Cacar Monyet : Begini Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan

Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan infeksi oleh virus cacar monyet yang bisa timbul pada hewan tertentu termasuk manusia serta bisa menular dari infeksi virus tersebut dari hewan ke manusia, biasanya yang terjadi di benua Afrika tepatnya Afrika tengah dan barat.
Cacar Monyet : Begini Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan
Public Health Image Library/WHO
Masa inkubasi atau mulai infeksi sampai terjangkit biasanya antara 6-15 hari bahkan sampai 21 hari.

Gejala cacar monyet di mulai dengan nyeri otot dan persendian, demam, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening dan disertai rasa lelah dan ruam melepuh pada kulit.

Penyakit acar monyet seperti penyakit cacar berupa yang mulanya mulai ruam dan menyebatmr ke seluruh tubuh, bulatan kecil tersebut berisi cairan dan semakin lama mengeras. Ruam pada kulit menghilang sampai kurang lebih 3 minggu.

Penyakit cacar monyet kondisinya hampir serupa dengan cacar air dan Variolla.

Pencegahan infeksi cacar monyet 


1. Hindari kontak dengan binatang yang terserang virus cacar monyet termasuk binatang yang sakit atau binatang yang diketahi mati disekitar terjangkitnya infeksi virus

2. Hindari kontak langsung dengan material yang telah terkontak binatang yang sakit tadi.

3. Isolasi pasien yang terjangkit virus tersebut agar tidak menular kepada yang lainnya

4. Pastikan tangan yang bersih dan higenis setela terkontak dengan binatang ataupun manusia yang terinfeksi misal demgan membasuh kedua tangan dengan sabun dan air atau menggunakan alkohol untuk pembersih tangan.

5. Gunakan Personal Protective equipment ketika membawa pasen atau melayat pasen seperti baju anti bakteri dan virus, helm, masker, dls.

Sampai sekarang tidak ada yang terbukti pengobatan yang aman dan efektif dari infeksi virus cacar monyet, untuk mengantivisi dengan vaksin cacar atau vaksin kekebalan tubuh.

Belum ada Komentar untuk "Cacar Monyet : Begini Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel