Manfaat Pentingnya Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Bulan Ramadhan yaitu bulan yang dinanti-nanti oleh umat Islam seluruh dunia untuk melaksanakan perintah Allah rukun islam ke-4, puasa ramadhan bisa melatih diri dari amarah, menahan pandangan, mendidik kesabaran dan ikhlas menjalankan puasa tidak makan dan tidak minum serta berlomba-lomba meraih pahala.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan
Sesuatu yang dilakukan teratur sudah tentu akan memberikan manfaat untuk kita begitupun puasa pada bulan Ramadhan untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat puasa untuk kesehatan jika dilakukan teratur :


1. Membantu menurunkan berat badan
Puasa merupakan cara aman untuk menurunkan berat badan, puasa dapat membakar kalori yang lebih baik dari diet yang dilakukan secara biasa.
Puasa juga mengijinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai energi utama daripada gula.

Beberapa athlet untuk mengurangi kegemukan untuk kompetisi atau bertanding.

2. Puasa meningkatkan kesensitifan insulin
Puasa mempunyai effek yang positif bagi insulin, tubuh akan mentolerir karbohidrat atau gula daripada tidak berpuasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah puasa sekuan waktu insulin lebih effektif memberitahu sel untuk mengambil gula darah dalam darah.

3. Puasa mempercepat metabolisme
Puasa memberikan system tubuh untuk beristirahat dan akan memberikan kekuatan kepada tubuh anda untuk kalori secara efisiens.
Jika pencernaan buruk akan berefrk kepada kemampuan untuk mencerna makanan dan membakar lemak. Puasa yang teratur akan mengatur fungsi usus dan meningkatkan fungsi usus jadi meningkatkan fungsi metabolisme anda.

4. Puasa membuat panjang umur
Percaya atau tidak semakin anda berkurang maka anda akan panjang umur. Penelitian telah menunjukkan bahwa hidup panjang seseorang dengan meningkatkan kebiasaan diet.
Salah satu dari efek berkurangnya metabolisme, mudanya tubuh anda,
Berkurangnya yang anda makan.

5. Puasa meningkatkan pola makan
Puasa bisa membantu bagi pola makan xan minum yang tidak disiplin, dan bagi siapa yang kesulitan mengatur pola makan selama bertugas, bskerja dan prioritas lain.

6. Puasa meningkatkan fungsi otak
Puasa telah menunjukkan peningkatan fungsu otak karena puasa dapat memperbesar produksi protein yang dinamakan Brain-dgerive neurothropic factor (BDNF).
BDNF mengaktifkan akar cell otak untukmengalihkan ke neuron baru sehingga memicu memperbanyak kimua yang lain sehingga syarf menjadi sehat.
Protein in juga memproteksi sel-sel otak dari perubahan yang berhubungan dengan penyakit Azheimer dan Parkinson.

Baca juga : Agar puasa tetap sehat dan prima

7. Puasa meningkatkan System Imun (Kekebalan tubuh) 
Mengapa demikian karena dapat nengurangi pengrusakan dari radikal bebas dan mengatur kondisi peradangan dalam tubuh, dan membunuh informasi antar sel  kanker.
Di alam, ketika seekor hewan jatuh sakit, dia memberhentikan kegiatan makan dan tetap fokus istirahat. Ini adalah insting pokok umtuk mengurangi stress pada system dalam sehingga dapat memberhentikan infeksi. Kita manusia hanya memikirkan makan ketikan kita sakit meskipun ketika itu tidak membutuhkannya.

8. Puasa dapat mencerahkan diri
Puasa dapat menolong banyak orang untuk lebih merasa terkoneksi ke kehidupan selama memperaktekkan membaca, meditasi, yoga, martial arts, dsb. Dengan tanpa makan system pencernaan membuat sebuah ruang  untuk enrgi dalam tubuh, system pencernaan adalah salah satu dari banyak energy yang digunakan dalam tubuh.

Puasa untuk kecerahan diri akan lebih merasa baik secara sadar dan fisik. Dengan tubuh yang ringan dan bersihnya pikiran kita akan lebih berhati-hati dan bersyukur atas sesuatu di sekitar.

9. Puasa membantu membersihkan kulit dan jerawat
Puasa bisa mencerahkan dan memberaihkan kulit karena tubuh secara berkala membebaskan pencernaan sehingga focilus meregenerasi energi pada system lain.
Tidak makan sesuatu selama satu hari selama satu hari telah menunjukkan dan membantu tubuh membersihkan toksin dan mengatur fungsi organ lain seperti liver, ginjal, jantung dan bagian organ lainnya.

Demikian manfaat puasa untuk kesehatan, jika ada yang keliru mohon maaf. Selamat menjalankan ibadah puasa. 

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Pentingnya Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan Tubuh Kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel