tekanaan darah tinggi bisa dihindari.

6. Mencegah nyeri tulang dan sendi

Manfaat olahraga bagi tulang dan sendi akan terhindar dari nyeri punggung dan pinggang karena tulang akan kembali lentur sebab tidak kaku dan peredaran darah lancar dan terhindar dari tulang keropos juga nyeri sendi sehingga terhidar dari penyempitan pembuluh darah dan syaraf pada otot dan tulang.

7. Mencegah dari obesitas 

Dengan aktifitas fisik teratur mencegah anda dari obesitas karena pembakaran lemak menjadi bagus dan mengubah menjadi otot.

Baca juga : 13 Manfaat olahraga lari bagi kesehatan

8. Mencegah resiko osteoporosis

Keropos tulang atau osteoporosis akan dapat dihindari dengan berolahraga apalagi jika ditunjang dengan makanan bernutrisi dan bergizi untuk kesehatan tulang untuk mencegah osteoporosis.

9. Menghilangkan toksin 

Dengan melakukan aktifitas fisik semua toksin atau racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat juga urin sehabis berolahraga.

10. Meningkatkan kekeban tubuh atau imun

Jika anda sering sakit maka mulailah berolahraga karena dengan berolahraga mencegah sakit serta meningkatkan sistem imun juga kekebalan tubuh akan meningkat dari serangan virus, kuman dan penyakit sehingga efektif untuk menghindari kanker sebagai pencegahan penyakit kanker.

11. Menyeimbangkan dan menurunkan kolesterol

Bagi anda yang mempunyai kolesterol manfaat olahraga sangat baik untuk anda karena akan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh karena jika tidak daat menyebabkan tekanan darah tinggi, jantung dan bahkan bisa mengarah kepada komplikasi jika tidak menerapkan pola hidup dengan olahraga dan mengkonsumsi makanan yng sehat, bernutrisi dan sehat.

12. Baik untuk ginjal anda

Manfaat olahraga sangat baik untuk memperbaiki semua organ tubuh tak terkecuali ginjal anda sehingga kinerja ginjal anda akan menjadi lebih baik.

13. Pencernaan menjadi lebih baik

Dengan Olahraga secara teratur membuat organ pencernaan anda menjadi lebih baik untuk mencerna makanan secara lebih baik lagi sehingga nutrisi dan gizi bisa diserap sempurna oleh tubuh.

14. Olahraga bukan sekedar diet

Diet ketat atau diet extrim tidak baik untuk tubuh dan begitupun memaksakan tubuh untuk diet yang extrim. Maka sebagai alternatif anda bisa melakukan olahraga agar bentuk tubuh anda ideal dan sehat atau bisa diet secara minamal ditambah dengan olahraga ringan untuk membantu membakar lemak anda.

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat olahraga bagi kecerdasan mental :


- Menjadi percaya diri

Dengan bentuk tubuh yang bugar dan sehat dengan olahraga akan meningkatkan rasa percaya diri anda saat bertemu dengan siapapun. 

- Memperbaiki organ dan gairah seksual anda

Olahraga juga dapat memperbaiki organ intim anda termasuk gairah seksual anda akan meningkat karena olahraga bagi eanita juga untuk menangkal disfungsi ereksi bagi pria.

- Mengatur stress dan depresi

Dengan aktivitas fisik berolahraga akan dapat mengendalikan sress atau tekanan jiwa karena tekanan hidup begitu juga akan jauh dari depresi dan siap dengan tantangan hidup. 

- Meningkatkan rasa senang dan bahagia

Aktivitas olahraga akan meningkatkan hormon yang menciptakan rasa senang dan bahagia.

- Meningkatkan kecerdasan otak

Manfaat Olahraga bagi otak juga dapat mencerdaskan otak serta melatih otak untuk senantiasa melatih fisik juga otak, ada beberapa olahraga untuk merangsang kecerdasan juga melatih otak anda seperti olahraga kecerdasan otak.
Bukan hanya itu olahraga fisik juga akan melancarkan pembuluh darah membawa oksigen menuju ke dan dari otak menjadi lancar serta meregenarasi sel otak yang rusak.

Manfaat olahraga untuk kesehatan akan dirasakan jika anda melakukannya secara teratur seperti menggerakkan anggota tubuh lengan, kaki, pungghng, seperti senam, lari, yoga, beladiri, dsb. Sebelum berolahraga usahakan pemanasan dulu agar tidak terjadi cedera otot, dll. 

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Baik Itu Jasmani Dan Mental"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel