Cara Membuat Lamaran Lewat Email Dan Mengirimnya Yang Baik Dan Benar Dan Benar

Sebelum anda diterima bekerja tentu anda harus membuat surat lamaran kerja dan mengirimkannya ke HRD perusahaan. Teknologi semakin cepat sehingga mengirim lamaran kerja lewat email semakin mudah baik bagi pelamar maupun fihak perusahaan bisa dengan email. Email atau surat elektronik merupakan hal yang lumrah saat ini.
Cara Membuat Lamaran Lewat Email
Sebagian perusahaan yang memanfaatkan teknologi internet dengan menerima surat lamaran via email dari pelamar kerja untuk prekrutan tenaga kerja atau secara khusus pelamar harus mengirim lamaran lewat email berserta persyaratan lamaran kerja didalamnya.

Surat lamaran pekerjaan lewat email membantu perusahaan maupun pelamar kerja itu sendiri untuk mengurangi biaya, waktu secara efisien.

Cara membuat lamaran kerja lewat email

Cara membuat lamaran lewat email yang baik dan benar banyak yang harus dipersiapkan oleh pelamar kerja agar memenuhi syarat diantaranya mempersiapkan perangkata seperti smartphone maupun desktop terhubung secara online untuk mengirim email serta syarat yang diperlukan dan hal lainnya.

Sebelum mengirim lamaran lewat email yang diperlu diperhatikan :


1. Persiapkan dokumen persayaratan lamaran kerja

Biasanya sebuah perusahaan memberikan syarat syarat lamaran kerja sebagai berikut :
- Pas photo terbaru
- Ijazah SMK atau Unibersita terakhir
- Curiculum vitae (CV)
- Surat keterangan dokter
- Surat Keterangan Catatan dari kepolisian (SKCK)
- Sertifikat keahlian atau kursus
- dsb.

Baca juga : Kelengkapan & syarat lamaran kerja yang umum harus disertakan

Setelah anda mempersiapkan seluruh dokumen resmi yang merupakan syarat-syarat lamaran kerja dan secan dokumen harus resolusi tinggi. Begitupun dengan photo png (.png) atau img (.img) dan compres image secara offline maupun maupun online bisa juga agar memenuhi kriteria lowongan kerja juga agar ringan saat mengirim dan diterima email oleh HRD.

2. Satukan semua file dokumen lampiran
Setelah anda scan semua dokumen anda perlu menyatukan semua dalam satu dokumen melalui microsoft word atau bisa melalu smartphone dan covert ke pdf jika file terasa besar compres file pdf ke terkecil lagi.

3. Gunakan email yang profesional

Sebaiknya anda menggunakan email atau alamat email yang profesional misalkan usahakan email dengan menggunakan alamat email nama anda bukan dengan embel-embel tertentu misalkan anisa rahma jika anda menggunakan email gmail tentu alamat email profesional menggunakan anisarahma@gmail.com begituoun jika anda membuat email dengan yahoo dan penyedia layanan email lainnya. Jangan sampai anda menggunakan email seperti misalkan beautylady@gmail.com misalkan.

Baca juga : Cara pasang dan mencari lowongan kerja di facebook selain situs job

4. Gunakan standarisasi pengiriman email

Pengiriman email harus sesuai dengan standar pengiriman email seperti mengisi subject dan compose mail dan juga lampiran lamaran secara baik dan benar begitupun penulisan surat secara bail agar dimengerti oleh perusaahan penerima email.

5. Jangan matikan notifikasi email dismartphone maupun komputer

Jika anda hendak mengirim lamaran pekerjaan kepada perusaan lewat email yang perlu diperhatikan jangan matikam notifikasi email kalo perlu jangan keluar dari email tersebut sehingga jika ada balasan dari perusaahaan terkait lamaran akan ada pemberitahuan kepada anda.

Baca juga : Situs penyedia lowongan kerja terbaik dan terpercaya

Cara mengirim lamaran lewat email 


Sebelum mengirim lamaran kerja lewat email tentu anda harus tahu cara membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan email dan dapat dilakukan dengan mudah melalui smartphone maupun komputer sebagai berikut :

Buka aplikasi email di hp atau desktop atau komputer, jika anda menggunakan smartphone anda bisa dengan cara membuat lamaran kerja melalui gmail app atau yang lainnya, lalu lakukan seperti di bawah :
Cara mengirim lamaran lewat email

1. Menulis alamat email yang dituju misal hrdrecruitment@gmail.com maka ketikan di To atau kepada, jangan sampai salah menulis alamat email salah satu kata tidak akan sampai kepada penerima email.

2. Menulis subject yaitu anda sebagai subject atau judul deskripsi email misal Surat lamaran kerja posisi General Manager

3. Menulis isi surat di body email
Setelah anda menyelesaikan kedua diatas maka silahkan membuat lamaran kerja dengan cara menulis surat lamaran pekerjaan sesuai minat lowongan kerja pada perusahaan dengan baik dan sopan melalui body atau compose mail tepat dibawah subject.

4. Melampirkan dokumen resmi yang diperlukan
Setelah anda menulis di body atau keterangan compose mail maka langkah selanjutnya melampirkan file dokumen melalui ikon klip lalu pilih dokumen yang akan anda lampirkan dan jangan sampai ada yang terlewatkan satupun didalam dokumen tersebut dan jangan sampai ada kalimat typo.

5. Setelah susunan cara membuat email tidak  tidak ada yang terlewatkan, silahkan klik send atau kirim untuk mengirim surat lamaran pekerjaan via email.

6. Untuk melihat apakah email lamaran telah terkirim klik menu dan lihat difolder terkirim.

Demikian cara membuat lamaran pekerjaan dengan menggunakan email.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Lamaran Lewat Email Dan Mengirimnya Yang Baik Dan Benar Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel