Penyebab Bercak Putih Pada Kulit Yang Harus Kamu Tahu

Keberadaan bercak putih pada kulit serta bagian tubuh lain pasti mengganggu penampilan anda dihadapan orang sehingga seringkali mengganggu percaya diri anda.

Bercak putih pada kulit dapat terjadi dimana saja pada tangan, wajah, punggung, badan, kaki dan anggota tubuh lainnya dan bukan panu.
Penyebab Bercak Putih Pada Kulit Yang Harus Kamu Tahu
Faktor penyebab penyakit kulit seperti bercak putih pada kulit bida disebabkan alergi, autonim atau kanker kulit. Hal ini dapat bersifat sementara waktu atau bahkan permanen. Adanya bercak putih pada kulit atau bintik putih pada kulit atau permukaan kulit.

Penyebab bercak putih pada kulit sebagai berikut :


- Panu atau Tiniea versicolor

Penyakit kulit panu atau bahasa latinnya Tiniea versicolor bisa menyebabkan bintik atau bercak pada kulit anda. Pada mulanya bintik atau bercak berupa warna coklat, merah dan lambat laun menjadi bercak atau bintik pada kulit.

Walaupun panu merupakan penyakit tidak menular namun tentu mengganggu penampilan anda, penyakit kulit ini disebabkan oleh jamur yaitu malassezia furfur. Hal ini bisa disembuhkan dengan salep penghilang atau membunuh jamur dan sangat effektif untuk mengilangkan bercak putih dari panu tersebut.

Anda dapat mencoba obat alternatif seperti Tinaltin, letrimin atau sampo selsun blue.

- Vitiligo (Penyakit kulit turunan)

Kelainan vitiligo adalah merupakan penyakit kulit atau timbulnya penyakit kulit disebabkan faktor keturunan. Hal ini karena kondisi kulit kehilangan pigmen sehingga menyebabkan menjadi bercak putih pada kulit.

Vitiligo awalnya dapat berupa bercak putih pada kulit di anggota tubuh tertentu seperti pada tangan kemudian menyebar keseluruh tubuh anda serta mengganggu penampilan anda dan rasa percaya diri anda.

Penanganan dan perawatan penyakit kulit turunan vitiligo bisa dengan menggunakan tabir surya, krim atau salep penyembunyi bercak putih atau segera konsultasi ke dokter kulit terdekat.

- Hipopegmintasi

Merupakan istilah medis untuk penyakit kulit yang menyebabkan bercak putih lebih mencolok dibandingkan warna kulit disekitaran anggota tubuh.

- Nevus Halo

Tanda nevus halo seperti kelainan bercak coklat atau pink pad kulit dikelilingi oleh bercak kulit dan umumnya terjadi pada kelainan kulit vitiligo. Mungkin anda harus memeriksakn keadaan kulit seperti ini ke dokter kulit untuk menangani dan mengobati kulit.

- Eksim

Meeupakan jenis penyakit kulit yang menyebabkan ruam di kulit dan rasa gatal di area tersebut. Dapat terjadi pada anak-anak hingga dewasa, timbulnya ruam berwarna coklat di area bercak putih.

Kebanyakan penyebab eksim adalah merupakan alergi, bisa disebabkan oleh alergi pada makanan tertentu, cuaca yang mengakibatkan rasa gatal dan pemicu alergi.

- Liken sclerosis

Penyakit liken sclerosis merupakan penyakit penyebab bercak putih sehingga kulit menjadi tipis di area tersebut.
Hal ini terjadi awalnya pada alat kelamin atau disekitaran anus dan menyebar ke area kulit lainnya.

- Pityreasis Alba

Pityreasis alba yaitu penyakit yang menimbulkan bercak putih pada kulit seperti oval, umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja seperti eksim.

Bercak putih dapat terjadi pada bagian tubuh seperti wajah, badan, lengan bagian atas atau kaki serta kulit anggota tubuh lainnya.

- Kerusakan kulit

Keeusakan kulit yang ditimbulkan akibat seperti penggunan sinar laser, luka bakar atau kejadian tertentu serta akibat medis lainnya dan bisa biasanya hal ini permanen pada tubuh.

- Morphea

Kelainan kulit pada kulit tubuh yang bisa menyebabkan kulit menjadi tebal dan keras atau mengeras umumnya terjadi pada ruas atau tungkai.

Warna bercak dapat terjadi beragam mulanya berwarna coklat atau ungu terus menjadi tebal lalu menguning kemudian ditengahnya ada bercak putih.

- Sering Berjemur

Berjemur memang mengasikkan tetapi sebagian orang kebanyakan berjemur menyebabkan bercak putih pada kulit yang diakibatkan berjemur dibawah sinar matahari langsung maupun tidak langsung. Biasanya terjadi pada wanita yang meminum pil kb atau obat hormonal tertentu sehingga berefek pada penyerapan ultra violet di tubuh.

Baca juga : Penyebab cacar monyet dan cara mencegahnya

Cara mencegah atau mengatasi bercak putih pada kulit :


1. Menggunakan Jahe

Jahe mempunyai kegunaan untuk mengatasi tersumbatnya aliran darah juga untuk mengatasi penyakit kulit vitiligo, dengan cara mengoleskan kupasan jahe ke area bercak putih pada kulit. Atau dengan cara menjus diambil sarinya dengan air dan dengan menmbahkan daun mint.

2. Tanah liat merah

Tanah liat merah mempunyai kandungan tembaga tinggi kemudian dicampurkan dengan jus jahe dan oleskan pada bercak putih pada kulit alergi anda. Dan lakukan setiap hari.

3. Alat perkakas dari tembaga murni

Tembaga mempunyai manfaat untuk membantu pertumbuhan melanin pada kulit caranya dengan menuangkan air pada alat perkakas tersebut semisal cangkir atau teko dari tembaga semalaman lalu minum pada esok harinya sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong untuk menghilangkan bercak putih pada kulit.

4. Ginkgo Biloba

Dalam ginkgo biloba mengandung anti oksidan tinggi sehingga dapat menaikkan sistem kekebalan tubuh serta dapat membantu menumbuhkan pigmen baru pada kulit. Anda bisa menggunakan ramuan ginko biloba sebanyak 40mg hingga 80mg sebanyak 3x sehari untuk mengobati bercak putih pada kulit.

5. Memakan makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi terutama yang mengandung vitamin e yang bagus untuk kulit dan peremajaan kulit seperti pada buah-buahan untuk menghindari bercak kulit.

6. Menjaga kesehatan kulit tubuh

Menjaga kesehatan kulit dengan menghindari cahaya matahari langsung baik waktu berjemur dipantai maupun tidak setidaknya dengan mengoleskan krim tabir tata surya untuk memblok sinar uv yang tidak baik untuk kulit agar terhindar dari bercak pada kulit anda. Mandi sesudah melakukan aktivitas membantu untuk membersihkan kulit dari jamur, dsb.

5. Babchi

Dalam kandungan babchi terdapat bahan yang secara aktif untuk mengurangi hipopegmintasi pada kulit. Bisa dengan cara ditumbuk dengan halus ditambah air lalu dioleskan ke kulit. Atau bisa dengan merendamkan babchi didalam jus jahe selama beberapa hari lalu dikeringkan dengan menjemurnya lalu tumbuk dengan halus. Lakukan dengan mencampur setiap satu gram dengan susu dan minum setiap hari hingga 40 hari berturut-turut.

Konsultasikan penyakit bercak putih pada kulit ke dokter kulit termasuk tips mengatasi bercak putih pada kulit dengan dokter specialist kulit. Semoga membantu.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Bercak Putih Pada Kulit Yang Harus Kamu Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel