Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Gerakan Pemanasan Sebelum Olah Raga Agar Terhindar Cedera Otot

Olah raga merupakan aktifitas fisik yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, gerakan pemanasan sebelum olahraga sangatlah perlu karena bisa meringankan serta supaya terhindar dari cedera otot.

Gerakan pemanasan (warming up) olahraga sangat perlu dilakukan disamping untuk melenturkan otot agar tidak kaku saat berolahraga juga meringankan sakit otot waktu setelah aktifitas olahraga kemudian pemanasan juga untuk melebarkan pembuluh darah di tubuh agar siap berolahraga. 

Tips gerakan pemanasan sebelum olahraga

Berikut cara pemanasan olah yang benar supaya tidak cedera otot

- Lakukan beberapa menit sebelum melakukan aktifitas olahraga 

- Gerakan pemanasan olahraga harus tertata berurutan misalkan dari atas kepala sampai kaki atau sebaliknya dari ujung kaki hingga kepala.

- Hitung gerakan pemanasan secara sama rata untuk setiap anggota tubuh misal gerakan ke kanan ke kri

Gerakan olahraga yang baik dan benar


Kami urutkan gerakan pemanasan olahraga yang sederhana dari mulai kepala hingga kaki

1. Patahkan leher ke depan dan ke belakang, tengokkan wajah ke kiri dan kanan bergantian, patahkan leher ke samping kiri kanan bergaantian dengan hitungan yang sama, terakhir memutar kepala ke kanan dan kiri dan jangan memejamkan mata, lakukan hitungan yang sama.

2. Tempatkan pergelangan tangan di belakang punggung dan tahan dengan tangan sebelahnya hingga terasa lakukan dengan tangan satu lagi. 

3. Posisikan tangan ke samping kiri kemudian press dengan tangan kanan demikian pula tangan yang satunya lagi. 

4. Memutar bahu dengan ke dua tangan dilipat kemudian putar tangan anda ke depan dan ke belakang untuk melenturkan engsel bahu dan tangan

5. Putar tangan kanan dan kiri kedepan dan ke belakang dengan hitungan yang sama untuk melonggarkan buku lengan.

6. Tangan didada serta ayunkan tangan ke samping kiri dan kanan secara bersamaan.

7. Memutar pinggang ke kanan dan kiri dengan jumlah gerakan yang sama. 

8. Tekuk lutut 45° dan tangan menggengam lutut agak membungkuk serta gerakan lutut memutar ke kanan dan kiri juga. 

9. Selanjutnya posisikan telapak kaki ke belakang pantat serta tahan menggunakan kedua tangan, taruh kaki kiri ke atas dan lutut dekat dengan badan kemudian press dengan menggunakan lengan hingga terasa, letakan lutut kiri diatas agak samping kemudian tahan dengan tangan kiri. Terakhir tempatkan kaki kiri ke samping kanan dan tahan dengan kedua tangan hingga merasakan peregangan. Lakukan hal serupa pada kaki kanan juga selama beberapa detik. 

9. Putar ankle kaki searah jarum jam baik kaki kanan dan kiri bergantian dengan ujung sepatu atau kaki ke tanah, dengan memutarkam ankle kaki ke kanan dan ke kiri. 

12. Melenturkan otot punggung lakukan dengan telungkup tangan berbentuk segitiga. Dilanjutkan gerakan keatas dan ke bawah antara kepala dan kaki bagus untuk kelenturan otot badan anda. 

13. Silahkan badan telentang dilanjut dengan tangan merapat ke badan kemudian lakukan gerakan kepala juga kaki ke atas sejarak satu jengkal setelah terasa pegal ke bawahkan ulangi hingga 3x.

Pemanasan menggerak-gerakan anggota tubuh dinamakan pemanasan dinamis dan gerakan pemanasan hanya dengan peregangan saja dinamakan pemanasan statis. 

Ada yang mengatakan bahwasanya pemanasan statis tidak berpengaruh secara penting dalam hal meringankan cedera otot saat berolahraga. 

Sebenarnya banyak gerakan pemanasan sebelum olahraga sebagai variasi tetapi dicukupkan demikian dari omevan semoga bermanfaat untuk anda semua. 

Tidak ada komentar untuk "Gerakan Pemanasan Sebelum Olah Raga Agar Terhindar Cedera Otot"