Manfaat Mencuci Tangan Bagi Kesehatan Kita

Mencuci tangan merupakan salah satu alternatif agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit tentunya dengan cara mencuci tangan yang benar.

Kita tidak mengetahui benda yang telah kita pegang mengandung atau membawa kuman penyakit, virus, jamur atau bakteri atau menyentuh bahan zat kimia sehingga masuk ke dalam tubuh kita terutama saat anggota tangan kita masuk ke anggota tubuh seperti hidung, menggosok mata atau memasukkan jari ke mulut dan tubuh anggota lainnya sehingga membahayakan badan kita sehingga jatuh sakit.

Dengan mencuci tangan yang benar serta rutin akan membuat kita terhindar dan mencegah penyakit menular karena cuci tangan sebagian dari pola dan gaya hidup yang harus kita terapkan.

Cuci tangan yang efektif diakukan beberapa detik lamanya dengan menggunakan air yang mengalir juga menggunakan sabun, usahakan jangan membasuh tangan di kobokan tatkala makan. Bisa anda

Manfaat cuci tangan bagi kesehatan


Berikut manfaat mencuci tangan dengan sabun bagi kesehatan

1. Membunuh atau membuang makhluk berbahaya

Jika anda mencuci tangan dengan benar terutama sabun anti kuman atau dengan hand sanitizer dalam beberapa detik maka secara otomatis kuman, virus, jamur akan rontok dan terbuang dengan air mengalir.

2. Membuang racun dan zat kimia berbahaya

Selain itu cuci tangan yang rutin akan membuang racun atau zat kimia seandainya sebelumnya kita memegang dengan tangan benda yang terkontamimasi zat kimia atau benda yang berbahaya sehingga tidak akan membahayakan tubuh kita dan orang lain ketika mengkonsumsi maupun memegang makanan untuk orang lain. 

3. Menghindari berbagai penyakit menular

- Penyakit diare

Dengan mencuci tangan, anggota tangan anda bersih dari kotoran dan membersihkan kuman penyebab diare. 

Orang yang sedang diare lantas mencuci tangan tangan tidak bersih saat buang air besar kemudian kontak dengan makanan atau tubuh oraang lain sehingga menyebabkan yang lain terkena penyaakit ini.


- Flu dan batuk

Orang yang sedang batuk dan filek misalnya anak-anak seringkali mereka mengucek atau memegang hidung atau melindungi batuk dengan tangan sehingga saat memegang pada diri seseorang besar kemungkinan penyakit tersebut bisa menular ke orang lain terutama sering dilkukan anak kecil terutama flu. 

Biasakan dengan cara mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir sert gunakan sabun secara merata kemudian gosok dengan tangan bergantian serta bilas dengan air hingga bersih serta hindari cuci tangan dalam kobokan secara bersama. 

Demikan manfaat mencuci tangan dari omevan semoga bermanfaat bagi semuanya.