Cara menulis artikel seo friendly berkualitas yang baik dan benar untuk SERP

Artikel adalah hasil karya tulis secara ilmiah atau dengan pengetahuan kita bisa juga berdasarkan referensi dari sumber bacaan lain.

Jadi Apa yang dimaksud artikel seo friendly? Artikel seo friendly merupakan hasil karya tulis baik ilmiah atau tulisan kita sendiri di blog berupa postingan dengan tata cara seo (search engines optimizations) sehingga mudah di cari orang di halaman google terutama dalam meraih peringkat SERP. Menulis artikel memang agak mudah tetapi artikel seo friendly sangat sukar sayapun masih belajar menulis.
Cara menulis artikel seo friendly berkualitas yang baik dan benar untuk SERP
Sandainya kita menulis artikel asal-asalan tanpa optimasi SEO akan mendorong artikel kita jauh di belakang tertimpa dengan artikel blog lain yang lebih seo friendly.

Baca Juga : Langkah meningkatkan seo pada blog

Gimana cara menulis artikel seo friendly berkualitas yang baik dan benar :


1. Artikel harus user experience
Sebagai penulis artikel blog, artikel yang kita buat harus mengutamakan user experience baik dimengerti mesin pencari maupun oleh pengunjung blog yang mencari di search engine.
User experience adalah yang berhubungan dengan pengalaman pengguna pada saat mengunjungi blog kita erat kaitannya dengan pada saat mengklik, saat scroll halaman blog kita, dll. Semakin betah user dihalaman blog kita semakin bagus artinya tidak ada yang menutup halaman blog kita saat dibuka.

User experince di pengaruhi oleh beberapa faktor yang mesti kita optimalkan :
- Loading template blog
- Navigasi yang mudah
- Design template responsive
- Ukuran font pada blog
- Kurangi jumlah iklan
- Kesalahan ejaan yang banyak disebabkan salah ketik, dll.

2. Menggunakan Keyword pada url page
Menggunakan keyword pada url sangat baik terutama agar url blog menjadi simpel dan tidak terlalu panjang sehingga dimengerti oleh bot disamping itu untuk search engine optimization untuk meningkatkan click rate atau ctr (click though rates). Apalagi saat kit fetch as google yang menggunakan url yang terdiri dari keyword. Ubah automatic link ke permalink agar page url di blogger maupun wordpress dan cms lainnya pendek tidak terlalu panjang.

Baca juga : Menaikkan domain dan page score page blog

2. Menggunakan keyword pada judul
Menggunakan keyword pada judul sangat penting dan sangat perlu, google bot atau pada saat di crawl mulanya adalah pada judul blog lalu ke konten dan akan menempatkan postingan kita secara relevan berdasarkan judul lalu konten yang mengandung kata kunci.

3. Gunakan judul yang mengundang Click dan bikin penasaran visitor
Disamping kita taruh keyword gunakan kalimat atau kata sehingga orang penasaran untuk membuka halaman web kita terutama saat kita sharing di medsos atau forum tetapi jangan sekali-kali click bait karena google tidak suka hal itu, judul yang relevan juga akan meningkatkan click rate dan CTR blog.

4. Buat artikel yang mendalam (depth content)
Semakin kita buat artikel yang panjang apalagi mendalam semakin bagus agar banyak yang diserap oleh SERP dan meningkatkan koleksi kata kunci di blog kita dan menaikkan reputasi blog kita di search engine, jangan lupa riset keyword atau research keyword untuk pencarian rendah dan pencarian tinggi.

5. Buat dan gunakan internal linking
Internal linking sangat diperlukan apalagi internal link yang relevan antara artikel yang satu dan yang lainnya. Bukan hanya itu siapa tahu visitor ada yang membuka internal linking kita yang bermanfaat bagi pengunjung blog.
Internal linking yang bagus buat blog tidak dengan menggunakan java script, yang bagus menurut google adalah internal linking dengan html tag atau manual internal link sebab a href tag google bot akan follow semua link-link yang dibuat seperti <a href='https://www.omevan.com/cara-menulis-artikel-seo-friendly' title='cara menulis artikel seo frindley berkualitas baik dan benar.html'>langkah membuat artikel seo friendly</a>.

Baca juga : Cara memperoleh high quality backlink 

6. External linking ke high authority site yang baik dan relevan
Membuat external linking dblog ke luar apalagi situs yang berperingkat bagus dan punya reputasi yang baik sangat dianjurkan oleh google. External link membantu visitor sebagai referensi atau penunjang dan memperkuat artikel bahwa yang ditulis itu benar dan ada rujukan yang bagus berdasarkan sumber dari situs yang punya otoritas baik, lakukan secara nofollow kalau secara follow atau dofollow berarti kita memberikan backlink ke situs tersebut, sama baik-baik jika authority website tersebuat memberikan juga backlink pada kita bisa dengan follow atau do follow.

7. Hindari keyword density yang berlebihan
Keyword density yang berlebihan sangat tidak dianjurkan oleh google, terlalu banyak keyword yang diulang-ulang dalam artikel bisa menyebabkan keyword stuffing. Berlebihan akan menyebabkan artikel kita terlempar jauh ke belakang.

8. Masukan Latent Semantic Indexing (LSI)
LSI bisa dikatakan sinonim kata yang ada hubungannya atau berkaitan dengan keyword utama. Jika kita menulis cara mendapat uang dari google sobat bisa menambah keyword yang berhubungan dengan hal itu seperti mendapat uang dari adsense, google maps, dsb.

Untuk mendapatkan LSI kita bisa menggunakan Google suggestion dan google related search.

Baca juga : Cara menempatkan breadcrumbs pada blogger

9. Kurangi penggunaan bold, italic dan underline
Banyak yang menggunakan bold, italic dan underline pada keyword, penggunaan tersebut akan membuat visitor tidak nyaman tetapi gunakanlah pada kalimat yang mempunyai point-point atau pokok utama artikel.

10. Gunakan element h1, h2 dan h3
Penggunaan h1, h2, h3 perlu supaya pengunjung blog tahu garis besar yang akan kita uraikan di artikel terutama google bot yang setiap hari artikel blog di crawl setiap ada update artikel.

11. Tambah alt atribut di image
Menambah alt atribut di image sangat penting untuk penunjang artikel di mata search engines.

12. Gunakan media lain seperti video, map, chart, infografis, dsb.
Menisipkqn video, map, chart dan infografis berkenaaan dengan artikel apalagi jika sobat punya chanel youtube dan video youtube sobat relevan ke artikel bisq menmbah impression video.

13. Menyisipkan meta description
Meta deskription sangat bagus untuk menaikan CTR, masukan kata kunci yang relevan.

14. Menulis artikel unik dari yang lain
Cara menulis artikel yang baik artikel harus unik artinya beda dari yang lain, hindari artikel copy paste dari blog atau website lain karena membuat blog menjadi percuma dan tidak akan ada hasilnya apalagi jika anda bertujuan untuk menghasilkan uang dengan blog. Usahakan dengan kata atau kalimat anda sendiri.

16. Jangan lupa riset keywords
Cara membuat artikel seo berkualitas harus dengan riset keywords atau research keywords terlebih dahulu apalagi jika ingin berpenghasilan dari blog dan juga agar artikel seo friendly dan berkualitas dan taruh seperti pada uraian diatas.

17. Tambahkan penelusuran terkait
Jangan lupakan tambahan kata dipenelusuran terkait agar artikel anda lebih padat, berkualitas dan seo friendly karena banyak uraian dan padat di artikel blog.

18. Penyusunan artikel tertata dengan baik
Dalam hal cara menyusun artikel harus ditata dengan baik hal ini akan sangat baik untuk blog anda di search engine serta mudah di mengerti pengunjung blog.

Jika sobat masih bingung tentang seo sobat bisa membeli artikel dari jasa penulis artikel seo atau sobat bisa tanya-tanya.
Yang tidak kalah penting update artikel secara rutin sebab blogspot mudah kalah bersaing jika tidak rutin update artikel tidak seperti wordpress yang sudah subscribe plan premium biasanya cenderung bertahan lama di SERP.

Belum ada Komentar untuk "Cara menulis artikel seo friendly berkualitas yang baik dan benar untuk SERP "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel