Perbedaan Kopi Bubuk Dan Kopi Instan Mau Pilih Mana

Kopi merupakan minuman yang khas dan nikmat baik diminum pagi, sore maupun malam saat bekerja maupun sedang istrihat atau aktivitas lainnya tidak lengkap kalau tidak ditemani secangkir kopi.
Perbedaan kopi bubuk dan kopi instan mau pilih mana
Kopi banyak macamnya diantaranya kopi bubuk dan kopi instan ternyata banyak yang mencolok bedanya kopi bubuk dan kopi instan dilihat dari berbagai segi.

Perbedaan kopi bubuk dan kopi instan mau pilih mana


Disini anda akan melihat bedanya kopi instan dengan kopi bubuk diantaranya :

1. Dari segi pembuatannya

Perbedaan kopi bubuk dengan kopi instan dari pembuatannya kopi bubuk biasanya memiliki tahap proses pengupasan biji kopi, penjemuran kopi, penggilingan kopi dan roasting. Komposisi kopi bubuk alakadarnya dan natural.
Sesangkan kopi instan setealah melewati penggilingan, maka akan melewati tahap ekstrak dimana kopi akan duji cita rasanya, dimana masing-masing produk kopi sering sering mempunyai berbeda rasa maupun aroma karena penambahan komposisi zat pendukung ke dalam kopi.

2. Teknologi Pemprosesan

Dilihat dari cara produksinya kopi bubuk cenderung memakai alat atau mesin yang sederhana dan pabrik kopi bubuk terbilang tidak besar sedang kopi instan biasanya memakai teknologi mesin yang canggih dan pabrik kopi yang luas dan modern serta mempunya brand kopi yang sudah dikenal.

3. Kadaluarsa

Perbedaan kopi bubuk dan kopi instan dilihat dari batas waktu penggunaan kopi, kopi bubuk lebih cenderung paling kuat seminggu atau beberapa hari saja itupun aromanya kadang sudah berubah bahkan bisa berjamur maka direkomendasikan jika mempunyai atau membeli kopi bubuk hendaknya dalam wadah tertutup serta kedap udara.
Sedang kopi instan biasanya batas waktu kadaluarsa lebih lama karena kemasan yang kedap udara asal disimpan ditempat yang kering dan sejuk tidak lembab.

Baca juga : Manfaat kopi hitam untuk kesehatan dan kecantikan

4. Aroma kopi

Dilihat dari segi aroma kopi instan lebih cenderung aroma khas kopi berkurang dikarenakan misal ditambahkan sesuatu zat yang lain kedalam kopi sehingga mengubah aroma kopi itu sendiri. Seperti yang telah dibicarakan bahwa tiap-tiap produk kopi instan berbeda aromanya.
Sedang kopi bubuk aroma khas kopi alami karena tidak dikurangi dan tidak melewati proses lain dan penambahan kimia lainnya.

5. Kandungan Kafein dan lainnya

Kadar kafein dalam kopi instan akan berkurang karena melewati proses yang panjang daripada kopi bubuk sehingga kandungan kafein kopi instan cenderung berkurang sehingga tidak efektif untuk mengusir ngantuk. Jelas kopi bubuk lebih lental kafein dan sangat efektif agar mata anda tetap terjaga.

Begitupun kopi instan bisa saja mengandung pemanis buatan, penguat rasa dan aroma ciri khas bran terntentu dan bisa saja mengandung pengawet yang tidak tidak baik untuk kesehatan. Sedang kopi bubuk alami selama memenuhi prosedur alami tanpa unsur pengubah rasa, pengawet buatan dan penguat aroma atau rasa.

Baca juga : Beberapa perbedaan kopi robusta dan arabika

6. Ampas kopi
Kopi bubuk memilik ampas yang banyak sehingga menciptakan limbah tetapi limbah yang baik untuk lingkungan dan sangag baik sebagai pupuk, karena proses penggilingan kopi bubuk yang tidak panjang dikarenakan proses yang sederhana. Sedang kopi instan melalui proses yang sangat panjang sehingga sangat sedikit ampas bahkan kopi tanpa ampas sekalipun.

8. Desain kemasan
Kemasan kopi bubuk boleh dibilang sederhana dan tidak mempunyai brand kemasan terkenal diumum sedang desain kemasan kopi instan mencolok dan enak dipandang.

9. Budget
Biaya untuk kopi imstan tergolong super murah hanya untuk segelas kopi anda bisa membeli kopi sachet kopi dalam satuan atau bahkan sati renteng kopi instan dengan budget yang murah. Sedang untuk menikmati berbagai macam kopi bubuk dari berbagai jenis kopi maka bersiap-siaplah anda mengeluarka budget yang tidak sedikit belum lagi anda harus membeli pemanis kopi jika hemdak membuat kopi dengan kopi bubuk atau istilah kerennya kopi tubruk.

Mau pilih mana, memilih kopi tergantung selera anda mau kopi bubuk atau kopi instan. Jika memilih kopi instan anda akan merogoh kocek sedikit dan biasanya harganya lebih murah dan enteng di seduh bahkan kopi tanpa ampas dan tersedia dimana saja baik warung maupun supermarket. Jika memilih kopi bubuk anda akan dihadapkan ampas dan membuat kopi sendiri atau istilah orang menamai kopi tubruk atau di gerai kopi terdekat, kopi juga harganya tidak semurah kopi instan bahkan memburu ke tempat kopi yang sesuai lidah anda.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Kopi Bubuk Dan Kopi Instan Mau Pilih Mana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel