Cara Menghemat Energi Listrik Secara Bijak

Listrik adalah energi hal yang sangat pokok dan mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk menyalakan dan mempergunakan perangkat elektronik. Tanpa energi listrik kita tidak akan pernah bisa menghidupkan peralatan elektronik kita. Segala sesuatu menggunakan energi listrik semisal mengisi daya baterai smartphone, mengisi mobil tenaga listrik dan pemakaian peralatan rumah yang memakai energi listrik.
Cara Menghemat Energi Listrik Secara Bijak
Hemat energi listrik harus dilakukan sejak dini mulai dari rumah kita, mengapa kita harus menghemat energi listrik? Karena dengan menghemat energi listrik maka pembayaran tagihan listrik bulanan maupun pembelian token listrik bulanan dapat ditekan sehingga pembiayaan listrik tidak membengkak sehingga bisa dialihkan kepada pembiayaan rumah tangga yang lainnya.

Tidak hanya itu dengan cara menghemat listrik juga akan menghemat pasokan listrik negara atau sumber energi listrik negara yaitu PLN atau Perusahaan listrik negara sebagai pengatur dan pemlihara jaringan listrik dan tentu penghematan listrik tergantung dari pemakaian listrik masing-masing pelanggan listrik itu sendiri.

Baik listrik pra bayar dengan rekening tagihan listrik maupun pasca bayar dengan token listrik atau pulsa listrik dapat ditekan agar hemat dan tergantung kita dalam pemakaian energi listrik baik dan bijak. Membeli token listrik atau pulsa listrik serta membayar rekening tagihan listrik bisa anda lakukan melalui alfamart, indomart bahkan melalui bank dengan rekening tabungan atau ATM anda bahkan juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi secara online di smartphone.

Oleh karena itu agar dapat menghemat energi listrik harus berperan semua fihak termasuk penggunaan listrik di rumah kita maupun perusahaan kecil mupun besar sebagai penikmat energi listrik.

Berikut cara menghemat energi listrik secara bijak untuk menekan biaya tagihan rekrning listrik maupun pulsa token listrik :


Bagaimanakah cara menghemat energi listrik agar listrik hemat dan menekan pembelian token listrik atau tagihan listrik PLN membengkak? Ikuti caranya dibawah 

1. Beralih dari peralatan atau perlengkapan yang boros listrik ke hemat listrik

Banyak perusahaan yang membuat perlengkapan atau peralatan elektronik hemat listrik tentu merupakan hal yang menguntungkan bagi kita untuk menekan pembiayaan energi listrik rumah. Misal mengganti lampu pijar dengan lampu neon yang hemat listrik atau menggunakan lampu LED yang notabene dapat memangkas penggunaan atau pemakaian listrik agar tidak boros dan tetap hemat. Banyak juga peralatan rumah yang hemat serta ramah energi listrik semisal mesin cuci hemat listrik, kulkas hemat listrik, pemanas air mandi hemat listrik serta biasanya ada pada saat membeli peralatan elektronik tertera tulisan save energy atau save electric di kemasan atau dus perangkat elektronik tersebut, dll.

2. Matikan listrik jika tidak dipergunakan

Menghemat energi listrik baik di rumah, sekolah, perusahaan, kantor atau dimana saja dapat dilakukan ilakukan dengan cara mematikan listrik yang tidak dipakai, misalkan
- Jika anda mempunyai televisi lantas acara tv tidak ditonton oleh anda atau keluarga lebih baik dengan mematikan TV
- Mematikan penarik atau pendorong air jika air tidak digunakan atau air sudah penuh
- Mematikan komputer jika tidak digunakan sehingga tidak dibiarkan menyala secara terus menerus.
- Gunakan AC seperlunya saja
- Gunakan mesin cuci hanya jika cucian sangat menumpuk
- Gunakan setrika seperlunya saja jika pakaian sangat kusut.
Sehingga dengan demikianenergi listrik tidak dibuang percuma dan tentunnya dapat menghemat token listrik yang telah anda isi ke meteran listrik atau mengurangi rekening tagihan listrik yang akan dibayar dibulan selajutnya.

3. Mempergunakan energi listrik dengan bijak

Salah satu faktor penting hemat energi listrik adalah dengan mempergunakan energi listrik dengan bijak semisal mematikan lampu jika mau istirahat atau tidur, memilih peralatan listrik dengan watt yang kecil tentu saja peralatan rumah tangga semisal sanyo yang mempunyai 150 watt lebih besar ketimbang yang 100 watt maka pilih yang mempunya watt terkecil itupun harus sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca juga : Kenali perbedaan listrik prabayar dan pascabayar

4. Atur pencahayaan ruangan

Cara hemat listrik diantaranya dengan mengatur pencahayaan ruangan yang baik dirumah atau perusahaan kita sehingga mengurangi pemborosan energi listrik waktu siang hari terhadap pengguanaan lampu pada siang hari. Kalau perlu hentikan atau sesuaikan ketergantungan terhadap listrik jika masih tidak mengganggu aktifitas anda.

5. Matikan listrik jika mempunyai listrik tenaga surya

Jika rumah anda atau perusahaan ada perangkat listrik tenaga surya mengapa tidak anda matikan listrik yang memakan pembiayaan listrik dan penggunaan energi listrik negara disamping anda menghemat pasokan listrik negara juga hemat pembayaran listrik prabayar atau pasca bayar anda.

6. Putuskan hubungan listrik

Cara menghemat listrik dapat dilakukan dengan mematikan stop kontak atau saklar listrik untuk memutuskan perangkat elektro dengan arus listrik.

7. Gunakan alat penghemat listrik

Cara mrnghemat listrik dengan cara memakai alat penghemat listrik sehingga dapat menekan energi listrik agar selalu hemat biasanya untuk mestabilkan arus listrik sebagai stabilizer perangkat elektronik sehingga tidak terlalu menyedot energi listrik.

Demikian cara mrnghemat listrik secara bijak dari omevan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghemat Energi Listrik Secara Bijak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel