Tips Membeli Mobil Bekas Dan Baru Untuk Pemula

Membeli mobil baru sudah tentu lebih baik daripada membeli mobil bekas, disamping mulus, mesin halus dan lebih mengena ke hati. Daripada mobil bekas yang kadang jika tidak berhati-hati akan kejeblos terutama jika anda tidak mengerti tentang jeroan mesin, mulai dari suara mesin, kemulusan bodi mobil, dsb. Maka pilihan membeli mobil baru menjadi alternatif terakhir.
Tips Membeli Mobil Baru Dan Bekas Untuk Pemula
Membeli mobil baru sangat disarankan jika anda mempunyai dana yang mumpuni, membeli mobil harus yang cocok untuk kita dan memberi kenyamanan dan keamanan untuk diri kita dan penumpang baik keluarga dan orang lain dan tidak menutup kemungkinan anda mendapatkan mobil bekas yang baik.

Tips membeli mobil baru dan bekas bagi pemula :


1. Usahakan membeli cash

Membeli mobil dengan credit perlu di timbangkan karena sobat perlu memperhitungkan biaya cicilan mobil perbuan, tinjau ulang dan usahakan dengan membeli mobil dengan Cash. Biasanya kalo Membeli Cash dapat Casback dan potongan pembelian dari dealer mobil.

2. Pertimbangkan pendapatan dan pengeluaran anda

Jika sobat hendak membeli mobil dengan mengangsur baik kredit maupun bekas  sesuaikan budget isi kantong terutama soal DP mobil serta perhitungkan pula cicilan mobil perbulan jangan sampai cicilan mobil lebih besar daripada pendapatan sobat.

3. Biaya kredit mobil lebih mahal ketimbang Cash

Sobat bisa kalkulasikan harga credit mobil baru dengan harga cash selalu besar karena ditambah biaya bunga pembayaran plus angsuran poko maka pertimbangkan pilihan anda dalam membeli mobil baru.
Jika seandainya mobil kredit usahakan cari mobil yang suku bunga yang rendah.

4. Pertimbangkan biaya perawatan

Untuk sobat yang baru mau membeli mobil pertimbangkan pula mengenai biaya perawatan seperti ganti oli, service mobil, pergantian spare part mobil, dll.

5. Pertimbangkan pembayaran pajak

Selain yang diatas yang perlu diperhatikan adalah mengenai pajak kendaraan yang dibayar pertahun yang bisa dikatakan murah, apalagi pajak kendaraan mewah. Jika anda mempunyai dua mobil akan dikenai pajak mobil.

6. Fitur keamanan mobil

Keamanan mobil (safety car) saat berkendara merupakan hal yang penting bagi pemilik mobil seperti air bags, seat belt,  bagi pengemudi dan penumpaang misalnya.

7. Desain mobil

Desain mobil mungkin bagi sebagian orang yang pertama terutama mobil desain baru keluar dari pabrik lebih bagus desainnya dan lebih up to date daripada mobil baru yang keluaran sebelumya.

8. Kelengkapan interior mobil

Kelengkapan interior sangat penting apalagi jika anda mengutamakan interior mobil yang mumpuni agar berkendara anda kenyamanan dan menikmati selama perjalanan berkendara.

9. Konsumsi bahan bakar

Merupakan hal yang penting terutama dalam perjalanan yang jauh apakah merupakan mobil yang awet bahan bakar atau boros. Termasuk jenis bahan bakarpun perlu dipertimbangkan apakah anda seneng memakai bahan bakar solar, pertamax.

10. Pilih harga jual yang stabil

Tentu harus dipikirkan pula harga jual mobil yang stabil di pasaran saat anda membeli mobil entah baru maupun bekas ketika anda sudah bosan dengan mobil baru anda jika sudah dimiliki 1-3 tahun jika sobat sering bergonta ganti kendaraan.

11. Bengkel mobil resmi

Pilih mobil baru dengan brand yang memiliki bengkel mobil resmi yang banyak ditemui dimanapun baik untuk pembelian aksesoris maupun saat menggaaanti suku cadang dan service mobil.

12. Suku cadang yang banyak ditemui

Kadangkala ada sebuah brand mobil yang jarang atau sangat sulit ditemui spare partsnya nah ini mungkin sangat menyulitkan bagi anda maka pilih lah brand yang banyak menjual spare part terutama yang orisinil dan spare part luar negeri yang harus dilakukan sesegera mungkin.

Tips membeli motor bekas untuk pemula

13. Keamanan untuk buah hati anda

Dengan tidak mengabaikan fitur keamanan dan kenyamanan berkendara buah hati anda selama berkendara seperti Isofix, fitur child lock, dsb.

14. Memilih jenis mobil

Memilih jenis mobil tentu harus sesuai selera anda apakah memilih mobil sport, keluarga termasuk apakah manual atau mobil matic yang anda sukai saat berkendara agar anda nyaman apalagi jika anda yang sering mengemudi mobil.

15. Mengajak orang yang mengerti mobil

Ini sangat penting jika anda hendak membeli mobil baik baru atau bekas kadangkala ada istilah yang menurut dealer mungkin tidak anda mengerti tentang seluk beluk mobil yang baik agar tidak tertipu terutama membeli mobil bekas yang kadang kita tidak mengerti apakah mobil bekas masih mulus atau tidak apalagi berkaitan dengan mesin mobil.

16. Cek apakah mobil support asuransi

Jika anda membeli mobil baru apakah mobil tersebut didukung asuransi apakah tidak sehingga ada kerusakan dapat diganti dengan asuransi yang terpercaya.

17. Periksa Surat kelengkapan Mobil

Tips membeli mobil alangkah baiknya memeriksa surat kelengkapan kendaraan penjual mobil apalagi bekas, karena jika tidak lengkap atau sebelah misal hanya ada STNK saja karena urusannya akan ribet sekali. Tidak halnya dengan yang baru karena akan menyusul surat-surat kendaraannya terkecuali SIM anda harus buat sendiri.

Semoga tips membeli mobil baru dan bekas bermanfaat bagi anda dalam memilah dan memilih mobil.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membeli Mobil Bekas Dan Baru Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel