Kenali Perbedaan Listrik Prabayar Dan Pascabayar

Listrik merupakan energi yang sangat berperan penting dalam kehidupan kita. PLN menyediakan layanan listrik kepada pelanggan melalui dua yaitu listrik prabayar dan pasca bayar. Sebelum terbit listrik prabayar, masyarakat telah mengenal sistem pasca bayar, ada masyarakat yang migrasi ke prabayar ada juga yang bertahan di pasca bayar karena kebingungan cara daftar migrasi ke pasca bayar, penggantian biaya meteran atau mungkin tiada biaya untuk migrasi ke pasca bayar.
Perbedaan Listrik Prabayar Dan Pascabayar
Listrik pasca bayar dimana tagihan listrik semua rincian melalui rekening listrik diakhir bulan penggunaan listrik dimana pelanggan listrik bisa mengatur pemakaian listrik itu sendiri, nah sudahkah anda tahu perbedaan listrik prabayar dan pasca bayar atau mungkin sebab-sebab lain.

Perbedaan listrik prabayar dan listrik pasca bayar


Listrik prabayar adalah listrik yang pembayaran diawal melalui sistem pulsa listrik dan diisi dengan nomor sistem token yang dimasukan melalui meteran prabayar ini. Listrik prabayar disebut juga listrik pintar. Meteran listrik prabayar terdapat angka numerik untuk memasukan atau mengisi token atu pulsa listrik.

Listrik pascabayar adalah listrik yang pembayannya dilakukan saat meteran listrik telah memberitahu untuk diisi pulsa atau token sehingga bisa kapan saja untuk diisi. Meteran listrik pasca bayar tidak terdapat angka nomerik. Itulah bedanya listrik prabayar dan pascabayar.

Kelebihan listrik prabayar :

- Pelanggan lebih bisa mengatur dan mengendalikan pemakaian listrik
Masyarakat sebagai pelanggan PLN listrik prabayar akan mudah mengontrol penggunaan listrik sehari-hari melalui meteran listrik prabayar jika dirasa penggunaan listrik boros maka masyrakat bisa mengatur pemakaian listrik.

- Penggunaan listrik bisa sesuaikan dengan anggaran belanja pelanggan
Dengan berbagai ketersedian token pulsa listrik mulai dari yang rendah hingga yang tinggi masyarakat akan mudah memilih sesuai anggaran dana.

- Tidak dikenakan biaya keterlambatan pembayaran
Dikarenakan dibayar dimuka maka listrik pascabayar tidak akan dikenakan terlambatnya bayar meskipun listrik padam karena tidak mengisi pulsa listrik. Tidak akan ada kasus pemutusan listrik jika tidak diisi token.

- Ketersedian pulsa listrik atau token mudah ditemukan
Pembelian token atau pulsa listrik akan mudah ditemukan dan tersedia dimana saja, melalui ATM, pembelian pulsa listrik secara online dan melalui

- Cocok bagi pengusaha kos-kosan atau rumah kontrakan

Bagi pemilik kos-kosan dan rumah kontrakan tidak akan khawatir terkait tagihan listrik yang belum atau tidak dibayar dan bisa menyesuaikan dengan budget untuk pembelian token listrik karena merupakan kewajiban bagi penyewa.

- Privasi pelanggan listrik PLN lebih terjaga

Segala sesuatu diatur oleh pelanggan listrik itu sendiri terkait listrik pascabayar karena tidak akan ada pengontrolan penghitungan tagihan listrik. Serta bebas dari berbagai penipuan mengatasnamakan PLN.

Kekurangan listrik sistem prabayar

- Bagi pengguna baru harus menyesuaikan penggunaan listrik
Bagi pemakai listrik ini harus bisa mengatur penggunaan listrik jika memang dirasa boros dalam penggunaan listrik bulanan.

- Meteran listrik prabayar mudah error

Kesalahan memasukkan token listrik bisa menyebabkan error sehingga membutuhkan beberapa menit agar meteran listrik kembali normal untuk memasukan kode token listrik sehingga meteran pln prabayar sangat sensitif.

- Pemilik kos-kosan bisa menggunakan lebih dari satu meteran

Bagi pemilik rumah kos-kosan atau kontrakan bisa memasang lebih dari satu pada setiap rumah yang akan disewakan.

- Bunyi peringatan mengganggu

Nada peringatan sangat mengganggu apalagi jika bunyi pada malam hari saat anda tengah tertidur dan juga mengganggu orang lain sehingga perlu memijit sembarang tombol untuk menghentikannya.

- Pembelian token tidak dapat dilakukan pada retail tertentu

Karena keterbatasan pelanggan pln listrik prabayar tidak dapat membeli pulsa listrik pada saat jam 23.00-02.00.

Baca juga : Cara menghemat energi listrik secara bijak

Kelebihan listrik pascabayar

- Pemakaian listrik tidak akan terganggu
Penggunaan listrik pelanggan pascabayar tidak akan terganggu dengan bunyi meteran dan listrik akan terus ada selama pelanggan terus membayar listrik dengan disiplin.

- Tidak direpotkan untuk pembelian token listrik
Karena membayar diakhir bulan setelah penggunaan listrik PLN maka masyarakat tidak akan direpotkan untuk membeli pulsa listrik karena akan dibayar tagihan listrik pada setiap akhir bulan.

- Cocok bagi rumah pribadi

Listrik pascabayar lebih cocok bagi rumah pribadi yang memiiki banyak peralatan elektronik dan mengkonsumsi listrik yang besar.

Kekurangan Listrik pascabayar

- Tagihan bisa membengkak

Tanpa ada pengontrolan pemakaian listrik pada pelanggan listrik PLN prabayar akan menyebabkan rekening listrik membengkak tanpa disadari.

- Terdapat sanksi jika terlambat

Pelanggan PLN listrik pascabayar akan dikenai sanksi jika terlambat membayar tagihan listrik bahkan terkena dipadamkan listrik.

Sebagai pilihan lebih hemat mana listrik prabayar atau pasca bayar :

Jika berbicara hemat mana tergantung pilihan anda dimana token isi pulsa listrik prabayar beragam mulai dari 20.000-1.000.000. Dan tergantung cara pemakaian listrik untuk menghemat listrik itu sendiri serta tidak mengenal batas minimum pembayaran listrik seperti pada pascabayar.

Listrik pasca bayar jika tanpa penggunaan terdapat batas minum penggunaan listrik, jika tidak dipakai anda tetap membayar batas minimum tersebut. Jika lebih yah batas minimum ditambah konsumsi listrik yang dipakai.

Berbicara hemat mana itu tergantung pilihan anda juga pemakaian konsumsi listrik. Jika listrik prabayar mudah dikontrol pemakaiannya dan jika dirasa boros maka harus intent terhadap pemakaian listrik tersebut baik prabayar maupun pascabayar.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Kenali Perbedaan Listrik Prabayar Dan Pascabayar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel