2 Cara Membuat Aplikasi Android Sebagai Developer Dengan Coding

Android merupakan system operasi mobile yang populer dan terbanyak di dunia setelah Ios atau system operasi di Apple iphone. Aplikasi android banyak bertebaran baik di google play store atau app market for android lewat situs atau aplikasi selain di google play store seperti  mobo market, samsung store, advan store, dsb.
2 Cara Membuat Aplikasi Android Sebagai Developer Dengan Coding
Cara membuat aplikasi android sangat sukar apalagi jika anda belum mengetahui basic code itu sendiri seperti java, xml. Kendaripun demikian sobat bisa belajar secara otodidak lewat website maupun lewat ebook cara membuat aplikasi android di internet dari android oreo sampai android teratas seperti android pie atau q.

Membuat aplikasi android sederhana maupun rumit yang berextention apk bisa dibuat menggunakan mobile maupun desktop atau komputer termasuk sorce code androidpun tersedia dan perlu mendownloadnya agar support dari os android terbawah hingga teratas termasuk API android juga.

2 cara membuat aplikasi android dengan coding :

1. Cara membuat aplikasi dengan komputer dengan Android studio


- Hal yang pertama adalah dengan mengintal JDk (Java Developement Kit) di desktop anda dengan mengklik softwarenya lalu klik next sampai selesai. JDK yaitu software yang bisa mengubah pemograman java ke pemograman byte code.

- Anda hanya perlu mendownload software android studio baik versi beta maupun yang bukan versi beta melalui website android developer di link developer.android.com dan instal android studio.

- Pilih tema android studio yang anda sukai

- Silahkan centang android virtual device atau emulator android untuk mengetes aplikasi hasil project anda

- Menentukan ram untuk android emulator di pc

- Klik finish sehingga android studio akan mendownload file-file yang dibutuhkan

- Langjah selanjutnya instal Android SDK (Software developement kit) di PC

Android studio SDK yaitu sebuah Integrated Developement Environment software dan tersedia editor yang terintegrasi disana
disini pembuatan aplikasi android dimulai. Selain itu lewat situs android developer tersedia tutorial bagaimana cara membuat aplikasi android atau pembuatan project android anda dengan mudah.

- Checklis android os yang akan dipasang di komputer anda

- Penginstalan untuk pembuatan aplikasi selesai.

Langkah membuat aplikasi android di pc

- Membuat android project baru dengan klik create new project
- Berikan nama aplikasi android dan tempat penyimpanan project aplikasi android
- Memilih android minimum os android yang akan support di device
- Memilih blank activity
- Isi activity sesuai projek anda
- Lalu klik finish.

1. Membuat tampilan environment android studio
Silahkan isi deng memfocuskan pada main activity serta activity_main.xml

2. Menjalankan aplikasi android
Dengan mengklik tombol play warna biru dan pilih dimana sobat akan memasang aplikasi android.

Memasang aplikasi di android
Sebelumnya pergi ke setting lalu aktifkan usb debugging, lalu koneksikan ke PC anda

Layout merupakan antarmuka atau kerangka dari aplikasi android itu sendiri sehingga kita bisa memoles thema android dengan perintah tertentu. Layout android bisa liniear layout, relatif layout, dsb. Jika muncul perizinan maka  klik allow saja, lalu intal driver smartphone sehingga terkoneksi menu dialog. Setelah compiling projek aplikasi maka akan otomatis memasang aplikasi di smartphone.

Baca juga : Cara mengubah website menjadi file Apk tanpa coding

2. Cara membuat aplikasi di smartphone android


Bagi yang tidak mempunyai desktop atau komputer anda bisa tetap membuat aplikasi android dengan menggunakan aplikasi android aide ide tetapi anda memerlukan fitur premium dan membayar sejumlah uang untuk full version sehingga anda lebih leluasa membuat apps android.

Silahkan download aplikasi android aide ide melalui link berikut di google play store yaitu Aide - IDE for android java cc+.

Setelah anda mendownload aplikasi tersebut di android jangan lupa download android documentation untuk memudahkan melihat source kode di sana.

Langkah membuat project aplikasi android

- Setelah diinstal android aide IDE digoogle play store
Tap for android expert
- Buka Aplikasi lalu tap for expert, untuk pembelajaran pembuatan android anda bisa mengklik Android App development

- Jika ada notif pembayaran aplikasi subscription klik back aja
Tap new android app
- Maka akan muncul create project pertama kali
- Anda bisa memilih new android app (gradle / android SDK / Java / xml dan juga bis menggunaakan sample
Masukkan app dan package name
- Masukkan nama app dan package name dan klik create
Masukkan activity dan code pemograman java lainnya
- Sebelum memulai anda perlu mendownload documentation klik titik tiga di kanan atas aplikasi lalu klik more lalu setting, editor dan tap download offline docs atau offline docse directory untuk menyimpan documentation yang relevan terhadap pembuatan aplikasi android anda, termasuk source code dan juga code java documentation.

- Silahkan tambahkan kode-kode untuk android pembuatan project android anda sesuai kode pada documentation aide ide di main.xm dan main_activity.xml.

- untuk compiling tap tombol play button diatasnya dan izinkan untuk menginstal di smartphone android anda.

Untuk membuat project baru

- Klik button titik tiga dan klik create project lalu create new project anda bisa memilih new android app dengan gradle, android sdk, java atau xml juga bisa memilih sample lalu tap create.

Selain menggunakan pemograman java anda juga bisa membuat aplikasi menggunakan CC+, belajar java, pembuatan android, gap, website, java applicatiin, native android app. Tetapi sebagian perlu menginstal terpisah di google play store.