Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Menggunakan Text To Speech Pada Android

Dengan bantuan text to speech anda bisa memerintahkan smartphone untuk bersuara dengan mengamati text di smartphone menggunakan engine TTS. 

Text to speech merupakan sebuah mesin aplikasi  yang bisa membaca sebuah text menjadi suara, kalimat dan kata melalui suara, dimana anda dapat memilih suara tersebut dan terdapat native speaker di android dari berbagai bahasa yang disupport.
Cara menggunakan text to speech

Dengan menggunakan Aplikasi text to speech (text ke suara) di smartphone tentunya anda akan bisa mendengarkan bacaan dari smartphone tanpa repot membacanya hanya dengan membaca, smartphone akan membacakannya untuk anda. 

Lantas bagaimana cara menggunakan text to speech

Secara default text to speech sudah aktif di smartphone android dan tentunya sangat mudah anda hanya perlu menyeting bahasa native speaker dari Text to speach berdasarkan bahasa teks di buku digital. 

Cara menggunakan text to speech

Manajemen umum, input language, TTS

- Silahkan buka settings (pengaturan) kemudian menuju general management (Manajemen umum)

- Selanjutnya silahkan mentap language dan input (bahasa dan masukkan)
Pilih mesin TTS

- Dibawah speech (pembaca) dilanjutkan tap terdapat Text-To-Speech, jangan lupa tap language (bahasa) dan pilih bahasa sesuai Text yang ingin dibaca smartphone anda, anda bisa test TTS google dengan mentap play. 

- Untuk memilih mesin TTS silahkan tap Prefered Engine (Mesin utama) biasanya manufacture akan menyisipkan engine TTS miliknya misal engine TTS samsung juga termasuk engine google TTS kemudian tap Google text speech engine (mesin pembaca text google) kemudian kembali. 
Instal voice data

- Pada prefered engine terdapat icon gear (pengaturan) dan anda berada di google TTS Option banyak pengaturan untuk tts anda semisal instal voice data, intonasi, dsb. 
Instal bahasa voice data TTS

Silahkan tap instal language (instal bahasa kemudian pilih bahasa yang diinginkan terus download bahasa dengan tap icon download misal bahasa indonesia dan tap icon download. Tersedia puluhan bahasa yang ingin digunakan dan anda bisa aktifkan misal bahasa inggris (English UK). 


Biasanya fitur text to speech dibenamkan pada aplikasi pembaca ebook berupa bacaan buku digital berupa pdf, chm, html, dll. sehingga anda hanya menjadi pendengar yang baik saat smartphone membacakan bacaan atau text secara otomatis. 

Tentunya berguna bagi orang yang sedang malas membaca maka smartphone bisa baca setiap teks dan kalimat tersebut. 

Bukan hanya itu mungkin anda juga sering menemui text to speech pada aplikasi dictionary (kamus) untuk mendengarkan pelapalan tiap kata seperti bahasa inggris, jepang, dsb. Hanya dengan mentap icon TTS (icon speaker) anda bisa dengan mudah bagaimana native speaker membacakan tiap kata, kalimat atau bacaan kepada anda. Sehingga anda semakin mengerti ucapan melalui aplikasi text to speech.

Demikian cara menggunakan text to speech di smartphoe dari omevan semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar untuk "Cara Menggunakan Text To Speech Pada Android"