13 Manfaat Olahraga Lari Untuk Kesehatan

Olah raga merupakan aktivitas yang harus dilakukan setiap orang. Manfaat olahraga akan banyak dirasakan oleh kita. Olahraga banyak macamnya untuk kesehatan tubuh kita termasuk olah raga lari yang bisa dilakukan kapan saja dan bukan merupakan olahraga yang mahal.
13 Manfaat Olahraga Lari Untuk Kesehatan
Olahraga lari atau jogging selain membuat berkeringat badan juga membuat badan anda bugar setelah melakukan aktivitas lari serta sangat baik jika dilakukan secara teratur.

Olahraga lari bisa anda lakukan beberrapa kilometer dengan durasi 10 atau 15 menit dengan rutin misal 3 kali seminggu atau seminggu sekali. Jika anda pertama kali memulai olahraga lari atau jogging usahakan jangan di porsir tetapi step by step dengan latihan, jika anda mampu 1km biasakan dulu lalu tingkatkan dengan lari sejauh 2km lalu 3km lalu 5km nanti anda akan biasa lari dengan menempuh jarak jauh sekalipun.

Manfaat olahraga lari bagi tubuh baik dilakukan di pagi maupun sore akan membawa dampak bagi tubuh anda terutana kesehatan anda.

Berikut manfaat olahraga lari untuk kesehatan baik fisik dan jasmani anda :


1. Membuang toksin atau racun dalam tubuh

Olahraga lari sangat baik untuk kesehatan tubuh karena dapat membuat badan dan tubuh berkeringat sehingga dengan keluarnya keringat semua racun akan keluar beserta keringat melalui kulit sehingga menjadikan kulit dan wajah berseri juga fresh bebas dari penuaan dini.

2. Mengencangkan kulit, otot, sendi dan tulang

Lari dapat mengencangkan kulit sebab semua otot tubuh digerakkan sehingga otot kulit menjadi kencang serta awet muda dan berseri demikian pula otot kaki seperti betis dan paha dan dada anda akan menjadi kencang begitu pula untuk wanita dapat mengencangkan payudara. Demikian pula otot anda akan menjadi lentur karena akan membangun otot yang kuat dan lentur juga menghindarkan dari penyakit osteoporosis,sakit punggung dan pinggang, semua tulang termasuk punggung karena menjadi elastis dan peredaran darah lancar.

3. Menurunkan berat badan

Cocok untuk orang berbadan gemuk sehingga dengan lari semua otot bekerja serta membakar lemak dengan maksimal dalam tubuh serta sangat efektif jika lari dilaksanakan dengan disiplin dan teratur.

4. Meningkatkan guna fungsi organ tubuh

Manfaat olahraga lari juga akan membuat pembuluh darah dari dan ke jantung akan menjadi lancar begitu juga aliran darah ke seluruh tubuh sehingga terhindar dari sumbatan dan penyempitan pembuluh darah sehingga organ tubuh anda sehat dan bebas dari penuaan dini karena fungsi organ berjalan baik. Bukan hanya jantung seperti paru-paru, hati juga akan berfungsi menjadi baik.

5. Menyehatkan dan memperpanjang pernapasan

Olah raga ini dapat menyehatkan paru-paru dan memperpanjang napas apalagi jika sobat seorang peroko berat dan pendek napas karena dengan olahraga lari kita bisa mengolah napas dengan baik sehingga baik untuk menyehatkan dan memperpanjang napas.

6. Menurunkan stress dan depresi

Dengan olahraga tubuh akan memproduksi hormon endorpin yaitu hormon yang membuat anda bahagia atau senang sehingga terhindar dari depresi demikian pula dengan olahraga lari maka stress akan hilang karena ketegangan otot menjadi rileks kembali.

7. Bagus untuk penderita insomnia

Olahraga lari dapat memperbaiki kualitas tidur terutama bagi anda yang menderita insomnia asalkan melakukan lari secara rutin dan disiplin.

Baca juga : Beberapa olahraga mengecilkan perut buncit sangat efektif sekali

8. Meningkatkan kualitas otak

Dengan olahraga lari secar terus menerus setiap minggu dapat memperlancar darah di otak dan oksigrn sehingga dapat meningkatkan kualitas otak yang lebih baik lagi.

9. Membuat hidup anda aktif

Dengan lari akan membuat anda lebih sehat mental dan fisik maka hidup anda akan menjadi lebih produkfif lagi dan siap menghadapi tantangan hidup.

10. Meningkatkan kualitas hidup dan percaya diri

Dengan berolahraga secara konsisten akan membuat kualitas hidup lebih baik juga meningkatkan ras percaya diri dengan tubuh bugar juga bentuk tubuh atletis.

11. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat lari bagi kesehatan lainya adalah dapat meningkatkan nafsu makan apalagi jika olahraga dilakukan teratur cocok bagi mereka yang ingin tubuh berisi.

12. Memperbaiki organ sex

Dengan gemar berolahraga organ sex menjadi lentur kembali sehingga menambahkan gairah sex untuk wanita dan juga memperbaiki disfungsi ereksi pada lelaki.

13. Mencegah resiko kanker

Dengan berolahraga lari akan mencegah dari pengakit kanker karena peredaran menjadi lancar, begitupun dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh serta meningkatkan produksi sel darah putih untuk membrangus kuman serta virus penyebab kanker.

Masih banhak manfaat olahraga lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Belum ada Komentar untuk "13 Manfaat Olahraga Lari Untuk Kesehatan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel