Widget HTML Atas

Tips Belanja Online Aman Dan Nyaman Serta Agar Tidak Tertipu

Pertumbuhan Internet yang begitu cepat merangsang penjual untuk menjual produk secara online atau lebih dikenal dengan menjamurnya e-comerce atau situs belanja online.

Memang membeli barang secara online di online Shop atau situs belanja online banyak plusnya dengan diskon promosi dari para penjual, bahkan tidak sedikit promo diskonan mereka mengecoh para konsumen.
Tips Belanja Online Aman Dan Nyaman  Serta Agar Tidak Tertipu
Dari kejadian ini anda sebagai konsumen yang berbelanja online telah dirugikan, bahkan tidak sedikit barang yang tidak sesuai dengan pesanan atau beda dari yang ditawarkan penjual ntah cacat serta tidak sesuai keinginan anda.

Tapi tidak sedikit penjual online yang jujur sesuai dengan apa yang anda inginkan setelah menerima barang di rumah.

Beruntung jika barang tersebut ditukar dengan yang diinginkan tetapi kayanya ribet kalo belanja online trus ditukar lagi dengan belanja barang baru yang sesuai atau kemungkinan pada gak bisa.

Bahkan mereka kerap melakukan berbagai cara agar barang mereka laku dan bnyak belanja kepada mereka.

Tips jual beli aman


Berikut tips jual beli agar tidak kena tipu penjual yang nakal


1. Usahakan merk atau nama brand shop populer

Ketika berbelanja pasti kita melihat brand penjual serta merk brand atau brand barang dagang mereka.

Jika dipastikan brand terkenalndengan kejujurannya serta merk brand juga bagus dan dikenal anda sudah pasti aman mengenai kualitas barang dan pelayanannya baik.

2. Baca Review produk

Cara aman belanja online selain itu dengan melihat produk baru saaat belanja online anda akan melihat komentar atau review produk dari pembeli atau yang telah belanja di market onlinee tersebut.

Jika kebanyakan atau ada cela atau kekecewaan kepada penjual tersebut usahakan jangan berbelanja online disana. Karena komentar negatif dan juga banyak pembeli yang complain menandakan pelayanan jual mereka sangat buruk.

3. Bertanya kepada user atau konsumen yang lain

Kenali penjual dengan mencoba menanyakan kepada user yang telah berbelanja di sana tentang penjual apakah pelayanan mereka memuaskan pembelanja atau tidak, jangan tanyakan kepada satu user saja.

Boleh saja user yang komentar di market jual beli tersebut mempunyai akun user untuk membaguskan brand dan pelayanan mereka. Tetapi kita pun jangan suudzan pula begitu, meskipun begitu boleh jadi penjual tersebut seorang yang jujur dan dipercaya.

Selain itu coba tanyakan kepads consumen yang lain apakah pelayanannya bagus atau buruk serta apakah barangnya mengecewakan atau tidak.

4. Jangan tergiur promo jor-joran

Ketika sahabat mendengar promo dengan diskon yang sangat miring jangan terburu nafsu karena karena boleh jadi mutu barangnya dibawah standar. Apalagi promo diskon yang dilakukan lewat iklan televis boleh jadi mereka akan menurunkan kualitas barang.

Yang paling penting dengan cara membandingkan satu toko online yang satu dengan yang lain mana yang lebih cenderung menurut anda.

5. Pertimbangakan cara pembayaran

Usahakan saat melakukam pembelian atau bertransaksi dengan penjual online dengan system COD (Cash on demon / Delivery) sehingga barang diketahui oleh kita jika tidak sesuai kita dapat membatalkannya dan ketika sesuai keinginan kit bayar ditempat.

Atau mungkin pembayaran dengan kartu kredit maupun debit, bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit harus lebih berhati-hati tak jarang nomor kartu di curi.

6. Jangan terkecoh oleh gratis ongkir

Setiap segala yang bertema gratis pasti ada pengurangan kualitas apa lagi jika penjual online shop atau penjual online. Demikian pula gratis ongkir, itulah tekhnik marketing agar mereka laku.

7. Kenali penjual apakah berskala besar

Selain itu kekurangan penjual retail online skala kecil mungkin akan tidak sedia barang banyak sehingga kadang kita dengar kasus pas barang tiba di si pembeli barang malah diberi yang lain sehingga tidak seseuai keinginan minat awal pembeli.

8. Jangan simpan data penting di perangkat

Saat anda login dan melakukan nelanja secara online jangan simpan data di perangkat anda seperti menyimpan di sandi, nomor rekening bank, kartu kredit di smartphone maupun PC Karena cyber crime sangat rentan apalagi terkait pencurian data.

9. Selalu hapus data pribadi yang disimpan di device

Selain itu selalu delet data privacy atau personal di browser jika sahabat berbelanja atau transaksi melalui browser. Jangan lupa untuk selalu pasang antivirus, spyware, threat agar aman.

10. Lihat situs apakah merekam semua data pribadi / penting

Yang paling penting lihat dengan mengetahui apakah situs tersebut melakukan spyware terhadap data penting kita sebagai pembeli.

11. Jangan dibuang bukti transaksi

Jangan dibuang bukti pembelian secara online dari toko onlian tersebut sebagai pembuktian jika barang tidak bersesuaian dengn anda.

12. Update aplikasi 

Semua situs online sekarang banyak yang menggunakan aplikasi oleh karena itu jila ada pembagaruan segera perbaharui aplikasi agar aman dan nyaman karena update untuk menutupi bugs atau celah keamanan aplikasi tersebut.

Demikian cara belanja online aman agar tidak kena tipu dari omevan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Tips Belanja Online Aman Dan Nyaman Serta Agar Tidak Tertipu"