Pemanasan Global ; Pengertian, Dampak Serta Cara Mengatasinya

Setiap tahun pemanasan suhu iklim bumi selalu mengalami peningkatan suhu iklim yang signifikan dikarenakan ulah manusia itu sendiri terhadap alam di bumi.

Beberapa badan di dunia bahkan secara real mengikuti perkembangan pemanasan global atau global warming ini yang bisa mengakibatkan banyak efek negatif jika kita tidak cegah dari sekarang.
Pengertian pemanasan global, dampak serta cara mengatasinya
Lantas apa yang dimaksud pengertian pemanasan global atau global warming ini :

Pemanasan global adalah dimana suhu iklim permukaaan bumi meningkat diatas rata-rata suhu iklim bumi dikarenakan banyak faktor dan bisa berakibat jangka panjang jika kita tidak memelihara bumi ini sebaik mungkin.

Bahkan kita telah merasakan dalam situasi ini dimana suhu bumi antara tahun ini berbeda-beda dengan tahun belakangan betapa suhunya semakin meningkat dan kita rasakan sendiri pemanasan global ini.

Lantas apa penyebab dan dampak yang diakibatkan dari pemanasan global :

Banyak faktor yang mendukung meningkatnya suhu permukaan bumi yang diantaranya :

- Pembangunan rumah atau gedung kaca

Kita tahu seiring perkembangan jaman pembangunan rumah semakin modern dengan design rumah yang simple dan pemorderenisasian yang signifikan terutama di kota-kota besar dengan gedung - gedung dan rumah - rumah yang tinggi yang telah dan sudah dibangun dengan kaca. Tentu saja akan berakibat dalam jangka panjang terutama merusak lapisan ozon. Dimana ozon ini melindungi bumi dari paparan sinar matahari jika lapisan ozon ini telah terkikis habis sudah pasti sinar mataharipun tidak dapat tersaring.

- Polusi udara, metan, karbondioksida

Polusi udara menjadi masalah pelik terutama di negara maju juga negara berkembang dimana asap kendaraan yang tidak lolos uji emisi, pabrik besar dan ukm yang menyumbang asap dari bahan bakar fosil, batu bara dan bahan bakar kayu yang sangat berbahaya dan mengandung asap karbondioksida yang bukan hanya menjadi racun untuk kita tetapi juga untuk alam bumi kita dengan meningkatnya suhu bumi.

- Pembakaran dan penebangan hutan

Pembakaran dan penebangan hutan banyak sering terjadi terutama di pelosok daerah yang masih asri hutannya, aktivitas pembakaran dan penebangan hutan sering dilakukan oleh fihak - fihak yang tidak bertanggung jawab entah alasannya apa.

Pembakaran hutan juga kadang sering terjadi karena faktor ketidak sengajaan atau faktor alam yang menyebabkan hutan terbakar. Untung saja pemerintah mengatur hutan lindung jadi tidak sembarang orang untuk melakukan hal yang tidak - tidak.

Aktivitas tersebut sudah barang tentu meningkatnya suhu panas permukaan bumi.

- Pemakaian atau penggunan bahan kimia

Pemakaian dan penggunaan bahan kimia juga bisa berakibat peningkatan global warming seperti penggunaan pupuk kimia yang mengandung panas

Dampak pemanasan global bagi alam sekitar

Dengan meningkatnya global warming dapat menyebabkan dampak bagi alam dibumi kita dan dapat kita rasakan dan dilihat dengan mata kepala kita sendiri :

- Rusaknya lapisan ozon

Pembangunan rumah kaca dapat merusak lapisan ozon yang merupakan pelindung bumi dari matahari, beberapa tahun belakang para peneliti menyatakn bahwa lapisan ozon telah mengalami kerusakan dan menipis yang diakibatkan dari pantulan rumah kaca.

Lapisan ozon yang menipis dapat mengakibatkan tidak tersaringnya sinar matahari sehingga sangat berefek pada manusia itu sendiri seperti sinar ultraviolet daridari mata yang dapat menyebabkan kanker.

- Mencairnya Puncak es di kutub utara dan selatan

Dengan mencairnya es di kedua kutub dapat menyebabkan permukaan air laut meningkat dan juga habitan hewan disan menjadi terganggu.

- Pergantian musim tidak teratur
Pemanasan global berakibat pergantian musim menjadi tidak teratur tidak seperti dulu dan susah ditebak pergantian antara musim hujan dan kemarau. Pergantian yang ekstrim dapat menjadi bumerang terutama pada pertanian menjadi gagal pannen karena musim tidak bisa diprediksi dan tidak bersahabat.

- Membahayakan ekosistem laut terutama terumbu karang
Dengan kondisi perubahan iklim yang drastis para ilmuwan sendiri mengkhawatiri terumbu karang yang tidak bisa beradaptasi dengan baik terhadap kondisi tersebut.

Baca juga : Cara mencegah, akibat dan penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan

Cara mengatasi pemanasan global atau global warming


1. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor

Penggunaan kendaraan bermotor menjadi penyumbang terbesar dampak pemanasan global yang menyumbang asap CO2, untuk menghindari global warning kita bisa dengan mengurangi penggunaan motor pribadi.

2. Menjaga keseimbangan alam

Menjaga keseimbangan alam agar tetap asri dapat membantu menanggulangi global warming, dengan penanaman hutan yang gundul dan terbakar agar terjaga kelestarian hutan selain itu dipekarangan rumah kita bisa tumbuhi dengan rerumputan dan pohon yang asri.

4. Mengendalikan dan mengurangi limbah

Limbah yang menumpuk dan tidak terkendali dapat menyebabkan gas berbahaya bukan saja bagi kita tetapi juga dapat menimbulkan suhu bumi tidak terkendali, dikarenakan gas tersebut menguap dan merusak ozon.

3. Mencegah kebakaran hutan

Kebakaran hutan sering terjadi dan bahkan terdengar dan terlihat pada waktu kemarau ntah itu karena faktor kesengajaan atau tidak. Mencegah kebakaran hutan sangat diharuskan disamping mengganggu aktivitas kita suhu global juga menjadi meningkat. Selain itu penanaman hijau di area kebakaran hujan akan mengurangi GW tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Pemanasan Global ; Pengertian, Dampak Serta Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel