Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Apa Itu Corona Virus, Covid19, Gejala Dan Penyebarannya

Corona virus berasal dari cina yang terjadi pada tahun 2019 kemudian menyebar ke belahan negara lain termasuk indonesia ada beberapa orang yang positive terkena virus corona.
Apa Itu Corona Virus, Covid19, Akibat Dan Penyebarannya
Ada diantaranya yang positif dinyatakan sembuh dan ada juga yang meninggal dunia yang diakibat cov19 ini, kalau kita lihat di negara lain bahwasanya penyebaran covid19 ini begitu cepat.

Pengertian Corona dan Covid 19


Apa itu virus corona ?

Corona virus adalah keluarga besar dari virus yang bisa menyebabkan sakit pads manusia atau hewan. Beberapa coronavirus umumnya menyebabkan infeksi pernapasan mulai dari flu biasa hingga penyakit berat seperti MERS (Middle Respiratory Syndrome) atau SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome).

Orang yang telah terinfeksi corona virus menyebabkan coronavirus disease-19 (covid2019).

Apa itu Covid19 ?

Covid-19 (Coronavirus Disease-19) adalah penyakit menular yang telah terkover virus corona dimana merupakan varian virus baru dan penyakit dimana yang sebelumnya belum diketahui dan menjangkit di Wuhan, china pada Desember 2019 kemudian menyebar ke beberapa negara.

Gejala Covid19 Dan Penyebarannya


Gejala covid19

Kebanyakan gejala covid-19 diantaranya :

1. Demam rendah hingga memuncak dengan suhu badan tinggi

2. Lemah, letih, lesu

3. Batuk kering

Penelitianenurut NYtimes bahwa seseorang yang terpapar virus cov19 mungkin hilang indera perasa dan penciuman.

Beberapa pasen diantaranya menderita sakit dan nyeri, hidung tersumbat, ingusan, sakit tenggorokan atau diare. Gejala ini bisa ringan dan berangsur-angsur.

Beberapa orang yang terinfeksi tidak menimbulkan gejala dan merasakan tidak enak badan. 80% dari yang terinfeksi berhasil membaik dari penyakit tanpa membutuhkan tritmen khusus.

Diantara sekitar 1 dari 6 orang yang terserang covid19 terjadi sakit parah dan menjadi kesulitan bernapas. Orang lebih tua dan mereka yang memiliki masalah kesehatan mendasar seperti tekanan darah tinggi, jantung dan diabetis kemungkinan berkembang ke arah sakit yang lebih serius.

Orang yang demam, batuk dan kesulitan bernapas harus mencari perhatian medis.

Penyebaran Covid-19

Penyebaran covid-19 terjadi dari orang yang telah terinfeksi virus corona kemudian menyebar kepada orang lain melalui percikan atau tetesan air hidung atau mulut kemudian menyebar saat mereka batuk atau atau menghembuskan.

Terus percikan atau tetesan air dari mulut atau hidung tersebut jatuh pada objek atau permukaan disekitar orang.

Kemudian orang yang belum terinfeksi memegang objek tersebut lantas menyentuh wajah, hidung atau mata lantas virus masuk melalui ketiga atau salah satu anggota wajah tersebut lantas orang juga kemungkinan bisa mengidap covid jika mereka menghirup didekat percikan atau tetesan pada objek atau permukaan tersebut sehingga disarankan agar menjauhi orang yang sedang sakit antara jarak satu meter (sosial distancing).

Cara mencegah dan menghindari penyebaran virus corona dari dan ke orang lain untuk memutuskan penyebaran virus maupun corona virus disease adalah dengan mengubah pola dan gaya hidup sehat, penggunaan masker, etika batuk dan bersin, mencuci tangan dengan sabun dan basuh dengar air mengalir, menyemprot cairan disinfektan untuk membunuh virus, kuman, bakteri. Menghindari keramain atau berkumpul.

Demikian apa itu corona, covid-19, akibat serta penyebarannya dari omevan, berhati-hati perlu tetapi jangan panik, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Apa Itu Corona Virus, Covid19, Gejala Dan Penyebarannya"