7 Aplikasi Islami Yang Wajib Diinstal Di Smartphone Android Anda

Aplikasi islami yaitu aplikasi android yang islami serta wajib dimiliki atau diinstal di smartphone oleh seorang muslim guna menunjang, memperdalam ilmu dan ajaran sunnah Nabi dan Rasul Muhammad SAW.

Adapun selain kita belajar atau mengetahui lewat media digital atau aplikasi android sudah tentu jangan meninggalkan menimba ilmu di dunia nyata dan belajar ke guru, ustadz dan ulama yang kompeten, mendengarkan ke ustadz atau ulama langsung melalui pengajian, tanya jawab kepada ulama atau mungkin sekolah dipondok pesantren untuk mendalaminya, dsb.

Aplikasi yang akan saya bawakan cocok untuk mengisi waktu dan melipat gandakan pahala di bulan Ramadhan maupun kehidupan sehari-hari untuk mengisi waktu luang anda, hanya sebagai referensi. 

Berikut aplikasi islami terbaik yang wajib diinstal di android :


1. Muslim Pro Indonesia
Muslim pro indonesia
Aplikasi android islami berikut menyajikan aplikasi muslim yang bagus diantaranya akurasi waktu shalat berdasarkan current location, adzan (waktu shalat), qiblat shalat termasuk juga jadwal waktu imsak untuk bulan Ramadhan, Al-Qur'an, 99 asmaul husna termasuk kalender hijriah juga ada.

Untuk fitur arah kiblat agar berfungsi android mesti support sensor magnetic.
Download App Muslim Pro indonesia

2. Kumpulan Hadits Dari 8 Imam
Kumpulan hadits dari 8 Imam
Aplikasi hadits ini lengkap karena terdapat hadits lengkap 8 Imam besar seperti Hadits shahih Imam Muslim, Bukhari, Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmidzi, Malik, Darimi dan Nasa'i dan merupakan aplikasi islami offline sehingga bisa digunakan saat tidak terkoneksi internet.
Kumpulan hadits dari 8 Imam

Hadits 9 Imam besar

Alternatif lain untuk aplikasi hadits yaitu Ensiklopedia Hadits 9 kitab imam lebih dari 62.000 hadits 9 imam besar.
Download Ensiklopedia hadits 9 Kitab Imam

3. Tafsir Ibnu Katsir Lengkap
Tafsir Ibnu Katsir lengkap
Tafsir merupakan asbabunnuzul atau sebab-sebab penjelasan diturunkannya sebuah ayat dikarenakan ada peristiwa atau kejadian dan pendapat menurut para sahabat nabi mengenai sebuah ayat Al-Quran. Tafsir ibnu kastir merupakan tafsir Al-quran terpopular dan mudah di fahami.
Tafsir Ibnu Katsir

Baca juga : 9 Aplikasi antivirus terbaik untuk android

4. Alquran (Tafsir by Word)
Alqur'an (Tafsir & by word)
Aplikasi AlQur'an Tafsir by word hadir dengan font uthmani dan indo pack, disertai untuk mendownload murathal mp3 semisal Mishary Rasyid, Abdurahman As Sudais, dsb. Dilengkapi pula word by word atau kata perkata termasuk indonesia serta penjelasan perayat tafsir ibnu katsir, departemen agam dan juga tajwid dengan warna dan terjemah bahasa lainnya, doa dalam alqur'an, dsb. Untuk streaming dan download murathal mp3 anda harus terkoneksi internet.
Aplilasi Alquran (Tafsir & By word) 

5. Tafsir Jalalain Lengkap Arab & Terjemah Indonesia
Tafsir Jalalain lengkap Arabic & terjemah indonesia
Kitab tafsir Jalalain pertama kali disusun oleh Jalaludin Al Mahalli kemudian dilanjutkan oleh muridnya yaitu Jalaluddin As Syuthi. Merupakan kitab rujukan yang mudah dimengerti, ringkas terutama untuk para santri pondok pesantren. 
Aplikasi tafsir jalalyn dilengkapi blok dan copy teks, tombol share dan juga offline.
Dowwnload Tafsir Jalalayn Lengkap Arab Terjemahan Indonesia

5. Kitab fiqih lengkap
Kitab fiqih lengkap
Berisi kitab klasik fiqih Imam As Syafi'i offline yang diantaranya ushul fiqih, mawaris, bulughul maram, kitab adab suami istri, dsb.
Download aplikasi fikih islam lengkap

6. Al Muwatta Imam Malik
Al Muwatta imam Maliki
Kitab fiqih Al-Muwatha yang ditulis oleh Imam Malik yang berisikan pembahasan seputar waktu-waktu shalat, Thoharoh, adzan, jenazah, puasa, itikaf, haji, jihad, nadzar dan Imam, sembelihan qurban, dll.
Aplikasi Almuwatta Imam Malik Terjemahan Indonesia

7. Syarah hadits arbain imam Annawawi
Syarah hadits arbain imam nawawi
Aplikasi syarah Imam Nawawi menyajikan 40 hadits Nabi Muhammad SAW yabg dikumpulkan oleh Imam Nawawi banyak yang dibahas oleh para ulama dan menjadi rukujukan dalam menyebarkan ajaran Islam kepada kaum muslimin yang berkaitan dengan kehidupan beragama, ibadah, muamalah dan syariah.

Apliksi ini berisi niat dan ikhlas, iman, islam dan Ihsan, rukun Islam, Taqdir manusia telah ditetapkan, semua perbuatan Bid'ah tertolak, Dalil halal haram, agama adalah nasihat, dsb.
Link aplikasi Syarah Hadits Arbain Imam Nawawi.

Terima kasih, demikian aplikasi islami android yang mesti diinstal di smartphone sobat.