Tips Mudik Biar Perjalanan Aman Dan Nyaman

Mudik merupakan tradisi umat islam pada saat lebaran idul fitri di Indonesia, lebaran menjadi moment penting untuk bertemu sanak saudara, keluarga yang nan jauh untuk bersua dan berkumpul, bersuka cita untuk melepas kangen diantara keluarga di kampung halaman.
Tips Mudik Biar Perjalanan Aman Dan Nyaman
Mudik menggunakan kendaraan bermotor berbeda dengan kendaraan seperti mobil dimana mobil lebih aman dan nyaman dan leluasa bersama keluarga apalagi jika kendaraan pribadi anda luas sedang mudik menggunakan motor harus extra hati-hati saat di jalan raya apalagi membawa keluarga anda yaitu istri dan anak kecil.

Tips mudik aman dan nyaman memakai motor :


1. Pilih kendaraan yang tepat untuk mudik

Memilih kendaraan sangat penting untuk peejalanan anda, jika anggota keluarga banyak alangkah baiknya menggunakan kendaraan roda empat dengan mobil yang luas baik memakai kendaraan pribadi atau dengan menyewa kendaraan dan jika dua orang bisa memakai motor

2. Kemas perbekalan dengan rapi dan tidak banyak

Jika anda ingin membawa perbekalan kemas dengan rapi dan jangan banyak-banyak dikarenakan akan merepotkan diri anda sendiri saat dijalan, usahakan membawa perbekalan yang penting saja.

3. Kunci dan amankan rumah anda

Ini hal yang penting untuk mengunci rumah saat mau mudik karena ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan jika dilingkungan rumah anda ada security untuk selalu mengontrol rumah anda jika mudik berlangsung lama.

Lihat kembali kondisi didalam rumah seperti misal memeriksa kompor gas anda.

4. Cek kondisi kendaraan anda

Sangat penting jika sebelum mudik untuk mengecek kondisi prima kendaraan di service motor atau mobil resmi seperti mengganti ban jika ban gundul, karburator, oli, kondisi rem, lampu sen, riting, air radiator, dsb. Usahakan mengisi bahan bakar full tank sehingga perjalanan mudik anda lancar tanpa hambatan.

5. Amankan diri dan dibelakang anda

Mudik menggunakan motor paling bisa dua orang, kalaupun bertiga dengan anak anda posisikan di tengah dan usahakan jangan ngantuk penumpang dibelakang anda. Gunakan sabuk pengaman jika mudik memakai mobil.

5. Taati peraturan lalu lintas

Hendaknya saat perjalanan mudik anda mematuhi dan taat pada peraturan lalu lintas agar aman dan terkendali, seperti membawa sim, ktp, kelengkapan kendaraan lainnya. Juga patuhi rambu-rambu lalu lintas.

6. Banyak istirahat

Jika mudik anda sedang melakukan puasa maka banyak istirahat agar tidak kelelahan dan kehausan di perjalanan, saat mudik biasanya banyak fasilitas istirahat di jalan.

7. Hormati pengendara kendaraan yang lain

Saat dijalan bukan saja anda yang melakukan perjalanan mudik maka selayaknya anda menghormati pengendara lain, jangan ngebut dijalanan dan pertimbangkan orang yang dibawa.

8. Pergunakan GPS dan maps

Untuk menggunakan jalan bebas hambatan anda bisa memanfaatkan GPS sebagai jalan alternatif saat perjalanan mudik teejadi kemacetan sehingga tidak memakan waktu lama saat berangkat mudik ke tempat tujuan mudik anda.

7. Kondisi tubuh anda dan yang lainnya

Sangat penting saat mudik dengan kondisi tubuh yang fit sehingga sampai ditempat tujuan anda selamat dan selalu waspada saat dijalan.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Tips Mudik Biar Perjalanan Aman Dan Nyaman "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel