Marketing : Definisi, Tujuan, Fungsi Berikut Jenis-jenisnya

Suatu hal yang mustahil sebuah produk dari perusahaan atau bisnis online tanpa pemasaran atau marketing bisa sukses tanpa kita usahakan agar dikenal orang sehingga konsumen dapat melakukan transaksi atau kegiatan jual beli terhadap produk yang kita tawarkan sehingga mendapatkan profit atau keuntungan bagi produsen atau perusahaan itu sendiri.

Apa itu marketing? 


Dari marketing pula kita bisa tahu keluhan, apa yang diinginkan konsumen sehingga bisa mencapai kepuasan konsumen itu sendiri juga trust dari pelanggan.
Definisi Marketing, Tujuan, Fungsi Berikut Jenis-jenisnya
Definisi marketing diambil dari kata market yaitu pasar, jadi marketing adalah pemasaran dapat disimpulkan bahwa marketing artinya kegiatan usaha seorang marketer untuk memasarkan produk atau jasa baik secara online atau tidak agar terjadi aktifitas penawaran atau permintaan dari sebuah target pasar sehingga barang tepat sasaran kepada konsumen, memberi pelayanan, komunikasi yang baik, tehnik promosi baik dengan promosi menggunakan iklan online, tehnik pendistribusian, dsb.

Marketing merupakan proses agar hasil produk maupun barang yang menumpuk laku di jual hingga ke tangan konsumen.

Seorang marketer harus tahu apa itu pengertian marketing, strategi marketing dan apa tujuan dari marketing itu sendiri.

Tekhnik dan strategi marketing yang tepat dan bagus dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dengan berlipat ganda serta meningkatkan brand dan kepercayaan dari pembeli atau konsumen.


Fungsi marketing :

1. Fungsi pertukaran

Dalam dunia marketing konsumen bebas untuk menentukan atau memilih dari perusahaan mana saja apakah akan ditukar dengan sejumlah uang atau produk dengan produk maupun untuk dijual kembali.

2. Fungsi distribusi fisik

Marketing juga berfungsi untuk mendistribusikan barang sehingga sampai kepada konsimen baik dengan pendistribution melalui darat, laut serta udara agar terpenuhinya permintaan pelanggan atau konsumen.

3. Fungsi perantara

Para marketerlah yang menjadi perantara sebagai usaha marketing untuk menyukseskan perhubungan antara produsen ke konsumen.

Selain dari fungsi diatas berikut fungsi lain dari marketing :

4. Fungsi komunikasi

Dimana marketing comunication adalah sebagai alat agar bisa berkomunikasi dengan pelanggan atau konsumen sehingga mampu memahami dan bertambah dekat apa yang diingini pelanggan sehingga konsumen merasa puas.

5. Marketting Strategi dan Riset

Marketing research adalah ssbagai sarana untuk meneliti sejauh mana permintaan pelanggan terhadap suatu produk.

Setelah meriset baru dilakukan marketing strategy seorang marketer bisa mengambil langkah strategis untuk memahami marketing lawan dan melampaui mereka baik dari sisi profit maupun omset sales atau penjualan.

6. Marketing sales

Tugas dan tujuan marketer yaitu agar produk bisa sampai kepada konsumen dengan tepat untuk meningkatkan omset penjualan juga profit atau keuntungan dari sales itu sendiri.

7. Marketing promosi

Marketing promotion bertujuan untuk mengenalkan produk baik berupa barang dan jasa kepada konsumen agar lebih dikenal luas, termasuk jenis didalamnya adalah internet marketing.

Cara menjadi marketer

Jenis marketing yang bisa anda aplikasikan :

- Internet marketing

Internet marketing adalah pemasaran produk dengan menggunakan media sosial maupun jejaring sosial, media iklan online, membuat blog site atau membuat website online atau menggunakan email marketing.

- Membuat baligo, reklame

Anda bisa mengguna pembuatan baligo, reklame untuk mempromosikan brand maupun produk anda sehingga yang berlalu lalang melihat dan membaca marketing anda.

- Menjadi sponsor sebuah acara atau kegiatan amal atau berbayar

Trik marketing dengan menjadi sebuah sponsor acara atau kegiatan guna mendorong keberhasilan marketing anda.

- Memberikan produk gratis awal peluncuran produk baru

Pada saat perusahaan atau bisnis anda mempunyai atau membuat produk baru, seorang marketer bja membeeikan produk gratis secara cuma-cuma.

- Memperkenalkan produk lewat media podcast, radio dan media masa

Untuk mengoptimalkan marketing anda bisa mencoba marketing produk lewat podcast, radio atau media masa jika ruang lingkuap local marketing.

- Menyebarkan Pamplet, brosur, dll. 

Anda bisa membagikan pamplet dan brosur terkait perusahaan produk barang dan jasa secara cuma-cuma kepada orang-orang.

- Membuat produk iklan 

Pembuatan ikln merupakan bagian dari marketing pula, anda bisa memulai membuay iklan di media masa, radio atau bahkan mwmbuat iklan di website dan seaech engine semisal google adsense atau bing ads.

Baca juga : Cara serta tujuan content marketing untuk usaha dan bisnis anda


Tujuan dari marketing itu sendiri :

1. Mengenalkan produk dan di beli konsumen

Satu hal yang lumrah jik kita memiliki barang dari produsen tentunya ingin dikenal lebih banyak orang dan akhirnya mendorong orang untuk membeli. Kemungkinan anda beli barang ini apa namanya dan dari mana sehingga banhak konsumen yang tertarik.

2. Meningkatkan brand anda

Tekhnik marketing yang bagus akan berbanding lurus dengan meningginya sebuah brand baik brand dari produl maupun brand perusahaan yang anda besarkan melalu marketing hang baik.

3. Omset dan permintaan pasar meningkat

Dengan marketing, tehnik marketing yang tepat akan meningkatkan omzet baik omzet produksi maupun penjualan. Satu hal yang masuk akal jika anda mengeluarkan biaya untuk marketing maka omset juga akan berkali-kali lipat.

4. Menjadi dekat dengan konsumen

Dengan marketing, komunikasi yang baik dengan deskriptif antara produsen dan konsumen semakin dekat, anda akan merasakan hal itu sehingga tingkat kepercayaan (trust and flow) dan kepuasan pelanggan kepada anda meningkat sehinhga bisnis anda akan menjanjikan serta tahu keinginan mereka dan pasar.

5. Memperluas jaringan bisnis dan lapangan kerja

Dengan bertambahnya omset permintaan akan produk maupun jasa maka sudah dipastikan anda harus mulai memperluas jaringan bisnis di berbagai lokasi dan ini berarti menambah nilai positif bagi yang menganggur karena tersedia lapangan baru buat mereka dan menjadi kontribusi kepada yang lainnya.

Siapa tahu dengan marketing ada rekan yang ingin dan tertatarik untuk melakukan investasi dan memberikan modal baik fisik maupun materi yang besar.

6. Mengetahui keinginan Pasar atau pelanggan

Dengan melakukan riset yang merupakan bagian dari marketing sebelum anda memproduksi barang atau mengadakan barang, perusahaan akan mengetahui sejauh mana keinginan pasar dan pembeli, mana produk yang memungkinkan akan laris dengan permintaan yang banyak.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Marketing : Definisi, Tujuan, Fungsi Berikut Jenis-jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel