Cara Agar Puasa Ramadhan Tetap Sehat, Prima, Kuat & Fit

Selama puasa Ramadhan, umat islam atau muslimin dan muslimat diwjibkan dan harua menjalankan ibadah puasa dengan tidak makan, tidak minum, tidak berhubungan suami istri dan menjauhi perkara yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.
Agar puasa tetap sehat kuat, prima, bugar, tidak loyo
Dalam menjalankan ibadah puasa adakalanya kita merasa tidak fit, tidak bugar, loyo bahkan kita dijadikan alasasan untuk bermalas-malasan untuk tidak melakukan aktivitas sehari-hari bahkan tidak bergairah sama sekali melakukan produktivitas kerja karena kurangnya energi.

Keadaan tersebut karena disebabkan prilaku kita yang tidak melakukan prilaku yang sehat, seperti makan saat sahur dan buka berlebihan ditunjang tidak melakukan olah raga, kurangnya konsumsi sayur mayur dan buah-buahan, serta banyaknya tidur seharian.

Agar puasa tetap sehat dan prima serta tidak loyo perlu menghindari kebiasaan yang tidak sehat serta mengatur pola makan yang teratur tidak berlebihan saat buka maupun sahur.

Berikut cara agar puasa ramadhan tetap sehat, prima, Kuat & fit serta bugar dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan :


1. Menjaga tubuh agar tetap sehat

Menjaga tubuh suatu keharusan agar tetap sehat, prima serta tidak loyo dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak sehat, dsb. Tunjang pula saat sahur mengkonsumsi multi vutamin sebagai asupan tambahan dan menjaga nutrisi tetao seimbang.

2. Tercukupi cairan tubuh
Usahakan saat anda makan sahur atau dalam kurun 24jam tercukupi cairan atau minum apalagi bagi anda yang aktif. Umumnya 6 gelas, bisa dengan menggunakan rumus 2-4-2.

2. Makan sayuran dan buah-buahan

Cukup nutrisi dan vitamin sangat diperlukan biasanya terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang lengkap dan memiliki vitamin yang lengkap sehingga membuat tubuh sehat dan prima.

Baca juga : Hikmah Shaum untuk kesehatan

3. Lakukan dan pilih olahraga yang ringan

Kegiatan olahraga saat berpuasa dan dihari yang lain tentu berbeda, anda perlu memilih olah raga dengan menyesuaikan diri dengan keadaan, ringan dan tidak berlebihan serta seimbang sehingga stamina dan energi anda tidak habis dan juga tanpa mengganggu ibadah puasa anda dan tetap lancar sampai berbuka puasa.

4. Biasakan sahur dan buka segera

Agar puasa anda tetap prima usahakan makan sahur karena dalam sahur ada keberkahan disampung itu agar puasa anda sehat dan kuat. Akhirkan sahur dalam artian bahwa usahakan sahur mendekati waktu adzan atau imsak untuk lebih berhati-hati tetapi jangan dijadikan patokan bahwa setelah imsak kita dilarang makan dan minum. Bahwasanya adzan subuh menjadi awal anda puasa ramadhan. Bagi yang kesulitan bangun pasang alarm di handphone atau smartphone anda untuk menghindari kesiangan sahur sehingga anda tidak sahur.
Jangan sampai melalaikan buka puasa jika sudah adzan maghrib berkumandang segeralah berbuka puasa, hindari berbuka dengan air es.

5. Nikmati puasa anda dengan ikhlas dan ridho

Sesuatu jika dilakukan ikhlas serta ridho akan terasa nikmat dan bahkan menjadi ladang pahala dan juga diri anda menjadi sehat tanpa ada paksaaan atau unsur rasa yang lain misal malu, dsb. dan sudahenjadi satu kewajiban kita untuk menjalankan puasa di bulan ramadhan. Jika tidak demikian maka puasa ramadhan anda akan sia-sia dan bisa terpengaruh oleh yang tidak puasa, ingatlah ada hikmah dan manfaat puasa yang sangat baik untuk tubuh kia.

6. Istirahat yang cukup
Istirahat merupakan satu hal yang penting bukan saja pada bulan-bulan yang lain termasuk puasa pada bulan ramadhan yang notabene bangun sahur sebelum waktu suhur sehingga kita kadangkala banyak menguap kita bisa mengganti tidur sejenak di siang hari saat puasa, bahkan tidur siang sebentar di siang hari mempunyai manfaat. Atau kalaupun tidak bisa kita awalkan tidur pada malam sesudah shalat Tarawih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Puasa Ramadhan Tetap Sehat, Prima, Kuat & Fit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel