Widget HTML Atas

Penyebab Dan Cara Jitu Mengatasi HP Cepat Panas (Overheat)

HP Panas (overheat) memang kadang membuat kita riskan akan keadaan atau kondisi hp kita apalagi jika hp panas berlebih dari normal biasanya. Tentunya sahabat ingin mengetahui penyebab dan solusi mengatasi handphone cepat panas.
Penyebab Dan Cara Jitu Mengatasi HP Cepat Panas (Overheat)
Banyak faktor yang melatar belakangi smartphone panas berlebih atau overheat yang kemungkinan bisa membuat baterai cepata rusak dan termasuk komponen elektronik didalamnya juga akan terpengaruh bisa-bisa anda perlu mereplace atau mengganti komponen didaam smartphone tersebut seperti ic power, dll.

Berikut penyebab hp cepat panas berlebih (overheat)


1. Banyak memasang aplikasi

Jika anda terlalu banyak instal aplikasi tentunya akan mendorong smartphone overheat sehingga diatas batas normal penginstalan aplikasi, omevan sendiri menyarankan 3/4 dari ram dan storage.

2. Internal storage dan Ram sesak

Storage terutama internal memori jika penuh dengan file seperti video, image, photo dan filenya tentunya akan membuat penuh memori sehingga system kesulitan untuk bergerak dan menyebabkan ponsel cepat panas maka usahakan agar kapasitas internal memori cukup lega agar system leluasa.

Begitupun dengan ram, jika sahabat memaksakan instal aplikasi dan ram penuh maka jadinya smartphone menjadi cepat panas dari biasanya. Maka usahakan ram cukup lega agar system aplikasi dapat menjalankan aplikasi tanpa kendala dan lancar jaya.

3. Bugs aplikasi dan software

Memang akan menyebabkan smartphone overheating jika terdapat bugs atau isue di perangkat lunak tersebut apalagi software android tidak stabil sehingga akan menyebabkan handphone cepat panas.

Demikian pula aplikasi bermasalah karena banyak bugs dapat menyebabkan hp cepat overheat.

4. Issue hardware

Selaim dari piranti lunak, isu hardware juga demikian, mungkin anda telah mendengar smartphone yang dikarenakan processor yang mempunyai isu overheating beberapa tahun lalu dan diketahui bahwa penyebabnya pada hardware itu sendiri.

5. Menggunakan hp sambil charge

Nah selain itu memainkan hp sambil mencharge hp akan memudahkan suhu handphone cepat naik dan panas. Kemudian tidak hanya itu kerusakan komponen smartphone akan cepat rusak pula.

8. Banyak app yang running di background

Selain itu penyebab hp cepat panas diantaranya banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang sehingga menyebabkan panas atau baterai over heat.

9. Data seluler tidak stabil

Tidak stabilnya signal yang diakibatkan sinyal yang diterima sedikit oleh ponsel akan mengakibatkan hp cepat panas karena handphone akan bekerja keras untuk mendapatkan data seluler.

10. Baterai Aus

Demikian pula baterai bermasalah karena aus dapat berakibat smartphone cepat panas karena komponen didalamnya sudah rusak.

Lantas bagaimana mengatasi agar smartphone tidak overheating, omevan akan mengupasnya untuk anda.

Cara mengatasi smartphone panas berlebih


Agar suhu panas atau overheating pada ponsel tidak terjadi berikut cara mengatasinya

1. Instal aplikasi sewajarnya

Hindari penginstalan aplikasi berlebihan sehingga system bergerak leluasa jika tidak tentunya itu tadi, instal app hp sewajarnya akan menambah leluasa ram juga bergerak cepat.

2. Berikan ruang memori dan RAM

Keleluasaan RAM dan Internal storage akan membuat system dan system appa lebih cepat dalam memproses data karena jika dipenuhi dengan junk file seperti video, image akan menghambat pergerakan system dan system aplikasi itu sendiri.

3. Update apps atau ugrade software jika tersedia

Jangan segan-segan untuk cek pembaharuan software karena upgrade atau update software dapat menghilangkan atau menambal bugs atau kecacatan software itu sendiri yang mungkin saja menyebabkan overheat smartphone.

Begitupun jangan sungkan untuk mengupdate aplikasi jika terdapat pembaharuan dari developer aplikasi di google playstore maupun ios.

4. Beli Smartphone Brand terpercaya

Brand ternama biasanya akan lebih terpercaya apalagi mengenai isue overheat, karena memang mereka memiliki developer yang handal baik dalam kesetabilan software maupun hardware.

5. Hindari Memainkan saat Charge hp

Cara mengatasi overheat smartphone diantaranya dengan menjauhi memakai hp saat cas hp, kinerja ponsel akan memanas bahkan suhu panas tinggi. Karena kinerja ponsel dipaksa saat charging (mengisi baterai) kemudian simpanan dalam baterai dikeluarkan lagi memaksa ponsel bekerja lebih keras.

Memakai ponsel saat mengisi baterai bukan hanya menambah suhu hp tambah panas bahkan kerusakan handphone itu sendiri seperti ic power, dsb. Lebih baik charge smartphone dalam keadaan mati atau biarkan menyala tetapi data dimatikan (mode pesawat).

6. Tutup semua aplikasi running di background

Kadangkala kita lupa untuk mengclose apps yang sedang berjalan dibackground atau bahkan membiarkan aplikasi tersebut sehingga menguras baterai dan overheat. Biasakan tutup aplikasi yang running di background. Anda bisa menahan keypad recent apps dan tap close all (tutup semua).

7. Gunakan data saver dan power saving

Mungkin andrid dan ios sekarang telah ditingkatkan dari waktu ke waktu baik dalam kinerja RAM dan system atau system apps dengan smart processor. Nah sahabat bisa mempergunakan data saver (penghemat baterai) agar baterai tetap hemat dan juga tidak panas tetap cool. Karena data saver biasanya hanya menggunakan data saat aplikasi kita dibuka saja tentunya smartphone tetap dingin dalam suhu normal.

Selain itu gunakan power saving, dengan hanya mengaktifkan aplikasi saat dibuka saja sedangkan tidak dipakai akan sleep pada waktu tertentu. Tentunya baterai tetap dingin dan smatphone tatap cool.

8. Gunakan provider yang signalnya kuat dan merata
Penerimaan signal tidak stabil akan membuat handphone panas maka alternatifnya adalah menggunakan provided yang signalnya atau jaringannya merata dan kuat.

9. Ganti baterai

Baterai yang telah bermasalah akan menyebabkan panas sehingga jika cara diatas telah dipenuhi lantas hp tetap panas maka sahabat perlu mereplace baterai lama dengan yang baru tentunya baterai yang orisinil.

Demikian penyebab dan cara mengatasi martphone panas berlebih (overheat) dari omevan semoga betmanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Dan Cara Jitu Mengatasi HP Cepat Panas (Overheat) "