Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Mengenal Apa Itu Rapid Test Covid19 Dan Cara Kerjanya

Ketika pandemic covid19 melanda negara kita maka pemerintah mengajak masyarakat dan berbagai pihak untuk mengikuti rapid test atau test cepat. lantas apa itu rapid test?

Apa itu rapid test covid 19? 


Rapid test corono virus adalah sebuah alat yang digunakan dengan melihat sample darah  untuk mengenali atau mendeteksi antibodi yang diantaranya IgM dan IgG dimana kedua tersebut merupakan zat anti bodi atau kekelan tubuh yang digunakan tubuh untuk mempertahankan dan melawan bakteri atau virus.
Mengenal Apa Itu Rapid Test Dan Cara Kerjanya
IgG atau Immunoglobulin G dimana zat ini terdapat didalam tubuh berfungsi untuk mempertahankan dtubuh dari serangan bakteri atau virus. IgG ini dapat merekam virus atau bakteri yang pernah menyerang tubuh sehingga dapat mengenali virus atau bakteri yang menyerang dan harus dilawan olehnya.

IgM atau Immunoglobullin M dimana antibodi ini berguna sebagai perekam dimana virus atau bakteri pernah menyerang tubuh. IgM ini merupakan pertahanan terdepan dikala virus menyerang.

Saat virus mulai menyerang atau menginfeksi tubuh maka IgM ini mengalami peningkatan jumlahnya kemudian menurun terus dilanjutkan oleh IgG sebagai perlawanan terhadap virus atau bakteri dalam jangka waktu yang lebih lama.

Cara kerja rapid test


Rapid test atau tes cepat dapat mengetahui bahwa anda terinfeksi ncovid19 tetapi berbagai fihak mengungkap bahwa rapid test ini tidak begitu akurat dalam artian bahwa belum tentu yang positif atau negatif mengidap atau terinfeksi ncov19 ini.

Setiap orang yang menjalani test cepat (rapid test) akan diambil darahnya kemudian di taruh diatas 2 alat test yaitu alat test IgG dan Igm tersebut kemudian dicampur cairan tertentu. Kemudian anda disuruh menunggu beberapa menit ±5 menit maka sahabat akan melihat hasil negatif atau positif hasil pada hasil kedua alat rapid test tersebut.

Seperti diutarakan diatas bahwa rapid test belum menunjukkan seseorang mengalami gejala covid19 atau terinveksi virus covid19 sars2 dimungkin harus tes lebih lanjut lagi untuk menetapkan positif atau negatif sars cov2 ini.

Bisa dikatakan sebagai tahap awal sedini mungkin agar orang yang positif pada rapid tes untuk mengisolasi diri sebelum test covid selanjutnya.

Demikian mengenal apa itu rapid test dan cara kerja rapid test atau tes cepat dari omevan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Apa Itu Rapid Test Covid19 Dan Cara Kerjanya"