Pengertian Investasi : Cara, Tujuan, Manfaat Serta Jenis-Jenis Investasi

Setiap orang pasti memikirkan masa depan, masa-masa dimana berpikir secara logis tentang masa depan, kelangsungan hidup, untung dan rugi terus apa salahnya jika sobat memulai investasi untuk masa depan dan pensiun atau masa tua yang kadang menjadi kekhatiran setiap orang terutama bagi bisnis muda.
Pengertian Investasi : Cara, Tujuan, Manfaat Serta Jenis-Jenis Investasi

Apa itu Investasi? 

Arti Investasi adalah menanam atau menyimpan modal dengan tujuan agar memperoleh suatu keuntungan berupa uang baik dalam jangka waktu tertentu. 

Orang banyak berinvestasi karena keuntungan yang didapat berlipat ganda dan dapat dicairkan segera tergantung jenis investasi yang dipilih selain itu  juga mempunyai prosfek yang sangat bagus ke depannya baik untuk pengusaha maupun pembisnis muda.

Yang melakukan investasi disebut investor. 

Jenis-jenis investasi :

Investasi berdasarkan waktu

1. Investasi jangka panjang
Investasi jangka panjang merupakan penanaman modal dalam jangka lebih dari satu tahun kita bisa mengambil untung dari hasil investasi tersebut berupa uang. 

2. Investasi jangka menengah
Investasi jenis ini menyimpan modal agar dapat menghasilkan keuntungan dalam jangka per semester atau quartal tahun. 

3. Investasi jangka pendek
Investasi jenjs ini adalah kebalikan dari yang saya sebutkan di atas yaitu menanam modal agar buah dari investasi tersebut menghasilkan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. 

Jenis Investasi berdasarkan objek

Investasi benda bergerak
Investasi ini yakni menanam modal dengan aset bergerak dalam hartian kelangsungan aset ini bisa menyusut setiap bulannya dan bisa digunakan untuk keperluan kita. Misal investasi kendaraan. 

Investasi benda tidak bergerak
Investasi tidak bergerak dalam artian penanaman modal yang tidak mengalami penyusutan setiap tahun dan tidak menghasilkan uang jika tidak digunakan, seperti investasi emas. 

Investasi berdasarkan bentuknya dapat dibedakan menjadi :

Investasi aktiva riil
Investasi yang dapat dilihat secara kasat mata, seperti gedung kendaraan, tanah, emas, dsb. 

Investasi aktiva finansial
Investasi dalam bentuk surat-suarat berharga seperti saham, deposito, obligasi, dsb. 

Jenis- jenis investasi yang sering dilakukan pelaku bisnis atau pengusaha muda :

- Saham
Saham yaitu surat berharga atau seeing disebut aset pada perusahaan dan cendeeung mempunyai resiko jika perusahaan bangkrut bisa jadi efeknya tidak akan dibayar. 

- Deposito
Penanaman modal dalam benruk simpanan uang kepada peeusahaan atau korporasi dwngan jaminan investor akan mendapat keuntungan dalam jangka waktu tertentu. 

- Emas
Investasi emas termasuk investasi riil, investasi emas biasanya berupa emas batangan. 

- Investasi property
Investasi property seperty tanah, bangunan, gedung. Dan selalu naik harga serta keuntungannya apalagi terletak ditempat yang strategis. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi dan Cara  :

Fahami keperluan dan tujuan investasi
Semakin anda tahu kebutuhan dan tujuan investasi dalam diri anda maka anda akan cermat memilih investasi dan dan investasi mana yang mempunyai keuntungan yang besar.

- Fahami Inflasi
Jika sobat berencana investasi saham kenali situasi inflasi karena akan berpengaruh terhadap harga jual beli saham dan berfek pada laba atau keuntungan jual beli saham

- Difersifikasi
Maksudnya anda sebagai investor perlu melakukan investasi bukan hanya satu jenis investasi saja, jika satu investasi gagal sobat mempunyai investasi yang lainnya untuk menutupi hal tersebut.

- Prosfek investasi kedepannya
Sebelum anda memulai berinvestasi diharuskan menanyakan hal itu pada diri anda, sebab jangan sampai saat kita menyimpan modal tidak menghasilkan apa-apa malah rugi yang didapatkan, untung rugi perlu diperhatikan juga. 

- Pikirkan jenis investasi yang cocok
Memikirkan jenis inveatasi diperlukan sebagai contoh berpikiran logis jika kita punya kebutuhan yang mendesak bisa di cairkan dengan segera tanpa menunggu waktu yang lama. Atau jika sobat punya modal banyak kenapa nggak tidak memilih ketiga jenis invatasi jangka panjang, menengah dan pendek untuk menyiasati kebutuhan yang mendesak. 

- Berapa jumlah modal anda
Sebelum terjun ke dunia investasi, hitung modal sobat dan tentukan ke arah mana investasi baiknya untuk kelangsungan atau bergulirnya uang, jangan sampai rugi yang didapat belakangan. 

- Jika investasi lewat Corporate
Jika sobat menaruh modal atau berinvestasi kepada korporasi atau perusahaan, usahakan bahwa perusahaan tersebut mempunyai nama yang baik, tidak telat membayar keuntungan, tidak dalam kredit macet, tanyakan juga bagaimana berinvestasi di korporasi tersebut misal seperti saham. 

- Jika investasi berupa benda
Benda yang mempunyai nilai baik dan membuat untung besar dapat menjadi prioritas untuk dijadikan investasi buat sobat seperti logam mulia selain itu bisa dikelola sendiri sesuai modal anda.

- Perhitungkan resiko baik sebagai investor
Sebelum berinvestasi perhitungkan cara berinvestasi terhadap jenis investasi yang sobat pilih sebagi investor, untung ruginya, dsb.

Manfaat investasi dalam dunia bisnis 

- Meningkatkan Aset perusahaan atau pribadi
Saat anda berinvestasi pada saat menjual tentu mendapat keuntungan dari hasil itulah anda bisa meningkatkan aset untuk keperluan investasi selanjutnya.

- Memenuhi kebutuhan dimasa yang akan datang
Keperluan mendadak disuatu saat akan bisa diatasi dengan investaai jika diperlukan sobat bisa menjualnya untuk keerluan mendesak tersebut. 

- Sikap dan gaya hixup hemat
Dengan investasi orang akan berusaha untuk menambah penanaman modal tersebut dan sudah otomatis hidup borospun pun tertatasi.

- Menghindari Hutang piutang
Dengan dibiasakannya sikap menanam atau menyimpan modal, hutang piutangpun akan tethindar. 

Tujuan investasi di ruang lingkup bisnis

- Mendapatkan penghasilan
Dengan investasi pada perusahaan kita sebagai investor akan didiuntungkan dengan laba atau royalti dari perusahaan. 

- Memperbesar Usaha
Dengan investasi dan mendapatkan keuntungan dapat digunakan untuk msmwperbesar usaha, kebutuhan soaial, dsb. 

- Jaminan bisnis
Menyimpan modal jaminan bisnis akan berkembang dan tidak akan kekurangan kebutuhan produksi. 

- Mengurangi persaingan di dunia usha
Dengan adanya investasi persaingan dunia usaha yang srngit akan terhidarkan apalagi jika banyak perusahaan bergerak dalam bixang xan jenis usaha yang sama. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Investasi : Cara, Tujuan, Manfaat Serta Jenis-Jenis Investasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel