Bahasa Pemrograman Terpopuler Di Dunia Dan Indonesia

Pemograman adalah cara untuk membuat, menyusun rencana sesuai dengan kode tertentu. Sedangkan bahasa pemogram adalah struktur perintah atau kata-kata berdasarkan kode-kode tertentu sehingga terbentuk suatu aplikasi maupun software biasanya berkenaan dengan, web, aplikasi maaupun komputer.
Bahasa Pemrograman Terpopuler Di Dunia Dan Indonesia
Bahasa pemrograman banyak jenisnya terutama jika sobat ingin menjadi developer di bidang tertentu dengan pemograman yang spesifik dengan cara belajar bahasa pemrograman itu sendiri baik secara otodidak melalui online lewat kursus, pendidikan kejuruan smk, dll.

Banyak ragam jenis bahasa pemograman yang dapat di pelajari secara khusus apalagi jika sobat mengerti dasar pemograman dan hendak menjadi seorang developer pemula dan memilih yang cocok.

Berikut jenis bahasa pemrograman terpopuler Di Dunia dan Indonesia yang banyak digunakan developer untuk membuat aplikasi, software, website, dsb. Diantaranya :


1. Bahasa pemrograman java

Pemograman java banyak digunakan oleh developer software komputer termasuk juga android yang menggunakan bahasa java open source. Java merupakan pemrograman berorientasi pada objek (OOP).

Pemograman java banyak tipenya seperti java ME, Java SE. Bahkan bahasa pemograman untuk membuat aplikasi android juga sebagian besar menggunakan java.

Kelebihan Java :

1. Support multi platform baik untuk pembuatan aplikasi smartphone misal android maupun software komputer dan bisa dikompilasi ke operating sistem linux, mac os, microsoft windows serta sun solarise.
2. Berbasis pada program berorientasi objek (OOP)
3. Library kelas yang lengkap
4. Hampir sama dengan C++ dalam hal program sehingga sangat mudah difahami

Kekurangan java :
1. Mudah didekompilasi yaitu proses mengembalikan byte kode ke
2. Banyak penggunaan memory
3. Ada beberapa yang belum kompatible antara os yang satu

2. Bahasa pemrograman PHP

Awal mulanya PHP adalah kepanjangan dari Personal Home Page yang dirancang dan dibuat oleh Rasmus Lerdorf dan dinamakan Form Interpreted (FI) yang merupakan kumpulan script untuk mengolah data dari website. Kemudian merilisnya menjadi seumber terbuka.

Kemudian sebuah perusahaan zend menulis kembali script php yang lebih cepat dan bersih kemudian dinamakan hypertext preprocessor atau script yang berulang. Lalu dirilis berbagai seri PHP kemudian ada model php yang di sisipkan berdasarkan orientasi objek untuk mengikuti perkembangan.

PHP atau Hypertext preprocessor adalah script bahasa pemograman yang biasanya digunakan untuk membangun pemrograman web yang biasanya disisipkan ke dalam html juga bisa untuk membuat cms. Dengan php sobat juga bisa membangun sebuah website secara offline dengan menggunakan xamp, nging, dsb. Sebelum website tersebut di posting. Seperti situs-situs terkenal pun seperti facebook, wordpress berbasis cmspun menggunakan php.

Kelebihan PHP :
1. Bahasa pemograman php tidak mengenal kompilasi
2. Web server banyak yang support php misal xampp, nginx, apache, dll.
3. Banyak developer yang sedia membantu

3. Bahasa Pemrograman C

Bahasa c merupakan pemograman tertua didunia serta merupakan bahasa pemograman untuk membuat sistem dan jaringan komputer yang di buat dennie Ritchie.

Bahasa C merupakan bahasa pemograman tertua di seluruh dunia disebut juga sebagai bapa dari semua bahasa pemrograman java, php, c++, dsb.

Jika anda ingin mahir bahasa pemograman maka sebagai dasar kenali dulu bahasa c ini.

Baca juga : Cara membuat aplikasi android jika ingin menjadi developer


4. Bahasa pemrograman Visul basic (VB) 

Visual basic atau sering disebut VB merupakan bahasa pemograman yang dikembangkan oleh microsoft atau lebih dikenal VBM (visual basic microsoft).

Pemrograman bahasa visual basic merupakan turunan dari bahasa pemrograman basic untuk pengembangan perangkat lunak (software) komputer.

5. Bahasa pemrograman Python

Python merupakan pemrograman multiguna serta sangat kompleks pertama kali dibuat oleh Guido Van Russum. Kode phyton sangat baik berjalan pada operating system Linux/Unix, Mac OsX, Windows, Java virtual machine, Amiga, dsb.

6. Bahasa pemrograman Java Script

Java script merupakan bahasa pemograman tingkat tinggi yang digunakan untuk program interaktif dalam halaman website bersamaan dengan css dan html.

7. Bahasa pemrograman C++

C++ sebagai turunan dari bahasa c dimana bahasa pemrograman C++ merupakan pemrograman beriontasi objek bersamaan dengan bahasa pemograman C.

8. Bahasa pemrograman C#

Atau disebut dengan bahasa c sharp dalam sebuah kerangka .NET framework yang dibuat oleh Microsoft. Jika sobat ingin membuat piranti lunak komputer maka perlu mempelajari bahasa pemrograman C#.

Belum ada Komentar untuk "Bahasa Pemrograman Terpopuler Di Dunia Dan Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel