Macam-Macam Aplikasi Google Dan Fungsinya Bagi Bisnis Online

Banyak aplikasi yang dibuat oleh google didalam android, aplikasi google memang dibuat berbeda-beda. Aplikasi google merupakan bentukan dari produk google yang tadinya bisa diakses melalui situs maupun aplikasi berdiri sendiri untuk memudahkan layanan di smartphone atau dijadikan aplikasi untuk memudahkan pengguna dalam mengunakan android itu sendiri.
Macam-Macam Aplikasi Google Dan Fungsinya
Aplikasi google memang dibuat untuk mereka yang setia terhadap produk buatan google demi menunjang berbagai aktivitas. Aplikasi google banyak dibenamkan atau ditanamkan pada android tidak hanya itu bahkan iphone juga bisa memanfaatkan apps besutan google ini untuk kegiatan bisnis online baik dalam hal berkaitan dengan content creator, jualan online maupun kegiatan organisasi maupun perusahaan.

Bahkan yang tadinya merupakan aplikasi desktop kemudian dibuat versi aplikasi android. Macam-macam aplikasi google banyak sekali jumlahnya dan mempunyai fungsi-fungsi tersendiri yang bisa anda download aplikasi android di google playstore.

Fungsi aplikasi google secara umum diantaranya untuk memudahkan pengguna aplikasi google untuk bisnis online anda. Anda bisa memanfaatkan dari jenis-jenis aplikasi google.

Berikut macam-macam aplikasi google dan fungsinya :


1. Aplikasi Gmail
Gmail merupakan layanan email gratis dan anda sudah mendapat google akun dengan mendaftar akun gmail google akun gmail. Fungsi email google ini anda bisa berkirim dan menerima email dari siapapun dan lebih secure tentunya. 

2. Aplikasi Google translate
Google translate merupakan aplikasi google yang ditujukan untuk menterjemahkan kata, kalimat atau bahkan sebuah blog atau situs. Sobat bisa menterjemahkan indonesia ke inggris atau sebaliknya atau bahasa asing lainnya ke indonesia dengan menggunakan google translate. Pada awalnya merupakan situs penerjemah pada saat lahir smartphone maka dibuatlah aplikasi google translate. Fungsi aplikasi google translate yaitu untuk menterjemahkan bahasa asal ke bahasa lainnya baik kata, kalimat maupun suatu situs.

3. Aplikasi Google chrome
Chrome merupakan browser yang dirancang oleh developer google yang pertama kalinya sibuat untuk PC dan dikembangkan menjadi aplikasi mobile untuk android dan iphone. Google chrome sama halnya dengan web browser lainnya digunakan untuk browsing internet mencari informasi, kegiatan download, upload membuka situs, kegiatan online, dsb.

4. Aplikasi Google maps
Aplikasi pemetaan lokasi yang dibuat dan rancang oleh google yang diantaranya terdapat layout view satelit dimana terdapat lokasi negara, provinsi dan daerah dengan berbagai informasi terkait inormasi lokasi bisnis, restauran, tempat wisata, dsb. Google maps berfungsi untuk mencari lokasi baik realtime atau 

5. Aplikasi Google earth
Sebuah aplilasi globe digital tentang pemetaan geografis bumi layaknya peta digital seperti gunung dataran rendah, sungai, dll.

6. Aplikasi Google play store
App market yang dibuat oleh google untuk para developer pembuat aplikasi android. Dimana terdapat berbagai aplikasi, games android berbayar dan gratis. Untuk membaca ebook dan menonton movie bisa menggunakan google play movie dan books secara terpadu tetapi bertambah waktu menjadi aplikasi terpisah.

Tidak hanya itu untuk keamanan pengguna google menambahkan protect agar semua aplikasi bebas dari virus, malware, trojan, dsb. 

7. Aplikasi Google drive
Sebuah aplikasi google yang multiguna untuk mengupload atau backup data pribadi anda, membuat dokumen office online bahkan membuat dokumen seperti excel, ppt, slides dan bisa disimpan di google drive.

8. Aplikasi Google my business
Aplikasi google my business dibuat untuk para pembisnis online dimana mereka misa membuat lokasi bisnis, kontak, situs untuk berinteraksi dengan customer dan bisa mengiklankan bisnis di google. 

9. Aplikasi Google ads
Merupakan aplikasi google untuk menayangkan ikan di beranda google bagi yang ingin beriklan di situs atau halaman google sehingga visitor bisa menemukan mereka berdasarkan kata kunci. 

10. Aplikasi Analystics
Aplikasi google analystics merupakan aplikasi bagi publisher google untuk mentracking dan melihat interaksi antara visitor dan situs yang mereka buat berdasarkan metrics, melihat visitor terhadap konten yang kita buat, dan banyak lagi keguaan lain dari analystics.

Baca juga Produk google yang paling populer serta manfaatnya

11. Aplikasi Google primer
Aplikasi google yang menawarkan pengajaran tentang marketing, rencana bisnis, content marketing, seo, analystics dan branding bisnis anda sehingga menjadi bisnis yang sukses.

12. Aplikasi Teext to speech
Sebuah aplikasi yang bisa bersuara hanya dengan teks, anda bisa memanfaatkannya seperti ebook dan meminta TTS untuk membacakanya bagi anda. Fungsi aplikasi ini untuk membaca teks, kalimat ke bahasa yang anda pilih berdasarkan native speaker.

13. Aplikasi Google camera
Aplikasi kamera google bagi pengguna android merupakan aplikasi gratis dari google untuk shot photo maupun video dengan kualitas yang jernih dan juga support panorama, HDR+, google lens suggestion. Google camera support os android terbaru atau android besutan google yaitu google pixel.

14. Aplikasi Google One
Aplikasi google yang dirancang untuk menambahkan storage dan menyatukan beberapa aplikasi google seperti manajemen aplikasi google seperti mengatur google drive, google photo, backup data smartphone dan anda diharuskan menjadi anggota dan membayar plan.

15. Aplikasi Google duo
Aplikasi video call dari google yang memberikan pengalaman kepada pengguna dalam hal video call, video message, voice calls, terbaik bukan hanya untuk android tetapi juga ios baik menggunakan jatmringan koneksi 3G, LTE maupun wifi.

16. Aplikasi hangouts
Aplikasi yang menawarkan grais pesan, video, voice call baik perorangan maupun grup. Aplikasi support ios maupun android sehingga bisa berkomuniasi antar pengguna os android maupun ios.

17. Science jurnal
Sebuah jurnal aplikasi yang dibuat google, fungsinya untuk jurnal keilmu pengetahuan tentang penelitian keilmuan bisa dibuat dirumah secara langsung dengan membuat dokumen, note, photo

18. Google arts and culture
Merupaka tempat museum dunia dimana sobat bisa melihat manuscript atau dokumen lama yang berhubungan dengan sejarah perkembangan dan peradaban manusia tersedia dalam aplikasi untuk android. Fungsi aplikasi untuk mengetahui lebih jelas peradaban manusia atau zaman yang bisa berisi dokumen lama atau manuscript.

19. Google cloud
Layanan platform google untuk storage cloud bagi pengguna dimana pengguna bisa menggunakan layanan gcloud dengan fitur premium untuk bisnis konten, dsb. Fungsinya sebagai storage di awan untuk penyimpanan akses file seperti foto atau image, dokumen, video, dsb. Sebagai hosting cepat penyimpanan awan anda.

20. Google asisten
Aplikasi google yang berfungsi sebagai asisten untuk membantu kemudahan pengguna di smartphone android dengan akses cepat memerintahkan di android baik dengan akses suara ataupun tap perintah di google assistant.

21. Google classroom
Aplikasi google yang berfungsi untuk educational, non profit dan untuk semua orang untuk bisa berkomunikasi dengan grup, organisai.

22. Google suite
Aplikasi dan layanan produk google dalam satu produk dengan nama google suite yang diantaranya terdapat layanan google seperti gmail, akses google drive, kalender, notes, autenticator, slides, dsb. Bisa diakses melalui komputer maupun smartphone.

23. Google adsense
Pada awalnya merupakan situs atau aplikasi google yang diakses melalui komputer maupun browser di samrtphone dengan perkembangan tekhnologi bisa diinstal melalui android smartphone dengan aplikasi google adsense. Dimana google adsense sendiri ditampilan situs untu memilih iklan adsense bagu publisher blog maupun content creator youtube untuk memperoleh penghasilan dari google adsense dan memilih jenis iklan adsense.

Tetapi untuk aplikasi google adsense sendiri hanya berupa earning adsense perhari, bulan, tayangan iklan yang diklik, impression iklan, dsb. Fungsinya untuk melihat penghasilan dan tayangan iklan, impression dan ctr iklan adsense.
Note : Google akan menghentikan layanan adsense via aplikasi.

23. Google Ads
Google ads merupakan situs bagi penayang iklan di google terutama bagi bisnis online untuk meningkatkan penjualan online atau jasa yang dicari oleh visitor google berdasarkan keywords. Fungsinya sebagai marketing online dengan menggunakan iklan google.

Fungsinya untuk mengetahui impression, ctr, average cpc, dll. Aplikasi google ads bisa anda instal di google play maupun situs google ads.

24. Google form
Format form dari google yang bisa dimanfaatkan penggunan untuk kegunaan questioner maupun jajak pendapat untuk mengetahui sejauhmana data yang didapat berdasarkan pilihan jika ada yang melakukan jajak pendapat yang anda buat menggunakan google form. Untuk aplikasi sementara anda bisa mengakses melalui situs google form.

25. Google keyboard
Keyboard digital yang bisa anda gunakan sebagai alternatif thirdy-party apps sebagai keyboard di android anda sebagai pengganti aplikasi default keyboards.


Sebenarnya masih banyak macam-macam maupun jenis-jenis aplikasi google yang bisa anda manfaatkan di smartphone maupun untuk mengembangkan bisnis online anda. Demikian artikel dari omevan.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Aplikasi Google Dan Fungsinya Bagi Bisnis Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel