Cara Mencegah, Akibat Dan Penyebab Terjadinya Kebakaran Hutan Dan Lahan

Kebakaran perlu kita hindari termasuk lebakaran hutan yang sering terjadi apakah saat musim kemarau atau penghujan. Kebakaran hutan bisa terjadi dan diakibatkan oleh kelalaian atau ulah manusia secara sengaja atau juga tanpa ada unsur kelalaian manusia (secara alamiah).

Kebakaran hutan adalah terbakarnya hutan atau lahan dikarenakan oleh ulah atau kelalaian manusia baik dilakukan secara sengaja atau tanpa disengaja sehingga menyebabkan terganngunya alam juga lingkungan disekitarnya.
Cara Mencegah, Akibat Dan Penyebab Terjadinya Kebakaran Hutan Dan Lahan
Cara mencegah kebakaran hutan dapat dimulai dari kita sendiri maupun dengan cara menghimbau orang untuk menghindari kebakaran hutan karena bisa mengakibatkan gangguan terhadap alam maupun kita sendiri.

Kita sering melihat berita kebakaran hutan di Indonesia seperti kalimantan, Riau yang rutin setiap tahun bukan hanya saja di provinsi tersebut tetapi negara tetangga juga ikut terganggu bahkan kita mendengar kebakaran hutan amazon baru-baru ini yang merupakan bencana kebakaran hutan.

Penyebab terjadinya kebakaran hutan diantaranya :


1. Membuang puntung rokok

Penyebab kebakaran dapat disebabkan oleh puntung rokok yang dibuang tanpa dimatikan terlebih dahulu apalagi jika disekira hutan tersebut banyak semak yang kering secara otomatis dapat menimbulkan hal ini.

2. Membakar semak belukar

Dikarenakan ingin memudahkan untuk menghilangkan semak atau belukar yang sudaah kering, orang dengan sengaja membakarnya lantas menjalar kemana-mana bahkan pohon juga ikut terbakar.

3. Membakar hutan secara disengaja

Terkadang ada fihak yang sengaja membakar hutan dengan niat untuk memperluas area hutan atau kawasan hutan karena kepentingannya sehingga menyebabkan hutan terbakar dan meluas ke area hutan lainnya.

4. Hutan terbakar secara alamiah

Kebakaran hutan dapat secara alamiah terjadi diakibatkan oleh bebatuan yang saling tergesek sehingga menyebabkan percikan api hingga membuat hutan kebakaran.

Akibat kebakaran hutan bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan

Hutan yang terbakar akan mengakibatkan banyak masalah juga kerugian disekitar anda sendiri diantaranya dampak kebakaran hutan

1. Hutan menjadi gundul

Kebakaran hutan yang hebat dan meluas akan menyebabkan hutan menjadi gundul disamping itu tidak sedap dipandang mata. Selain itu hutan yang terbakar lalu gundul bisa menyebabkan erosi maupun longsor pada saat turun hujun jika hutan tersebut di area bukit.

2. Pasokan air berkurang

Kebakaran hutan akan mengakibatkan kekurangan air atau debit pasokan air berkurang karena hilangnya pepohonan disekitar hutan karen pohon-pohon bisa menyimpan cadangan air bagi manusia.

3. Polusi udara

Kebakaran hutan bisa menyebabkan dampak polusi udara jika kawasan hutan terbakar maka asapnya akan menyebar luas kepada kita. Dampak kebakaran hutan bagi pernapasan manusia dapat  mengakibatkan gangguan pernapasan atas (ISPA), penyakit paru-paru obstruktif kronik, asma dan penyakit lain yang mengganggu kesehatan. Kekurangan oksigen yang disebabkan udara tercemar oleh asap juga keterbatasan pandangan atau penglihatan transportasi darat apalagi jika menjangkau perkotaan akan menyebabkan kegiatan dan kehidupan roda perekonomian terganggu juga transportasi penerbangan akibat asap kebakaran hutan.

4. Rusaknya ekosistem flora dan fauna

Hutan yang terbakar akan merusak ekosistem flora dan fauna baik mati karena kebakaran maupun akan menyebabkan satwa liar seperti ular, babi hutan akan turun ke pemukiman karena habitatnya dan makanan berkurang sehingga dapat mengganggu dan mengancam penduduk. Daripada membakar lahan atau hutan lebih baik kita gunakan pepohonan dinanfaatkan dengan baik misalnya dijadikan kayu bahan bakar dengan syarat meminta izin dulu.

5. Kerugian ekonomi

Hutan yang terbakar bukan saja dampaknya terhadap kita dan alam juga tetapi secara ekonomi pula, jika ada sejumlah banyak pohon maka pohon tersebut tidak bisa dijual maka ini merupakan kerugaian finansial setelah habis kebakranpun begitu harus menanam kembali agar hutan kembali hijau dan itupun membutuhkan finansial yang cukup lumayan.

Baca juga : Pemanasan global : pengertian, dampak dan cara mengatasinya

Bagaimana cara mencegah kebakaran hutan agar tidak meluas

Ibarat pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati begitupun hutan yang sangat strategis bagi kelangsungan hidup manusia bagaimana jika terbakar tentunya akan mengganngu kehidupan kita sehingga kita perlu cara mengatasi dan menanggulangi kebakaran hutan.

Berikut cara mencegah kebakaran hutan :

1. Jangan membuang yang dapat menyebabkan kebakaran

Membuang sesuatu yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan hendaknya dihentikan seperti membakar semak tanpa diperhatikan atau membuang puntung rokok dihutan.

2. Mencegah pembakaran hutan yang disengaja

Mencegah pembakaran hutan harus dilakukan kerjasama antar pemerintah juga masyarakat baik dampak maupun akibat dari pembakaran hutan sehingga masyarakat peduli akan pentingnya ekosistom alam biasanya fihak yang membuka lahan membakar lahan secara sengaja untuk meluaskan lahan.

3. Mencegah pembakaran yang tanpa disengaja

Jika anda misal terlibat suatu perkempingan disuatu hutan atau lahan dengan menyalakan api unggun maka usahakan dan yakinkan agar api tersebut padam.

4. Cepat tanggap 

Upaya pencegahan kebakaran hutan jika terjadi yaitu dengan memadamkan api sehingga tidak merembet ke lahan hutan lainnya.

5. Memadamkan api dengan hujan buatan

Memadamkan api yang meluas mungkin tidak akan dapat dipadamkan segera oleh petugas maka memadamkan api dengan hujan buatan akan efektif untuk memadamkan kebakaran hutan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencegah, Akibat Dan Penyebab Terjadinya Kebakaran Hutan Dan Lahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel