Kelengkapan & Syarat Lamaran Kerja Yang Umum Harus DiSertakan

Setiap yang ingin melamar pekerjaan diharuskan memenuhi kelengkapan dan syarat yang diperlukan oleh pelamar kerja sebagai data diri.

Lamaran kerja biasanya terdiri dari beberapa dokumen penting si pembuat, biasanya syarat lamaran kerja dibuat oleh perusahaan yang membuat lowongan kerja. Maka dari itu seorang pelamar kerja mesti melengkapi syarat lamaran kerja yang disertakan didalam surat lamaran kerja.

Oleh karena itu baik anda yang telah lulus sekolah atau universitas dan ingin melamar kerja harus mempersiapkan dokumen penting sebagi arsip dan data diri anda baik dengan cara melihat lowongan kerja di berbagai media offline maupun online sehingga pihak yang punya lowongan pekerjaan mengetahui dengan jelas tentang diri anda sebelum atau saat wawancara berlangsung apakah telah memenuhi kelengkapan dokumen dan syarat serta apakah sesuai Riwayat pendidikan, kesehatan jasmani dan rohani, berkelakuan baik dan jelas bahwa anda sebagai pelamar kerja dan berhak atas lowongan kerja tersebut atau tidak pada posisi jabatan atau karyawan tertentu.
Kelengkapan & Syarat Lamaran Kerja Yang Umum Harus DiSertakan
Fihak yang mengadakan lowingan kerja tidak ingin terjadi sesuatu misalnya tidak berkelakuan baik, tidak cakap terhadap pekerjaan yang ditawarkan, jelas identitasnya maupun riwayat pendidikannya tentunya. Sehingga anda perlu mempersiapkannya kelengkapan serta syarat melamar kerja ketika ada lowongan kerja dan cepat menawarkan diri anda kerja kepada fihak yang memberitakan lowongan kerja.

Berikut kelengkapan berkas atau dokumen serta kelengkapan dan syarat lamaran kerja yang umum dan mesti disertakan saat ada lowongan kerja :


1. Surat lamaran kerja

Merupakan sesuatu yang mutlak harus ada terutama bagi pelamar kerja, disini dapat dilihat kepribadian anda terkait bahasa dan kalimat serta kesopanan anda dalam surat lamaran kerja. Dan fihak yang punya lowongan pekerjaan mengetahui secara cepat sekilas tentang identitas, melamar pekerjaan apa serta dokumen apa saja yang diikut sertakan.

2. Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae

Selai diatas anda perlu melampirkan Curriculum vitae atau surat daftar riwayat hidup. Curriculum vitae bisa anda tulis tangan terkait detil riwayat hidup anda andapun bisa membeli surat curriculum vitae yang dijual di foto copy maupun toko buku yang anda lakukan hanya mengisi data anda sesuai form tersebut dan lebih praktis dan simpel.

3. Photo Copy ijazah serta transkrip nilai

Yang paling penting anda harus mengikut sertakan foto kopi ijazah yang telah dilegalisir oleh sekolah yaitu kepala sekolah atau dinas pendidikan terkait. Ada juga yang perlu memberikan ijazah asli sebagai bukti kesungguhan anda untuk bekerja. Tidak sedikit lowongan kerja yang bonafit harus melampirkan berikut transkrip nilai terutama lowongan kerja yang mematok mata pelajaran tertentu di sekolah maupun universitas.

4. Foto kopi piagam, sertifikat keahlian atau skill

Selain yang diatas anda juga perlu menyisipka ke dalam lamaran kerja sebagai syaray sepertu foto copy piagam dan sertifikat leahliaan atau skill disekolah biasanya jika anda kursus atau sekolah di lejuruan, kampus atau university sesuai syarat yang tertera pada lowongan kerja.

5. SKCK Atau SKKB

SKCK atau Surat kelakuan catatan kepolisian atau juga SKKB yaitu Surat keterangan kelakuan baik sama saja dan sangat penting bahwasanya anda tidak tercatat melakukan kejahatan atau tidak tercatat pidana di kepolisian dan berkelakuan baik.

6. Pas photo terbaru

Pas photo harus disisipkan dan menandakan bahwa anda benar orang yang melamar kerja bukan orang lain. Bisanya setiap lowongan kerja mengharuskan menyertakan pas photo seperti ukuran 2X3, 3X4 atau 4X6.

6. Surat keterangan sehat

Hal ini juga penting untuk dilampirkan yaitu dengan cara membuat surat keterangan sehat dari puskesmas atau Rumah sakit yang memberitahu anda sebagai pelamar kerja tidak sedanng sakit atau mengidap penyakit berat. Sebuah perusahaan, pegawai CPNS, Bank, BUMN tidak akan merukrut orang yang sakit.

Semua syarat-syarat lamaran kerja biasanya akan digunakan sebagai data dokumen pribadi anda saat wawancara kerja dan ditinjau serta untuk kebutuhan administrasi, arsip data karyawan jika anda diterima ditempat lowongan kerja yang anda lamar tersebut.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Kelengkapan & Syarat Lamaran Kerja Yang Umum Harus DiSertakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel