Begini Perbedaan Seo Dan SEM Untuk Pemula

Search optimization merupakan sebuah strategi yang pokok agar sebuah brand atau konten bisa muncul di halaman google, mendapat trafik dan meningkatkan bisnis.

Pada kenyataannya kita harus tahu perbedaan SEO dan SEM dan keduanya mungkin anda gunakan sebagai taktik jitu karena pada dasarnya strategy optimisasi pencarian sangat sulit apalagi pemula agar bisa bersaing dengan bisnis brand lainnya.
Begini Perbedaan Seo Dan SEM Untuk Pemula
Sebelum mengarah kepada pembahasan sem dan seo yang termasuk kedalam tekhnik strategi marketing, kita harus tau apa itu search marketing.

Search marketing adalah merupakan usaha untuk meningkatkan traffik dan mengembangkan bisnis agar website atau blog.

Ada dua yang masuk ke dalam search marketing yaitu sem dan seo. Oleh karena itu kita harus tahu perbedaan SEO VS SEM.
Sem merupakan strategi marketing berbayar agar tampil di search engine sedangkan SEO adalah strategi organik di search engine tanpa membayar untuk melakukan itu.

Apa itu Seo ?
Seo atau search engine optimization adalah serangkaian strategi agar supaya produk baik artikel, konten ataupun bisnis agar supaya bisa muncul di search engine dan agar bisa bertahan disana dalam waktu lama.

Seo sendiri terbagi atas 3 yang sering dikenal white hat seo yaitu

1. Seo on page adalah tekhnik dan strategi untuk mengoptimasi masing-masing webpage atau konten halamn pada sebuah website agar bisa mendrive traffic dan muncul di beranda mesin pencarian. Contohnya riset keyword, penggunaan subheading pada content, menambahkn alt image, internal link, dsb.

2. Seo off page yaitu serangkaian strategi untuk website baik webpage mapun brand itu sendiri dengan memperkuat akar-akar dan pondasi di search engine agar mampu bersaing dengan brand lainnya. Seperti misalnya link building, high quality backlink di website otoritas tinggi baik di web direktory maupun profile web, promosi di media sosial dan forum website lainnya. Maka ketika beberapa brand website terhubung dengan website kita maka search engine akan memberikan kepercayan serta reputasi yang baik untuk website atau situs bisnis kita.

3. Tekhnik dan strategi seo yang lainnya seperti struktur html template, kecepatan template, mobile friendly, struktur data, strucktur situs, dsb.

Seo yang kuat dan bagus tidak mengimplementasikan salah satu tekhnik dan strategi jenis seo diatas tetapi menerapkan ke semuanya sehingga hasilnyaa akan maksimal.

Apa itu SEM?

Sem atau search engine marketing adalah merupakan teknik bagian dari marketing berbayar sebagai taktik agar website bisnis, web page atau sebuah landing page anda muncul dihalaman SERPs. Yaitu dengan membayar dengan pengoptimalan segala macam pengaturan sehingga kita bisa memasang iklan dan muncul di search result.

Persamaan seo dan sem ?

Persamaan seo dan sem sendiri adalah sama-sama sebagi taktik dan strategi agar bisa muncul di halaman pencarian, berikut persamaanya :

- kedua strategi yaitu seo sem sama-sama membantu agar muncul di result page (Halaman pencarian)
- Keduanya sama-sama untuk meningkatkan atau mendrive trafik ke blog atau website.
- Keduanya menggunakan riset keyword untuk mengcover popular search terms.
- Seo dan sem mengetahui audience ( pencari)
- keduanya memilik target yang spesifik keyword bagi yang menggunakannya.

- Keduanya memerlukan pengetesan juga keberlangsungan pengoptimisannya sehingga perlu di test, dimoniror supaya performa hasil maksimal di result page.

Bac juga : Manfaat seo untuk usaha bisnis

Perbedan seo dan sem untuk pemula yang mendasar :


1. Penempatan sem pada pencarin ada penambahan ads sedangkan seo tidak lihat di search engine result page jika ada penambahan ads design dibawah title berarti itu menggunakan sem.

2. SEM di SERP ada tambahan ads sedangkan seo menggunakn snippet, lihat hasil pencarian and di google.

3. SEM akan di bayar jika ada user yang mengklik sedangkan seo tidak dibayar. Sem akan dibayar jika visitor mengklik di pencarian sedangkan seo hanya dibayar jika visitor berkunjung di website dan mengklik iklan (paid per click).

4. Dampak dari SEM sendiri tidak membutuhkan waktu singkat sedangkan seo membutuhkan waktu lama. Jadi jika anda menggunakan sem hanya tinggal mengaktifkan dan menonaktifkan paid ads dan bisa dilihat langsung dipencariamn sedangkan seo membutuhkan waktu yang sangat lama di hasil pencarian apa lagi jika membangun brand pemula.

5. Beda seo dan sem selanjutnya, pengetesan SEM lebih baik dari pada seo jadi jika anda menggunakan sem makan paid ada bisa di aktifkan dan dinon aktifkan sehingga bermanfaat untuk pengetesan di search result sehingga bisa merubah strategi mana yang bisa diterapkan dengan mengubah landing page misalkan untuk mengubah strategi anda. Sedangkan seo membutuhkan waktu untuk memonitornya.

6. SEO menghasilkan nilai sepanjang waktu dalam artian hasil dari conten yang kita buat akn bertahan terus meskipun tahunan selama kita mengoptimilassi seo website sedangkan sem hanya seketika itu saja.

7. SEO mempunyai Click trough rate tinggi jika di pencarian paling teratas sedangkan sem tidak. Jika performa sem ads anda di pencarian paling atas berarti tidak baik jika sem muncul di kedua pada halaman maka CTR tinggi dan memperoleh lebih banyak klik di sem.

Baca juga : Perbedaan seo off page dan on page

Mana yang paling baik apakah SEM atau SEO ?


Banyak faktor yang mempengaruhi dan tidak serta merta kita bisa menilai mana yang lebih baik diantara seo dan sem karena pada kenyataannya tergantung dari industri brand dan anda sebagai pemilik indistri website bisnis yang anda buat.

Jika brand sebuah industri website bisnis anda baru dan tidak mengetahui kompetisi serta bagaimana untuk konten atau produk itu sampai ke kostumer atau pelanggan anda maka mungkin membutuhkan sem (search engine marketing) tetapi jika website bisnis telah lama, sudah bisa bersaing dengan kompetitor dan bisa menargetkan ke pengunjung, kustomer atau pelanggan untuk pencarian long term maka sobat bisa memilih SEO.

Seo dan sem mungkin anda coba untuk mix search engine marketing supaya lebih manjur di perambaan agar website marketing anda sukses dengan seo dan sem.

Belum ada Komentar untuk "Begini Perbedaan Seo Dan SEM Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel