Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Mengetik (Menulis) Dengan Suara Di HP Android

Perkembangan teknologi semakin cepat begitu juga dengan berbagai kemudahan mengetik via ponsel  pintar. Menulis atau mengetik di android menggunakan suara bisa menjadi alternatif saat anda lelah atau pegal mengetik menggunakan jari karena jari sudah kriting menulis data.
Cara mengetik dengan suara di hp android

Cara menulis via suara dapat dilakukan dengan mudah dan cepat hanya dengan mendiktekan melalui mikrophone maka dengan seketika itu akan menulis apa yang kita bacakan melalui mic hp atau istilahnya speech to text. 

Dengan perintah suara untuk mengetik di android bisa digunakan secara online maupun offline tentunnya harus mendownload data speech to text terlebih dahulu jika anda ingin gunakan secara offline. 

Bahkan bukan hanya kata atau kalimat juga mampu mengenali tanda baca yang kita diktekan. 

Syarat menggunakan speech to text

- Untuk menggunakannya voice input (mic) memakai keyboard bukan gboard mesti terinstal atau diinstal aplikasi google search. 

- Mendownload data bahasa jika anda ingin digunakan secara offline dengan download offline speech recognitions dengan bahasa yang anda pakai misal jika biasa menggunakan bahasa inggris silahkan instal english atau bahasa indonesia misalnya sehingga tidak memerlukan kuota data. 

- Jika online tentunya hanya memerlukan data internet dan tidak bisa digunakan secara offline. 

Cara mendownload voice recognition

Buka aplikasi google search kemudian tap icon titik tiga (more) dilanjutkan settings (pengaturan) lantas voice (suara) diteruskan offline speech recognitions silahkan download languages (bahasa) silahkan pilih bahasa dan download sesuai kebutuhan anda. 

Cara menulis atau mengetik  menggunakan suara via google voice typing keyboard dan keyboard selain gboard

Anda diharuskan sudah instal aplikasi pencarian google biasanya sudah terinstal di bawaan android. 

- Silahkan buka aplikasi untuk menulis semisal aplikasi sms atau chat atau dipencarian google.
Jika muncul aplikasi keyboard maka yang di tap adalah icon mic 🎙️(microphone).

kemudian akan muncul keyboard google voice typing kemudian silahkan dekatkan antara mulut dan mic hp dan katakan sesuatu untuk ditulis GVT saat try trying to speech jika belum tap to speeak icon michrophone. 

- Kemudian akan menulis otomatis sesuai dengan apa yang anda diktekan tentunya.

Cara lain

Atau sahabat bisa memilih keyboard google voice typing dengan menggeser sedikit ditepi atas ke bawah kemudian tap memilih GVT (Google voice typing). 

Untuk memulai try saying something (coba katakan sesuatu) atau tap to speak (tekan untuk berbicara). Silahkan arahkan microphone ke mulut dan GVT akan tulis sesuai ucapan anda.

Cara mudah mengunduh offline language recognitions buka settings saat muncul GVT. Dilanjutkan tap download offline speech language recognition dan pilih all languages lanjut pilih bahasa dan tap dan akan mengunduh datanya. Sehingga anda bisa menggunakan speech to text via offline. 

Jangan lupa tetapkan bahasa dengan mentap language anda bisa memilih satu bahasa atau dua bahasa misal english sama indonesia, secara otomatis GTV akan mengenali suara dengan bahasa berbeda. 

Cara mengetik atau menulis menggunakan suara via Gboard

Anda mesti download dan instal Google keyboard (GBoard), kami mencoba dengan disable aplikasi google voice search dan ternyata bisa mungkin sudah terintegrasi GVT. 

- Silahkan unduh gboard versi terbaru kemudian instal

- Kemudian buka gboard dan enable in setting (aktifkan di pengaturan) 

- kemudian pilih gboard sebagai default keyboard

- Voice input sudah enable secara otomotis jika pada versi baru jadi tidak perlu mengaktifkan manual

- Kemudian silahkan buka media aplikasi penulisan semisal menulis chat whatsapp, facebook, dsb.

- Setelah terbuka gboard silakan tap icon microphone diatas panel huruf keyboard dan mulai berbicara silahkan ucapkan kata.

- Maka text akan keluar dengan sendirinya. Silahkan ubah bahasa sesuai bahasa yang anda ucapkan untuk ditulis. 

Demikian cara menulis atau mengetik otomatis menggunakan suara dari omevan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengetik (Menulis) Dengan Suara Di HP Android"