Instal Dan Jalankan Distro Linux Di Hp No Root | Andronix

 Linux merupakan operating system pc yang bersiafat open source nyatanya bahwa linux bukan hanya bisa di instal dan dijalankan di komputer atau laptop saja tetapi kitapun bisa mencicipi operating system linux ini di android.

Instal linux di android no root via termux | adronix

Instal dan menjalankan system linux seperti diatro ubuntu, debian, kali linux, manjaro, alphine, fedora dan lainnya apakah desktop environment yang versi ringan dancepat seperti XFCE, LXDE, LXQT, CLI bahkan windows manager tentunya bukan hal yang mustahil lagi di hp android.

Yang perlu dipersipkan sebelum instal distro linux os di hp

1. Termux (terminal linux android) usahakan jangan instal di playstore

2. VNC Viewer (Remot desktop) android jika mengingikan linux gui (graphical user interface) jika linux command line (CLI) Bisa diabaikan.

3. Andronix 

Silahkan sahabat instal aplikasi termux, vnc viewer dn juga andronix.

Langkah Cara instalasi Distro linux di hp menggunakan termux dan vnc viewer

1. Instal termux, vnc viewer dn juga andronix 

2. Kemudian buka termux dan jalankan perintah 

pkg update -y

Jika tidak pun tidak masalah alangkah lebih baik siawai dengan perintah tersebut.

3. Buka andronix kemudian silahkan pilih distro linux yang akan di instal. 

Misal jika ingin menginstal linux ubuntu 18 maka sahabat pilih ubuntu kemudia proceed dan tetapkan versi distro ubuntu 18 atau bionic befer kemudian tap install dan pilih GUI, CLI atau windows manager jika memiih untuk desktop environment yang dikehendaki misanya XFCE mungkin lebih direkomendasikan.

Dilanjutkan dengan mentap open termux kemudian pastekan di termux. Dan biarkan termux menginstal script ubuntu di android setelah itu anda diminta untuk mengetikan password kemudin verifikasi, maka akan ke root localhost. Jika instal linux cli mungkin berhenti disini dengan mengetikkan perintah di termux.

Untuk gui silahkan ketikkan
  vncserver-start 
kemudian enter

Buka VNC Viewer masukkan hostnya dengan localhost:1 atau sesuaikan pada yang terdapat ditermux kemudian masukkan password dan tap connect kemudian os distro linux ubuntu gui sudah terinstal di hp android tanpa root tentunya. Anda bis explore untuk sekedar mencoba operating system linux di android dengan termux plus vnc viewer tanpa root.

Demikian dari omevan, semoga bermanfaat.