Pengertian, Perbedaan Media Sosial Dan Jejaring Sosial

Media Sosial atau social media

Social media atau dalam bahasa indonesia Social media yang dalam tata bahasa mempunyai arti suatu wadah untuk berinteraksi antar individu.

Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, sharing dan menciptakan isi yang terdiri dari blog, jejaring sosial, forum, wiki yang banyak digunakansecara global. Andreas Kaplan serta Michael Hasnlein mendefinisikan bahwa media sosial yaitu sebuah kelompok aplikasi bajasa internet yang membangun diatas dasar ideologi dan web 2.0 serta memungkinkan pencipgaan dan petukaran "user-generated content".
Pengertian, Perbedaan Media Sosial Dan Jejaring Sosial
Menurut Kaplan dan Haenlein ada 6 jenis Media Sosial  :

1. Proyek kolaborasi atau Project Colaboration
Suatu media sosial yang dapag membuat konten dan dalam pembuagannya dapat diakses secara global. Diantaranya :
A. Wiki
Sebuah situs yang memungkinkan pengguna menambahkan, menghapus serta mengedit conten berbasis teks. Misal wikipedia, WikiUbuntu-ID

B. Aplikasi Bookmark Sosial
Dimana memungkinkan adanya pengumpulan berbasis kelompok dan rating dari link internet dan konten media.
Misal :
Social Bookmaark seperti : Del.icio.us, stumbleUpon, Digg, Reddit, Technorati, Lintas Berita.
Reviews : Amazon, GoodReads, Yelp.
Writing : Cerpenista

2. Blog dan Microblog (Bmogs & Microblogs)
Blog xan microblog merupakan aplikasi yang xapag membantu penggunanya untuk tetap membuat atau memposting mengenai pernyataan apapun sampai sesdorang mengerti. Blog meruakan sebuah website yang menyampaikan mengenai penulis atau kelompok penulis baik sebuah opini, pengalaman, eksperimen atau kegiatan sehari-hari.
Misal :
Blog : Blogger yaitu blogspot, Wordpress, Joomla, Multiply, LiveJournal, Blogsome, SinaWeibo dll.
Forum : Kaskus, Warez-BB, forum Kompas, Indowebster.web.id, forumdetik,Q/A (Question/answer) : Yahoo! Answer, TanyaLinux, formspring.me

3. Konten (content)
Konten masyarakat atau konten masyarakat merupakan sebuah aplikazi yang bertujuan untuk saling berbagi konten serperti video, gambar, ebook, dll.
Misal :
Image dan photo sharing : Flickr, Photobucket, DevianArt
Video Sharing : Youtube, Vimeo
Audio dan Music Sharing :Imeem, last.fm sharemusic
File sharing dan Hosting : 4Shared, Mediafire, rafidshare
Designed : Threadless

4. Situs Jejaring Sosial atau Sosial networking
Situs jejaring sosial yaitu situa yang dapat membangu orang untuk membuat sebuah profipe dan kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya. Contoh : Facebook, LinkdIn, Foursquare, MySpave, dll.

5. Virtual game World
Dunia dunia virtual yang mreplikasi lingkungan 3D dimana pengguna muncul dengan menggunakan avatar-avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan yang lain selayaknya didunia nyata misal Game online seperti :PUBG, Mobile Legend.

7. Virtual social words
Aplikasi yang mensimulasi kehidupan nyata melalui internet. Misal :Map : Wimimapia, Google earth. E-Comerce : Alibaba, Ebay, dll.

Jejaring Sosial atau Social Networking


Merupakan struktur sosial yang terdiri dari kumpulan orang dan organisasi. Jejaring sosial merupakan sebuah komunitas dimana didalamnya mempunyai kesamaan aktifitas disamping itu kita bisa berinteraksi dengan orang-orang didalamnya dan lebih kepada situs.
Contoh social networking populer seperti facebook, twitter, linkedin, Ning, wechat, kakaoTalk, Baidu Tieba, dll.

Kesimpulan yang dapat diambil yakni media sosial menyebutkan secara umum atau induk dari jejaring sosial sedangkan jejaring sosial merupakan anak dari media sosial itu sendiri.
Dimana media sosial terdiri dari blog, aplikasi chating, aplikasi game online, dsb. Sedangkan Jejaring sosial seperti facebook, pinterest, dll. Keumuman sering digunakan sebagai ajang pertemanan dan cari jodoh. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Perbedaan Media Sosial Dan Jejaring Sosial "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel