Cara Membuka & Edit Dokumen Office VBA Macro Di Smartphone

VBA atau visual basic for application merupakan suatu program visual yang mempermudah user pada microsoft office terutama mungkin sahabat menggunakan project dokumen vba pada microsoft excel atau word untuk mempermudah pekerjaan office sahabat. Membuka atau meload projek dokumen office vba macros di hp dengan mudah.
Cara Membuka & Edit Dokumen Office Macro VBA Di Smartphone

Nyatanya tidak semua aplikasi office smartphone baik android maupun iOs bisa meload dan membuka macro vba tersebut. Tentunya dengan begita kita harus membuka excel macro vba atau word macro vba di komputer atau laptop.

Disini omevan merekomendasikan salah satu app office mobile di smartphone yang bisa load dan membuka macro vba sehingga kita mengerjakannnya dengan project vba office didalamnya.

Salah satu yang menarik bahwa aplikasi office ini free dan juga open source jadi sahabat tidak perlu membayar pro office app tersebut. Bahkan omevan sendiri membuka sebuah ms excel dengan macro didalamnya terbuka dengan sempurna.

Aplikasi office yang omevan sarankan untuk membuka dan meload vba adalah Colabra Office berbasis open source dan gratis tanpa perlu membayar pro.

Cara membuka dan Meload office vba macro di hp

Nah bagaimana caranya membuka project dokemen macros vba di hp atau smartphone baik apple ios ataupun android

1. Tentunya Sahabat harus menginstal terlebuh dahulu Collabora Office di play store atau apstore apple store
2. File Office dengan project vba seperti xlsm, xlsb, xlt, docm, pptm
3. Buka collabra office buka icon folder dan silahkan cari office vba file apakah excel, word dengan vba project
4. Sahabat akan menemui collabora office security warning atau keamanan peringatan bahwa dokumen terdapat macros vba yang bisa membahayakan, silahkan enablekan always trust from this source, selanjutnya aktifkan untuk mengenable macro jika ingin macro vbanya berfungsi maka silahkan enable macros.
Maka dokumen project vba bisa sahabat lihat di smartphone dan didukung penuh.
Sahabat bisa memilih macros melalui menu strip tiga dan pilih mymacros, libre office macros atau template macros.

Mudah bukan bagaimana caranya membuka dan meload dokumen office vba macros di hp semoga bermanfaat dari omevan.