Cara menentukan target negara pengunjung dan traffic blog secara tepat

Mendatangkan visitor dan traffic sesuai bahasa dan negara yang kita tuju lebih baik daripada kita set ke global yang penting agar lebih seo, seo dalam artian marketing konten artikel tertarget ke suatu negara. Mengapa demikian karena blog kita telah menententukan target negara pengunjung blog (Visitor/traffics) ke suatu negara atau region sehingga fokus kepada negara tertentu apalagi kaitannya dengan bahasa yang kita pakai yaitu indonesia yang khusus dipakai negara kita, seperti halnya kita riset keyword (research keyword) kita harus menenetapkan target negara tujuan sehingga kita tahu volume pencarian secara tepat begitupun dengan blog sesuai negara si pembuat artikel yang kita ketik supaya artikel kita selalu di posisi pertama halaman google baik untuk.
Cara menentukan target negara pengunjung dan traffic blog secara tepat
Bahkan ada yang mengatakan setelah di set ke negara tertentu score alexa menjadi ramping dan visitorpun berdatangan ribuan, semakin rendah nilai alexa web kita semakin besar peluang visitor berdatangan ke website kita.

Penelusuran google dibagi dua yaitu google.co.id yang notabene untuk pencarian indonesia, google.my untuk malaysia dan google.com untuk penelusuran internasioal (Global). Kendatipun demikian seandainya tidak kita lock negara tertaget toh google tetap menetapkan pencarian sesuai dengan negara dan bahasa si pencari.

Saya tes pencarian bahasa indonesia di google.com yang disana letak pencarian secara global dan saya seting bahasa dan mengunci target negara indonesia ternyata sama volumennya dengan google.co.id. Dengan demikian kita bisa ambil kesimpulan custom domain tld .com akan tertarget jika diset negara apalagi dengan set bahasa (lang/language) untuk menggait pengunjung lokal begitupun ccltd yang cenderung dengan domain suatu negara seperti .co.id, web.id, dsb. yang mungkin tanpa disetpun ke negara tertentu search engines akan mengerti.
Kecuali untuk menggait pengunjung blog bule (blog bahasa inggris) untuk meningkatkan pengunjung target negara dengan hpk kita bisa set atau lock negara tertentu untuk target internasional misalkan blog target US (United States) yang notabene dapat menghasilkan hpk atau CPC yang tinggi dan besar untuk blog atau website sobat content marketing yang baik dapat membentuk brand dengan baik sehingga bisa mengumpulkan pundi-pundi dollar penghasilan blog sobat dengan mudah. 

Nah bagaimana cara menentukan target negara pengunjung blog terutama untuk baik untuk custom domain tld maupun CCLTD :

1. Set Target negara di google webmaster tools search console
Untuk melock target negara bisa kita lakukan di webmastertools search console yang memerintahkan semua konten artikel blog kita untuk tujuan negara tertentu dan pengunjung dan traffic negara tertentu.
Bagaimana menentukan target di webmaster tools untuk blog wordpress maupun blogger blogspot  :
- Masuk ke Google webmaster masuk dengan alamat email google akun dan password anda sehingga masuk dashboard google search console
- Pilih Search traffics dan pilih International targeting
- Klik country, Cecklist kotak kecil lalu pilih negara tujuan jika blog bule atau blog dengan artikel bahasa inggris pilih United States jika konten indonesia pilih target negara indonesia untuk artikel bule bisa pilih saja target negara United states
- Klik Save.

Untuk blog site target negara di yandex webmaster :
- Go to Yandex Webmaster
- Masukan alamat email yandex dan email yang dikaitkan ke yandex akun beserta password dan login
- Pilih website di My Site yang sobat kelola
- Pilih site informations di Yandex webmaster
- Klik Region untuk konfigurasi target geograpik
- Anda bisa rubah change regions yandex business directory anda akan redirect ke my businesses untuk memberi lokasi bisnis, nama website anda, kontak informasi dan lokasi dimap seperti lokasi bisnis di google map kurang lebih, dsb. sehingga terdaftar data dan region bisnis di yandex
- Lihat webmaster dan klik logo gear
- klik add region
- ketik negara di search region setelah tampil
- Tambahkan halaman link yang berisi informasi tentang website anda semisal informasi kontak, dsb.
- Klik Save.

Untuk target negara di bing webmaster tools :
- Go to Bing webmaster tools
- Di my sites pilih website sobat yang akan ditargetkan negara
- Di dashboard bing webmaster pilih configure my sites
- Klik Geo Targeting
- Pilih domain, subdomain, directory atau page lalu masukkan url site atau page site
- Pilih country atau region yang sobat tembak
- Lalu Submit.

2. Set negara di template blog
Kita bisa set target negara tujuan di template blogger  yang memerintahkan atau memberi kode atau sinyal sebuah blog untuk target negara tertentu.
- Masuk ke blogger
- Di dashboard blogger pilih theme
- Klik edit html
Copy Pastekan kode meta country atau meta region di bawah ini diantara head tag <head> meta geo region </head> sesuai target blog sobat dengan blog bahasa inggrisnya untuk optimasi pengunjung blog  ke luar negeri misal negara US, Canada, Francis, UK yang CPC tinggi.

<meta content='US' name='geo.region'/>
<meta content='37. 09024;-95.712891' name='geo.position'/>
<meta content='GB' name='geo.region'/>
<meta content='55.378051;-3.435973' name='geo.position'/>
<meta content='DE' name='geo.region'/>
<meta content='51.165691;-10.451526'/>
<meta content='CA' name='geo.region'/>
<meta content='56.130;-106.346771'/>
<meta content='FR' name='geo.region'/>
<meta content='46.227638;-2.213749'/>

Untuk Indonesia sendiri
<meta content='ID' name='geo.region'/>

Menentukan target negara saat riset keyword

Penting juga menurut kita untuk set target negara saat riset keyword agar conten yang kita tulis di blog berdasarkan negara yang kita tembak, sehingga tidak menyasar ke negara lain. Tetapi soal traffics ada kemungkinan dari negara lain yang diakibatkan dari sumber backlink website kita.

Selain itu dapat menjadi pertimbangan untuk anda dalam menenentukan pengunjung blog negara tertarget :

1. Pakai domain CCLTD untuk negara tertentu
Untuk mengoptimasikan negara tertarget kita bisa sewa domain CCLTD untuk target negara semisal www.example.co.id, www.example.web.id, www.example.us, www.example.cr, www.example.fr, dsb. Untuk mendrive traffik dan pengunjung blog untuk menargetkan pengunjung blog ke luar negeri ataupun lokal.

2. Pakai hosting negara tertentu atau hosting global
Menghostkan file-file web penting yang tertuju untuk visitor luar negeri maupun lokal bisa menjadikan alternatif agar bisa mendrive traffic dan pengunjung blog untuk menentukan target negara.

3. Tambah fitur location di artikel blog
Mengaktifkan Fitur location saat anda menulis blog lalu menerbitkan sebuah konten artikel dapat memberikan sinyal kepada search engines bahwa konten anda berada dilingkungan suatu negara atau daerah tertentu.

4. Memasang tag href lang di blog
Menambahkan href lang di website sobat memberikan sinyal ke search engine ke negara dengan bahasa tersebut.

Lakukan setting target negara di google webmaster search console tersebut dari awal karena google baik untuk webmaster bing, yandex dan search engine lainnya kadang butuh waktu untuk mengcrawl dan mengindex website anda kadang karena perubahan sedikit traffics bisa down diblog sobat. 

Belum ada Komentar untuk "Cara menentukan target negara pengunjung dan traffic blog secara tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel