Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Mengenal Apa Itu Spam Score Pada Moz ?

Bagi pemerhati optimasi website blog mungkin sudah mengetahui apa itu spam score, kali ini kami mengulas apa yang dimaksud spam score pada moz serta kriteria spam scrore menurut Moz itu sendiri.

Spam score sebenarnya bukan nilai spesifik dari google tetapi itu merupakan ketentuan dari MOZ. Spam sendiri dalam dunia blog adalah mengirimkan sesuatu link yang tidak pada tempatnya atau tidak sesuai sesuai kriteria menurut Moz. Jadi ketika kita menyimpan link pada sebuah situs yang tidak sesuai kriteria google dinamakan SPAM dan orangnya dinamakan spamer.

Apa itu spam score? 


Spam score menurut moz merupakan nilai persentase spam sebuah website yang menjadi indikator berbahaya bagi kesehatan sebuah website blog. 

Dimana sebuah website dapat diukur berpa nilai spam scorenya, spam score website sangatlah akan mengganggu kualitas website itu sendiri. 

Selain itu jika dikategorikan berbahaya jika anda melinkkan situs ke banyak website spam dengan spam score website tinggi maka bisa jadi akan mendapatkan penalties google, banned website, deindex di Serp dan tentunya akan menghilangkan trust search engine itu sendiri dan dihapus website dan juga konten anda di pencarian. 

Lantas kategori spam score website menurut moz seperti apa sih? Menurut MOZ bahwa setiap pemilik blog atau website harus menghindari website spam. 

Menurut mos bahwa penilaian spam score kemungkinan bisa meruntuhkan website dan diperhitungkan berdasarkan nilai berikut
  1. 1-30 = Rendah
  2. 31-60 = Sedang
  3. 61-100 = Tinggi. 
Itulah pengukuran spam score situs yang mesti di jauhi oleh blogger dalam menanam link buildink denhgan situs yang mempunyi spam di sana.

Moz spam score


Anda bisa melihat jumlah spam score melalui situs moz melalui link explorer kemudian pilih spam score nnti akan terlihat website spam dengan nilai spamnya.

Sehingga anda mudah menghapus link di situs spam dengan disavow atau menghapusnya. 

Spam score Untuk Apa? 

Ketika kita melihat bahwasanya spam score bukan dari google itu sendiri, tetapi mereka memperhatikan dari algoritma google itu sendiri untuk mengindikasikan atau kehati-hatian untuk memperhatikan kualitas link pointing yang buruk ke situs anda dan juga terhadap link-link situs spam yang kemungkinan berbahaya seperti yang telah diutarakan diatas. 

Spam score baik untuk seo apalagi untuk memperbaiki kualitas seo on page memang bagus, untuk lebih berhati-hati lagi dan untuk tidak linkan ke website spam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di situs kita dalam membangun link buildinh website blog. 

Tanda spam Score menurut MOZ


Kriteria spam score sebuah website bisa dilihat dari kategori atau ciri-ciri signal website spam menurut MOz


  1.  Rendahnya halaman yang ditemukan ketika situs tersebut di cek di moz (Low Trust Moz) 
  2. TLD (Top Level Domain) domain yang berhubungan dengan domina spam seperti (.pl, .info, .cc, dll.) yang disebutkan berpotensi dan sebagai domain spam. 
  3. Panjang nama domain, menurut moz sebuah domain yang di subdomain dan juga root domain hampir sama sebagai ciri untuk website spam 
  4. Domain mengggunakan angka, domain demikian banyak digunakan situs spam
  5. Google font api, selanjutnya situs yang tidak menggunakan spesial font google ini dikategorikan sebagai situs spam
  6. Google tag manager, sebuah website spam biasanya tidak menggunakan kode tag manager didalam website blog nya. 
  7. Dobleclick situs spam biasanya tidak menggunakan doubleclick. 
  8. Nomor Telepon, ketidak hadiran phone number menjadi pertanda situs tersebut spam
  9. Link to LinkedIn, spam site kebanyakan tidak melinkkan atau mengasosiasikan situs ke likedIn dan menjadi pertanda Situs Spam. 
  10. Email adress, tidak menujukkan alamat email address pada situs menandakan website spam juga. 
  11. HTTPS, website spam tidak menggunakan SSL certificate yaitu https yang merupakan sebuah faktor sinyal kepercayaan. 
  12. Meta Keywords, indikator lainnya tidak menggunakan meta keywords diidentikkan sebagai situs spam daripada tidak memakainya di situs. 
  13. Lonjakan Peringkat pengunjung meningkat drastis, website yang meningkat terlalu cepat lebih kepada spam saaat menunjukkan tingginya jumlah visitor. 
  14. Rel Canonical, website tanpa non tag canonical dihubungkan denvan spamming. 
  15. Panjang elemen title, halaman-halaman dengan judul sangat panjang dan pendek berkorelasi dengan situs spam juga. 
  16. Panjang Meta description, panjang atau terlalu pendek meta description termasuk spam website juga
  17. Meta keywords yang panjang, halaman-halaman dengan tag meta keywords panjang juga banyakan ditemukan pada situs spam
  18. Browser icon, bukan website spam biasanya menggunakan favicon ico tetapi spam situs sangat jarang memakainya
  19. Facebook pixel, pada situs spam jarang menggunakan trackibg facebook pixel
  20. Jumlah eksternal outlinks, sebuah situs dengan spam score biasanyaenunjukan jumlah tinggi yang tidak normal pada situs tersebut. 
  21. Jumlah domain link keluar, spam site mempunyai ketidak normalan tinggi atau rendahnya uniqiue domain yang sering mereka linkkan. 
  22. Rasio eksternal link, Spam situs lebih mempunyai rasio yang abnormal link ke conten. 
  23. Vokal atau konsonan pada nama domain, mempunyai jumlah konsonan atau vokal yang sama pada domain di indikasikan spam site. 
  24. Kata penghubung domain, setiap situs spam score ditandai dengan kata penghubung pada nama domain mereka
  25. Panjang url, sebuah situs spam mempunyai jumalh panjang atau pendek yang tak normal pada url. 
  26. Kata-kata ilegal, situs spam juga menghadirkan keyword yang menghubungkan topik pax website spam seperti phar*******, a***t content, ga***ng, sen***a dan lainnya. 
  27. Menggunakan Harga tinggi CPC pada anchor teks, selain itu website spam cenderung menggunakan anchor text yang terhubungkan ke website spam seperti kategori pada no. 26.
Demikian apa itu website spam dan indikator website spam menurut Moz dari omevan, semoga bermanfaat bagi semuanya. 

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Apa Itu Spam Score Pada Moz ?"