Cara Menghidupkan Data Seluler Di Semua Brand Smartphone

Data seluler merupkan hal penting dizaman era informasi sekarang ini, dimana setiap saat kita tidak lepas dengan yang namanya smartphone dan selalu melakukan konektifitas data.
Cara menghidupkan data seluler di semua brand smartphone
Sehingga dengan demikian paket data seluler menjadi hal yang sedemikian diperhatikan oleh setiap individu atau pengguna data. Bahkan ketika kita mempunyai masalah saat kesulitan mengaktifkan data seluler sehingga kita menjadi panik dikarenakan komunikasi tidak berjalan apakah terkait bisnis atau komuniksi dengan sahabat kita dikarenakan mobile data operator tidak aktif maka janganlah panik.

Masalah data seluler provider tidak muncul atau tidak aktif di smartpone (trouble shooting data mobile) :

1. Mode pesawat on
Ketika mode pesawat atau airplane mode dihidupkan, data seluler tidak muncul dan tidak akan bisa dihidupkan, maka matikan airplane mode di android.

2. Kartu simcard sudah hangus
Bukan saja tidak ada sinyal gsm maka untuk mengaktifkan seluler data juga tidak akan hidup. Maka alternatifnya adalah beli simcard yang baru.

3. Jaringan operator mati
Saat jaringan operator mati, ponsel anda tidak akan bisa terhubung dengan konektivitas data seluler dikarenakan sinyal operator mati, mungkin terlihat sinyal banyak padahal itu merupakan sinyal operator lain bisa jadi signal provider yang terdeteksi android untuk memastikan bahwa jaringan data ada maka geser layar tepi atas sedikit maka anda akan melihat logo operator tidak nampak atau emergency call atau pesan tidak ada konektivitas jaringan.

3. Salah mengatur simcard
Boleh jadi simcard yang anda pilih untuk mobile data dijadikan untuk menelpon atau teks sms, yah kemungkinan data keluar teteapi tidak dipakai malahan akan membuang pulsa anda.

Walaupun demikian jika jaringan data operator terdekat mati maka biasanya ponsel akan mengambil jaringan data seluler dari yang jauh coba bandingkan dengan smartphone teman anda yang seoperator jika masih tidak ada signal data jaringan berarti ada kelainan di ponsel anda.

4. Simcard rusak atau salah posisi
Jika anda menggunakan simcard rusak sudah dipastikan tidak akan ada singnal data atau bisa salah posisi atau pin simcard rusak coba cek.

5. Ic signal data dan gsm rusak
Menjadi kemungkinan jika diatas berlaku normal tetapi masih tetap data seluler tidak aktif maka sudah dipastikan komponen perangkat keraa smartphone ada yang rusak seperti ic signal data dan gsm. Maka kalo demikian upayakan untuk service hp dengan mengganti ic signal yang baru.

Nah gimana cara menghidupkan data seluler di android dan iphone


1. Melalui akses cepat shortcut app
Cara menghidupkan sinyal paket data di android
Cara mengaktifkan data seluler di android dengan menggeser dari tepi atas layar android dan akan terdapat shortcut icon maka cari icon mobile data atau data seluler untuk menghidupkan biasanya data seluler aktif ditandai dengan warna pada shortcat icon tersebut.

Baca juga : Cara mengunci jaringan 4G di semua merk smartphone

2. Melalui pengaturan android
Buka pengaturan atau setting di android lalu tap connections (komeksi), lantas simcard manager dan aktifkan mobile data sesuai simcard yang anda isi kuota data.

Jika mau mematikan atau menonaktifkan data seluler lakukan langkah diatas dan tekan icon mobile data.

Cara menghidupkan data seluler di Ios (iphone, ipad) 

Cara menghidupkan sinyal paket data iphone
Carabmengaktifkan data seluler provider dengan buka pengaturan lalu aktifkan data seluler atau mobile data di iphone atau melalui asisten menu di iphone untuk mengidupkan data seluler di iphone, kalo on biasanya ditandai dengan warna dan icon jaringan data 4G atau 3G. Gambar diatas menandakan iphone data seluler telah aktif.

Cara mengecek data seluler aktif
Untuk cek data seluler aktif kita bisa melihat tepat disamping kiri signal gsm dengan adanya data 4G atau 3G akrif.

Cara mengunci data seluler
Bagi yang ingin mengunci data seluler di smartphone android silahkan menuju pengaturan > connections > mobile networks > network mode > silahkan pilih mau pakai data 4G, 3G bahkan Edge atau Gprs.

Mudah bukan cara mengaktifkan data seluler di smartphone berikut troubleshot data seluler provider tidak aktif dari omevan.