Simak Fitur Andalan Baru Android Q

Google mengumumkan kehadiran android generasi berikut nya setelah android Pie yaitu android Q. Android merupakan Operating system yang banyak digunakan di dunia selain itu sobat juga bisa memilih os selain android yaitu Ios apple iphone.
Fitur android Q
Android pada perkembangannya menyesuaikan dengan era tekhnologi yang sedang berkembang seperti akan segeranya di release 5G juga perkembangan layar handphone yang dibuat oleh brand smartphone android itu sendiri seperti layar foldable screen yang akan hadir dan menjadi trend ditahun ini seperti foldable screen samsung android yang kemungkinan dalam waktu dekat hadir smartphone foldable screen maka os besutan google pun ikut meramaikan dengan diimbangi anderoid versi selanjunya ini dan suport 5G juga sehingga android mengimbangi seiring perkembangan era inovasi tekhnologi brand smartphone baik hardware maupun software.

Disinggung di haman Developer android blog bahwa ecosystem android membantu user ke arah perkembangan inovasi baru serta meyakinkan privacy dan keamanan menjadi prioritas utama seperti Google play protect dan runtime permission. Android Q akan mwmbawa fitur security dan privacy, foldable, API baru untuk konektivitas, kode media baru dan kamera, NNAPI extension, suport vulkan 1.1, startup app lebih cepat, dll.

Google telah merilis android Q versi beta 1 ini untuk sementara pixel, pixel 2, pixel edan pixel XL.

Berikut fitur android Q serta kehebatan dan kelebihannya


Lebih memproteksi privacy di android Q

Android Q memberikan kebebasan user untuk mengontrol dan aman terhadap data personal.
Di android Q user bisa mengontrol di tiap apps juga terhadap pengontrolan akses ke file yang di share seperti user akan bisa mengontrol aplikasi yang mengakses ke photo dan vodeo atau koleksi audio dengan runtime pengizinan barunya.
Untuk mendownload apps harus melalui system file picker jenis file seperti apa yang mau di download.
Disamping itu android q juga akan mencegah aplikasi beraktifitas setelah kita set di background. Dan juga bisa mengatur prioritas saat aplikasi berada dilatar belakang seperti telepon masuk dengan menggunakan high priority notification.
Selain itu Google juga membatasi akses ke pengdentifikasian non-resetable device untuk seperti device imei, nomor serial.
Begitu pula dengan wifi user akan diberi pengontrolan terhadap koneksi wifi apakah user mengizinkan device wifi secara random terkoneksi alamat MAC atau tidak di android Pie

Pemberian kontrol maksimal terhadap Lokasi


Pengontrolan aplikasi lokasi
Dengan android q user di beri lebih leluasa untuk mengontrol lebih jika aplikasi mendapat lokasi dan hanya dapat menanyai sekali aplikasi yang telah di serujui user baik di latar belakang atau sedang berjalan.

Foldable dan inovasi layar terbaru
Support foldable dan inovasi layar baru
Android akan mensupport layar lipat juga inovasi layar lainnya. Diandroid q banyak perubahan terutama support ke multiple screen.

Shortcat sharing
Short cat baru
User akan mudah dan lebih cepat membagikan konten ketika mengakses gambar atau photo ke aplikasi android lain di android Q.

Panel - Panel Pengaturan
Panel pengaturan android q
Di android Q setting panel yang meeupakan floating UI yang akan muncul dan dilibatkan ke aplikasi yang bersesuaian seperti internet connextivity, nfc atau audio volume yang dibutuhkan user misalnya browser maka akan muncul system panel seperti wifi, airplane mode, data sehingga user tidak perlu meninggalkan aplikasi. User bisa memilih aplikasi yang akan di munculkan disystem panel ini.

Connectivity

Connectivity permission, privacy dan security
Scanning API masih menggunakan Coarse llocation permission tapi di android Q untuk bluetooth, Celullad dan WIFI google meningkatkan keamanan disekitar API tersebut dengan memberikan FINE location permission  secara langsung.
Menambahkan pengacakan alamat MAC di Android Q ketika terkoneksi ke jarinvan berbeda, juga ditambahkan mjuga mensupport standa WIFI, WPA3 dan enchanged open untuk peningkatan pengamanan di jadingan rumah dan Kerja sama halnya swbagai jaringan terbuka atau Umum (publik).

Peningkatan peer to peer dan konektivitas internet

Di Android Q Developer memfaktorkan Wifi stuck ke peningkata privacy dan performa tetapi juga meningkatkan akibat penggunaan umum seperti mengatur Device IoT dan saran konteksi internet tanpa menggunakan pengijinan lokasi.
Koneksi jaringan AIs membuat mudah  untuk mengatur perangkat IoT lewat wifi lokal agau peer to peer seperti pengkonfigurasian, endownllada  atau pencetakan. Aplikazi akan menginisiasi peemintaan koneksi secara ridak langsung secara spesifik mereferensi SSIDs dan BSSID sebagai WifiNetworkSpecifiers. Platform akan menangani jaringan yang sama lewat sebuat Wifi Picker. Ketika user memilih platform akan mensetup koneksi secara otomatis.

Baca juga : Andalan fitur di android pie

Camera, media, graphics


Fitur photo bokeh dan blurs android q
Fitur photo bokeh dan blurs android q
Fitur photo bokeh dan blurs android q

Android Q bisa membuat photo bokeh dan blurs dengan dynamic depth image serta membuat 3D image atau support AR photografy dimasa yang akan datang. Developer juga mengatakan akan berpartner dengan pembuat device antar perangkat yang berjalan di android Q dan device os selanjutnya.

- Support Desktop Mode
- Dark mode

New audio dan vide codecs

Android Q juga akan support video codec AVI1 open source. Sehingga bisa streaming video kualitas tinggi di amdroid device menhgunakan bandwith uang lemah. Juga support Opus sebuah codec yang optimis untuk seech juga striming musik termasuk HDR19+ untuk HDR (High dynamic range) video.

Native MIDI
Aplikasi akan memproses audio dalam kode C++.

Angle Vulkan

Develover android akan menggunakan standarisasi, pengupdatan openGL driver untuk semua device.
Di android Q developer akan bereksperimen supaya support ANGLE, melalui ANGLE banyak apps dan games menggunakan OpenGL ES yang akan memberi keuntungan dalam hal erforma dan stabilitaz dari VULKAN dan benefit serta konsisten. Google berencana support OpenGL ES 2.0, dengan ES 3.0 masih dalam rancangan.

Neural Network API
Di android Q ditambahkan 60 new ops termasuk ARGMAX, ARGMIN, Quantized LSTM.

Fondasi kekuatan Android

ART Performance
Android Q terjadi peningkatan di ART runtime sehingga membantu app cepat cepat startup dan konsumsi rendah memory tanpa membutuhkan beberapa tugaa dari apengembang.

Keamana untuk Aplikasi
Support BiometricPrompt seperti face id iphone apple iphone kemungkinan.

Belum ada Komentar untuk "Simak Fitur Andalan Baru Android Q"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel