Jenis Vitamin Dan Fungsinya Untuk Tubuh Juga Kesehatan

Manusia tanpa nutrisi dan gizi yang baik tidak dapat tumbuh dan berkembang hal ini juga terkait dengan vitamin. Vitamin adalah merupakan senyawa atau zat yang diperlukan oleh tubuh agar dapat tumbuh dan berkembang yang tidak diproduksi oleh tubuh namun sangat penting jika kekuranga dan kelebihan vitamin atau tidak seimbang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jenis vitamin banyak dan diperlukan tubuh begitupun manfaat atau fungsi vitamin akan dirasakan oleh tubuh dan kesehatan.
Jenis Vitamin Dan Fungsi Vitamin Untuk Tubuh Juga Kesehatan
Jenis vitamin sangat banyak begitupun fungsi vitamin sangat berperan penting untuk kelangsungan, tumbuh kembang seorang manusia.

Jenis vitamin dapat dibedakan menjadi dua yaitu vitamin yang tidak larut dalam air semisal vitamin A, D, E serta K. Bahwa vitamin tersebut bisa larut atau menyatu dengan lemak untuk diolah oleh tubuh. Kedua adalah vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B, C. Mengkonsumsi vitamin keduanya jangan terlalu berlebih, tetapi secukupnya saja sesaui keperluan tubuh jika terlalu berlebihan akan berakibat tidak baik pula bagi tubuh.

Jenis vitamin dan fungsi vitamin bagi tubuh juga kesehatan sebagai berikut :


Adapun jenis vitamin dapat ditemui dari makanan berupa buah-buahan maupun sayuran yang kita jumpai dan konsumsi sehari-hari maupun berupa suplemen maupun multivitamin baik berupa cairan maupun kaplet untuk mencukupi berbagai vitamin agar tubuh berfungsi dengan baik banyak manfaat vitamin bagi kesehatan tubuh.

1. Vitamin A

Fungsi vitamin A untuk memelihara kelangsungan mata agar kesehatan penglihatan terjaga juga daya tahan tubuh atau sistem imun. Vit A juga mempunyai peranan membantu pembentukan gen serta protein.
Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rentan infeksi juga gangguan penglihatan seperi rabun, katarak, .

2. Vitamin B

Fungsi vitamin B adalah untuk menyimpan cadangan energi berupa vitamin B6 serta melepaskan energi berupa B12 yang diperlukan tubuh untuk bergerak.

Kekurang vutamin B bisa berakibat peradangam, paranoid, lesu, paranoid, anemia, dsb.

Jenis vitamin B terdapat pada wortel, pepaya, pisang, dsb.

3. Vitamin C

Fungsi vitamin C yaitu melawan radikal bebas yang dapat merusak DNA dan membantuk membentuk kolagen.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan mulut kering, tidak cepat sembuh, rentan terhadap bakteri dan virus, kulit keriput, dll.

Jenis vitamin c banyak terdapat pada sumber makanan seperti jeruk, apel, strowberry, tomat, apel, dll.

Baca juga : Manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh

4. Vitamin D

Fungsi vitamin D adalah membantu penyerapan fosfor dan penyerapan kalsium yang penting untuk memperkuat tulang dn gigi dan penting untuk syaraf.

Kekurangan vitain D dapat mengakibatkan kelainan tulang atau rakitis bagi dewasa dan osteomalacia bagi anak kecil.

Sumber makanan untuk jenis vitamin d diantaranya terdapat pada susu, ikan, telur, mentega juga sinar matahari waktu pagi.

5. Vitamin E

Vitamin e mempunyai fungsi untuk memproteksi membran sel, menghindari pembekuan darah yang berlebihan juga memasok oksigen ke darah.

Gejala kekurangan vitamin E yaitu terganggunya sistem reproduksi serta sistem peredaran darah.

Jenis vitamin e terdapat pada minyak ikan, kuning telur, dll.

6. Vitamin K

Vitamin K berfungsi untuk dapat membantu pembekuan darah. Adapun gejala yang timbul akibat kekurangan vitamin K adalah darah menjadi hitam pekat, terdapat darah beku disekitan bawah kuku serta mudah biru lebam.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Vitamin Dan Fungsinya Untuk Tubuh Juga Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel