Jenis-Jenis Website Berdasarkan Sifat, Fungsi Dan Contohnya

Banyak website bertebaran di internet berisi berbagai informasi terkini yang diperlukan oleh pencari tergantung keyword yang anda cari.
Jenis-Jenis Website Berdasarkan Sifat, Fungsi Dan Contohnya
Website adalah media yang dirancang menggunakan kode script yang diantaranya kita bisa mengisi dengan konten yang berisi teks, link video, gambar sehingga dapat ditampilkan saat dibuka melalui browser baik di ponsel maupun komputer.

Pada kenyataannya banyak jenis-jenis website bertebaran di internet yang tentunya sangat berguna untuk sharing informasi dan konten dan keperluan lainnya dengan cepat dalam hitungan detik.

Berikut jenis-jenis website berdasarkan media flatformnya

Jika anda hendak membuat website perlu memilih jenis website yang dinilai sangat mudah untuk anda untuk sharing konten di internet, jenis website berdasarkan media flatform diantaranya :

1. CMS
CMS atau content managing system adalah sebuah aplikasi yang tersusun dengan kode yang memudahkan user dalam pembuatan dan mengatur konten dalam sebuah website.

Yang menggunakan cms diantaranya wordpress, joomla, drupal yang memberikan pembuatan website secara gratis dengan menggunakan CMS.

Dengan menggunakan wordpress atau website berbasis CMS anda bisa dengan mudah buat website, apakah untuk website pribadi, perusahaan, blog atau toko online sekalipun dan bisa menggunakan wordpress hosting.

2. Website builder
Website builder adalah pembuatan website yang telah dibuat oleh developer sehingga memudahkan anda meskipun tanpa mengetahui dasar kode atau desain sekalipun dengan cepat.

Website builder biasanya menawarkan sebuah paket dan plan bagi pengguna dan disediakan juga seperti hosting dan domain dan lainnya dari pengembang. Contoh website builder seperti weebly dan juga wix site builder.

3. HTML CSS Dan kode script
Untuk membangun website dengan html, css dan kode lainnya semisal kode script css atau js atau php mungkin anda perlu belajar dan memahami dengan kodenya.

Jenis-jenis website berdasarkan sifatnya


Jenis website berdasarkan sifatnya dapat dibedakan menjadi  website statis dan dinamis :


1. Website statis

Website static atau Website statis adalah website yang dalam pembuatan dan pembangunannya menggunakan kode css, html oleh developer tentu untuk membuat website statis anda memerlukan pengetahuan tentang HTML dan CSS untuk design website itu sendiri. Website statis tidak flexible tetapi anda bisa mengeditnya sekehendak anda tetapi jika ingin membuat kepada developer biayanya akan sangat lumayan.

Jenis website ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang ingin memperkenalkan produknya dan juga terkait kontak dan alamat perusahaam yang tidak membutuhkan banyak postingan dan sifatnya tidak kontunyu tetapi jika diperlukan saja serta tidak membutuhkan banyak database dan sifatnya alakadarnya mengenai informasi sebuah perusahaan.

2. Website dinamis

Website dinamis adalah website yang digunakan setiap waktu atau berkala seiring dengan keinginan pengguna website itu sendiri sifatnya lebih fleksible. Website dinamis terusun atasa HTML (Hyper Text Markup Language) dan CSS (Casecading Style Sheet) juga menggunakan bahasa pemrograman semisal java script, PHP, Phyton sehingga lebih flexibel tidak perlu banyak pengeditan secara default kecuali ingin mengubah sedikit tampilan dan tambahan lainnya biasanya develover menyediakan hal itu misal dalam pengeditan template seperti css, dll.

Dan untuk setiap konten yang dipublish secara otomatis konten akan disesuaikan dengan database karena sudah disiapkan untuk menyortir konten yang akan kita publish secara otomatis asalkan kita menyusun database konten secara baik. Misalnya wordpress, blogger, joomla.

Baca juga Perbedaan website dan blog

Jenis-jenis website berdasarkan fungsinya atau tujuannya :


Jenis website yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan pembuatan website dengan berbagai fungsi atau tujuan itu sendiri yang diantaranya :

1. Website pribadi atau blog
Website yang tujuan untuk kepentingan pribadi misalnya untuk sekedar menyalurkan bakat menulis dan bahkan diantaranya dijadikan pekerjaaan dalam blogging seperti mereview produk, sharing pengalaman, dsb.

2. Website company atau perusahaan
Websiye yang digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan barang dan jasa kepada pelanggan lama maupun baru disertai dengan informasi kontak, tentang perusaahaan, history perusahaan.

3. E-Comerce / Toko online
Website berdasarkan fungsinya ketiga adalah website ecomerce atau toko online yang digunakan untuk kebutuhan comercial atau jualan online seperti jual baju atau produk yang dijual secara online baik untuk yang mengenal website tersebut atau orang yang mencari lewat search engine. Contoh Amazon, Ebay.

4. Content marketing (Blogging)
Website ini ditujukan untuk konten marketing oleh admin website tersebut biasanya berisi tentang tutorial atau tips dan trik dan informasi yang lebih luas lagi berdasarkan niche blog yang mereka siapkan dengan kata kunci tertentu.

5. Komunitas online
Website yang fungsinya untuk komunitas tertentu dengan berbagai keperluan yang diisi berbagai komunitas dalam satu website atau bisa juga dengan komunitas tertentu secara spesifik.

7. Organisasi, Lembaga dan pemerintah
Website yang ditujukan untuk keperluan suatu organisasi, lembaga ataupun pemerintah yang ditujukan sebagai media informasi tentang organisasi, instansi pemerintah maupun lembaga tersebut. Contoh website kalau di Indonesia sendiri untuk intsansi pemerintahan menggunakan url domaim di akhir .go.id dimana go diambil dari bahasa inggris yaitu governmennt sedangkan id berarti menunjukan indonesia itu sendiri. Sedangkan untuk organisasi biasanya memakai url website .org atau or.id dimana or atau org adalah organization dan id itu adalah indonesia. Untuk luar negeri seperti amerika biasanya menggunakan .gov yaitu government juga.

8. Forum online
Website yang ditujukan untuk suatu forum untuk mendiskusikan sesuatu yang mempunyai nilai bagi website forum tersebut.

9. Website pendidikan atau edukasi
Isinya biasanya berupa kegiatan atau pembahasan suatu pendidikan, kegitan sosial dalam edukasi, dsb. Contoh website url biasanya yang digunakan seperti .ac.id dimana ac berarti academy dan id merupakan kode negara indonesia. Untuk luar negeri sendiri biasanya menggunakan .edu atau education untuk sebuah universitas.

10. Website berita dan informasi
Biasanya website ini berita tentang hot news, berita viral dan juga informasi lainnya yang lebih luas mengenai ekonomi, bisnis, investasi, dsb.

11. Media Sharing
Website yang ditujukan sebagai media sharing seperti conten bergambar (photo), file berupa pdf, mp3, video. Seperti website besar youtube, soundcloud, 4shared, dll.

12. Media sosial
Mungkin anda tidak asing lagi yaitu website yang ditujukan untuk interaksi dengan user lain seperti facebook, twitter, dll.

13. Cloud
Website yang menyediakan jasa penyimpanan awan atau penyimpanan online untuk file seperti dokumen office, file mp3, video, dsb. Contohnya mediafire, google drive, iCloude, One Drive, dsb.

14. Search engine
Website yang tujuannya untuk mencari imformasi berdasarkan kata kunci untuk segala macam dan hanya kolom pencarian saja saat anda menuju url tersebut. semisal google search, yahoo search, bing, dsb.

Sebenarnya masih banyak lagi website sesuai fungsinya atau konten. Jika anda ingin membuat website maka tentukan mana yang akan anda pilih.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Website Berdasarkan Sifat, Fungsi Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel