Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Macam-Macam Penyakit Kulit Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Penyakit Kulit merupakan sekian dari jenis penyakit yang tentunya mungkin pernah mengidap kulit setiap orang dari salah satu jenis baik yang ringan maupun yang berat. Tentunya anda ingin mengetahui macam penyakit kulit dan cara mengatasinya di tubuh kita dan gejala serta obat alami rumahan sebagai antisipasi bagi anda.
Jenis Penyakit Kulit Dan Obat Alami Untuk Mengatasinya
Jenis penyakit kulit tentunya banyak sekali dari yang ringan sampai yang berat, penyakit kulit biasanya datang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang menjadi sebab menghinggapi kulit manusia seperti suhu dan cuaca lingkungan, lingkungan, kebersihan diri dan disekitar anda.

Kulit merupakan organ manusia yang sangat sensitif dan tentunya kulit juga bisa memproteksi terhadap kuman, bakteri bahkan virus yang bisa menyerang kulit serta menyebabkan penyakit kulit.

Macam-macam penyakit kulit dan cara mengatasinya sebagai berikut :


Berikut macam-macam penyakit kulit dan gejala yang ditimbulkan

1. Rubella (Campak)

Campak merupakan jenis penyakit yang bisa menular yang disebabkan virus sering diderita oleh anak-anak kecil. Gejala pertama ditamdai demam, flu, sakit kepala kemudian timbul ruam timbul bercak berwarna semu merah kecoklatan dimulai di sekitar leher,

2. Melanoma

Penyakit melanoma merupakan penyakit berbahaya merupakan penyakit kanker kulit bisa menimbulan kemagian jika tidak diobati.

3. EKsim (Dematitis Atopik) 

Penyakit eksim ini merupakan penyakit kulit yang dapat menyebabkan gatal serta diikuti dengan kulit kemerehan, pecah-pecah serta bersisik dan terdapat nanah didalam gelembung-gelembung atau air.

Penyakit kulit eksim umumnya bisa terjadi di bagian tangan, telinga atau bahkan tangan dan paha anda. Exim terjadi diakibatkan oleh alergi akibat alergi makanan seperti ikan laut, udang, telur atau sesuatu hal seperti iklim, bahkan tinggi naik emosi.

4. Dematitis Kontak

Penyakit kulit yang mengakibatkan ruam dan memerah disebabkan karena kontak atau berhandapan dengan zat pemicu misal alergi terhadap zat kimia, sabun, dsb. Cara mengatasinya adalah dengan tidak berhadaoan dengan zat pemicu alergi tersebut dan cenderung tidaak menular.

Cara mengobatinya bisa dengan mengompres di area yang gatal, atau mengolesi dengan salep anti gatal.

5. Kudis (Skabies)

Kudis bisa terjadi atau sering terjadi pada lingkungan yang kurang baik seperti lingkungan tau tempat tinggal yang kumuh. Bisa jadi juga seseorang yang tidak menjaga kerbersihan ditubuhnya.

Gejala kudis berawal di bagian tubuh tertentu semisal tangan, kaki, sela jari, pinggang bahkan di sekitar alat kelamin. Serta menimbulkan rasa gatal dimalam harinya. Untuk mencegah penyakit kulit ini dengan menjaga kebersihan tubuh dengan tidak memakai pakaian orang lainm

6. Psoriasis

Ciri penyakit kulit priosis diantaranya terasa ruam serta memerah, kulit menjadi terkelupas dan menebal, bersisik dan berasa kering juga ditandsi dengan bersisik tipis yang menempel berlapis jika digaruk maka sisik tersebut bisa rontok atau mengelupas.

Disebabkan karena sel kulit tumbuh dengan cepat sehingga menyebabkan menebal, kemerahan dan seperti sisik.

7. Kurap

Kurap adalah salah satu macam kulit yang seringkali timbul gejalanya disebabkan jamur serta mengakibatkan bercak putih didalam lingkaran dan ikuti rasa gatal. Biasanya akan timbul di bagian leher, tengkuk juga kulit keala.

8. Jerawat

Penyakit kulit lainnya adalah jerawat, jerawat yang kita kenal mungkin diwajah saja tetapi nyatanya jerawat bisa timbul pada bagian tubuh manusia lainnya. Hal ini bisa dikaibatkan oleh hormon, kebersihan yang kurang baik juga sttress. Jerawat juga bisa timbul akibat kelenjar minyak tatkala kelenjar kulit tersumbat dan kelenjar minyak tidak keluar sehingga menyebabkan jerawat itu sendiri.

9. Impetigo

Penyakit impetigo diakibatkan bakteri yang menyebabkan infeksi di kulit. Penyakit kulit ini menyerang dibawah anak-anak balita. Gejalanya kulit menjadi gatal, kulut memerah serta berisi cairan dan melepuh.

10. Cacar Air

Penyakit cacar air disebabkan virus varicella zoester, penyakit ini datang hanya sekali dalam seumur hidup dan umunya diderita oleh anak-anak. Gejalanha berupa ruam disertai gatal pada tubuh. Kemudian muncul bintik-bintik kecil yang berisi cair dan bisa menular kepada siapa saja dengan bersentuhan, ludah atau lendir orang yang mengidap penyakit cacar air, cacar air bisa menyebabkan bekas dikulit.

11. Scabies

Penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau scabies pada hewan loncat dan masuk kedalam kulit dan bertelur sehingga menyebabkan rasa gatal sebagai reaksi alergi kulit tubuh. Bisasanya terjadi pada anak-anak.

Cara mencegahnya dengan menghindari kontak dengan hewan.

12. Vitilligo

Penyakit kelainan kulit yang mengakibatkan warna kulit memudar biasanya seperti timbul bercak putih. Tidak hanya kulit penyakit kulit ini bisa menyebar keseluruh tubuh seperti rambut, mata, mulut.

Banyak faktor yang mengakibatkan penyakit ini diantara faktor keturunan, autoimun dimana sistem imun menyerang sel tubuh dan menghancurkan warna kulit atau pigmen kulit, atau bisa terjadi akibat terbakar matahari (sunburn), stress yang menjadikan vitilligo.

13. Herpes

Penyakit herpes ditandai dengan gejala ruam serta berkuran kecil, perih dan sedikit panas dikulit serta sensitif di area tersebut. Bisa terdapat ditengkuk, lipatan paha dan area tubuh lainnya.

14. Skelerodorma

Dimana kulit menebal dan keras dan kemungkinan saja bisa menyerang organ dan pembuluh darah.

15. Fempigus

Kondisi dimana kulit melepuh dantaranya ada yang menimbulkan gatal dan bisa pecah yang disebut femfigus vulgaris dan juga ada yang bersisik dan menjadi kerak dan melepuh kecil dan ditandai rasa gatal yang disebut fempigus foliaceus.

16. Discoid lupus erythematosus

Penyakit lupus menyerang kulit dengan terasa ruam jika terkena matahari dan menimbulkan ruam pada bagian tubuh di kaki, tangan, leher dan kepala.

Cara mengobati dan mengatasi Penyakit kulit

Obat tradisional

Bagi jenis-jenis penyakit kulit ringan dan tidak berbahaya bisa diobati untuk meringankan dengan resep tradisioanal diantaranya

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat bermanfaat untuk membasmi jamur dan menjauhkan dari infeksi yang disebabkan jamur. Dengan cara mengoleskan ke bagian tubuh yang terkena penyakit kulit ringan.

2. Bawang putih

Jika gejala penyakit kulit ringan sobat bisa menggunakan bawang putih, dimana didalam bawang putih terdapat antibiotik juga anti bakteri.

Cara menggunakan bisa dengan cara dimakan atau dengan mengoleskan bawang putih pada penyakit kulit akibat jamur.

3. Cuka apel

Cuka apel terdapat kandungan anti mikroba yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi karena diakibatkan oleh jamur dan mencegah infeksi menyebar ke seluruh tubuh.

4. Menggunakan plain yogurt

Sahabat bisa menggunakan plain yougurt untuk memproteksi perkembangan jamur ditubuh dengan mengusapkan olain yogurt di area kulit yang terkena penyakit yang diakibatkan jamur.

Untuk obati penyakit kulit yang lain yang sulit disembuhkan, silahkan kunjungi dokter terdekat agar diperiksa lebih lanjut dan dokter kulit akan memberikan anda obat semisal obat alergi, antivirus, antihistamin, anti jamur atau antibiotik dan obat untuk menyembuhkan macam-macam penyakit kulit yang akan diberikan dokter.

Demikian macam-macam penyakit kulit dan cara mengatasinya serta obat alami rumahan dari omevan diambil dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar untuk "Macam-Macam Penyakit Kulit Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah"