Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi Dan Mulut Serta Khasiat Lainya

Siwak atau miswak merupakan akar atau batang yang diambil dari batang pohon Salvadora Percisa. Siwak lebih cenderung digunakan oleh muslim di timur tengah dan memang tanaman ara tersebut tumbuh dan rindang disana, mereka lebih cenderung menggunakan miswak atau siwak ini sebagai sikat gigi kayu untuk membersihkan gigi dan gusi daripada memakai sikat gigi dengan pasta gigi atau odol.
Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi Dan Mulut Serta Khasiat Lainya
Kendatipun demikian diIndonesia juga terdapat penjual siwak yang diimport dari timur tengah dan kemungkinan di Indonesiapun sudah ada yang berusaha membudidayakan tanaman salvadora ini.

Menggunakan miswak merupakan sunnah nabi dengan menekankan begitu pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut sejak zaman nabi, hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW : Seandainya tidak khawatir akan membebani umatku, aku akan mewajibkannya. (H. R. Bukhari Muslim).

Tidak hanya itu WHO (World Health Organizations) pun merekomendasikan untuk memakai batang siwak dan bahkan lebih baik dari pada menyikat gigi dengan sikat dan pasta gigi biasa karena kandungan zat-zat didalam batang miswak tersebut.

Manfaat batang miswak untuk kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi :


1. Mencegah dan Menghilangkan flak dan karang gigi
2. Membunuh kuman dan bakteri penyebab radang gusi
3. Menghilangkan bau mulut
4. Mengurangi gigi berlubang dan penyakit gigi lainnya
5. Menghindarkan dari mulut kering
6. Mencegah bau mulut.

Semua anggota dari pohon salvadora sangat bermanfaat sekali selain siwak, daun tanamannya pun bisa digunakan sebagai obat kumur dan sakit gusi yang meradang dan ternyata didalam daun tersebut mempunyai kandungan anti biotik untuk mencegah berkembangnya bakteri dan plak pada gigi. Tak hanya itu bahkan lebih dari pasta gigi biasa seperti kandungan vitamin c, flouride, calsium, clorida, pottasium, sulfur, trymethil amine, salvadorine, tannins, dsb.

Baca juga : Menghindari bau napas saat shaum

Cara menggunakan Siwak :
Menggunakan siwak berbeda dengan menyikat gigi biasa, andq hanya perlu mengupas tepi batang kulit siwak sekitar 1cm.

Kunyah dengan gigi bagian yang sudah dikupas kulitnya sehingga menjadi serabut bulu halus, lalu gunakan bagian bulu hlus tersebut  ke gigi.

Berikut car menggosok gigi yang dengan siwak :


1. Gosok lembut ke gigi depan anda dengan bulu tersebut ke deretan gigi depan dengan melingkar.

2. Dorong ke bagian gigi seri ke geraham samping dengan memegang gagang 45 derajat ke belakang.

4. Lalu ke gigi seri sampai geraham disamping yang lainya.

5. Usahakan dengan menggosok gigi dengan melingkar dan horizontal.

6. Silahkan lakukan sampai bersih baik untuk gigi bawah untuk mengunyah dan bagian belakangnya.

Ketika bulu sudah dirasa tidak bisa digunakan setelah beberapa kali pakai atau menghitam, pangkas bulu tersebut lalu kupas dan gigit bagian yang dikupas dengab gigi agar seperti serabut atau bulu.

Manfaat siwak atau pohon Salvadora selain untuk kesehatan gigi dan mulut :
Akar dari pohon siwak dapat mengobati nyeri punggung, sakit perut dan nyeri dada, bahkan salep dari pohon tanah zajirah arab ini bisa menghilangkan sakit kepala jika di oleskan ke dahi.

Biji pohon salvadora bila dijadikn essense ternyata mempunya zat aktif yang bermanfaat seperti asam laurat, asam palmitat dan miristat. Tidak hanya itu pohon siwak ini juga bermanfaat sebagai anti bakteri untuk membantu melawan TBC, yang merupakan penyakit menular disebabkan infeksi bakteri.

Selain itu mereka menggunakan bahan tumbuhan ini sebagai sabun dan lilin aromaterapi yang harum serta kulitnya juga bisa untuk mengobati luka karena mempunyai kandungan lateks.

Banyak bukan manfaat siwak dan pohon Salvadora ini.

1 Komentar untuk "Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi Dan Mulut Serta Khasiat Lainya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel