Tips aman menggunakan jejaring sosial yang smart untuk kita

Perkembangan sosial semakin luas dengan adanya handphone android, dimana tidaka hanya saja kita bergaul dilingkungan masyarakat tetapi juga merambah kedunia maya atau internet. Kita mesti bijak serta dengan cara aman menggunakan jejaring sosial dimana ruang lingkup peribadi menjadi masalah publik. Tidak ada lagi batasan antara pribadi dan UMUM.
Kita lihat contoh perkembangan sosial media yang tadinya berupa chat merambah ke aplikasi video chat sosial yang tadinya ruang lingkup kamar kita sesuatu yang amat pribadi menjadi mudah diumbar ke public dengan di share ke media sosial atau video chat sosial atau video chat broadcast, budaya ketimuran kita mulai luntur sedikit demi sedikit apa lagi dengan mengumbar hal-hal yang tidak perlu yang dampaknya amat besar sekali bagi kita semua maka gunakan jejaring sosial dengan aman dan smart.
Tips aman menggunakan jejaring sosial yang smart untuk kita
Dengan perkembangan sedemikian rupa ruang lingkup hukum meluas dengan di tetapkannya UU ITE dan pasal-pasalnya sehingga orang tidak mudah seenaknya bikin status atau dalam istilah ujar kebencian, pencelaaan. Hendaknya seorang lebih berhati-hati di zaman sekarang ini apa lagi berkomentar, update setatus dengan sekehendak hatinya tanpa memikirkan perasaan atau bahkan menyakiti hati orang bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan jejaring media sosial ini untuk mengawasi anda atau bahkan hendak melakukan kejahatan yang dapat merugikan diri kita sendiri. Mari kita menggubakan sosial media yang baik, bijak dan cerdas dalam menggunakan facebook, Twitter, Instagram, dll.

Nah, ini tips aman menggunakan jejaring sosial atau media sosial dari Omevan :
- Pikirkan terlebih dahulu sebelum anda melakukan update status

- Hati-hati berkomentar, update status di media sosial seperti facebook, intagram, line, beetalk, dsb. Jangan diatur privacy ke public, kalau bisa sesama teman anda saja dan hindari perdebatan dalam berkomentar.

- Jangan terlalu vulgar menaruh alamat rumah atau alamat tempag anda bekerja dengan spesifik di profile atau di beranda jejaring Sosial begitupun memasang nomor Hp dan segala sesuatu informasi yang bersifat pribadi.

- Selalu Matikan GPS Location dan pengaturan aplikasi handphone yang mengizinkan sharing locations atau live GPS Tracking anda jika anda sering online lewat smartphone baik bagi pengguna apple iphone maupun hp android. Jangan share lokasi saat anda berlangsung ditempat yang rawan dan dapat menimbulkan kejahatan semisal saat anda bertransaksi mengambil uang di bank atau di ATM dikhawatirkan ada orang yang mengawasi anda di medsos.

- Abaikan orang yang baru dikenal dan jangan terlalu akrab

- Hindari update status problem kehidupan sehari-hari anda jangan sampai di update atau disharekan ke medsos, seperti misalkan masalah rumah tangga anda takut-takut akan ada fihak yang akan memperkeruh problem tsb, bukannya memecahkan masalah tersebut bahkan malah memperkeruh dan masalah menjadi rumit.

- Sembunyikan Pencarian nama profile medsos anda di search engine facebook dan search engine aplikasi jejaring sosial lainnya.

- Hindari memamerkan harta benda mencolok dan berlebihan seperti perhiasan berlebihan, mengupload photo kendaraan pribadi anda dengan spesifik seperti buramkan plat nomor kendaraan, dsb.

- Upload photo dan video sewajarnya saja apalagi saat menggunakan video chat broadcast dengan berpenampilan bertingkah laku yang baik.

- Berperilaku yang bijak dalam bersosial media, jangan ingin selalu diolok-olok atau dicemooh orang atau ingin selalu dipuji orang toh kita tak akan dapat apa-apa dengan cemoohan atau pujian tersebut, jangan memancing opini publik yang menjurus dan terjerat UU ITE.

- Gunakan etika dan akhlak yang baik serta berpenampilan yang baik untuk photo yang mau diunggah.

Lindungi diri anda dan keluarga anda demikian tips dari omevan.

Belum ada Komentar untuk "Tips aman menggunakan jejaring sosial yang smart untuk kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel