Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Masker Kain Sendiri Mudah Dan Cepat

Diawal mulai menyebar virus corona, masker medis mulai langka karena perhatian masyarakat dengan kesehatan dan kebersihan diri mulai digalakan lebih dari sebelumnya diantara dengan menggunakan masker ketika berada di lingkuangan umum.
Cara membuat masker kain tali karet sendiri
Ketika mulai indonesia di klaim pemerintah sudah terdapat yang terpapar virus maka masker juga sudah mulai mengalami kelangkaan yang signifikan. Oleh sebab itu sahabat bisa membuat masker mandiri sendiri dengan memakai bahan kain perca atau kain katun sebagai masker hijab (penghalang virus).

ADP (Alat Pelindung Diri) pribadi untuk ini bisa dibuat sendiri dirumah sebagai alternatif masker yang bukan medis baik untuk anda sendiri maupun keluarga dengan memanfaatkan kain perca atau kain bekas.

Masker medis langka karena memang ditujukan untuk keperluan tenaga medis yang sedang bertugas untuk menangani penderita atau terinfeksi covid19 maka sebagai alternatif sahabat bisa memakai masker mandiri (buatan sendiri) sebagai alat APD pribadi untuk dipakai sendiri atau anggota keluarga guna menghindari atau antisipasi penyebaran virus.

Cara membuat masker dari kain perca atau katun


Berikut cara buat masker kerut yang simple dari kain bekas atau kain katun

Siapkan bahan pembuatan masker

1. Siapkan kain, kain katun atau kain perca
2. Peralatan jahit seperti gunting, jarum atau mesin jahit
4. Karet untuk mengaitkan ke telinga jika ada

Pembuatan masker untuk digunakan sebagai pola masker pada kain perca jika ingin membuat banyak masker atau membuat pola langsung pada kain bisa juga.

Karena pembuatan masker ini sangat sederhana dan bisa dibuat oleh siapa saja dengan memanfaatkan kain katun.

Cara membuat masker


Masker simple 

- Gunting kain katun atau perca yang telah dipersiapkan persegi dengan panjang 19 cm dan lebar 18 cm atau sesuaikan ukuran antara hidung dan menutupi dagu sebanyak dua lembar

- Satukan kain tadi menjadi satu bagian kemudian elim dengan dijahit atau di obras bagian pinggir.

- Jahit sisi kain katun atau perca (kain tidak di pakai) dengan mengerut-ngerutkannya atau melipat-lipat kain selebar 1 cm dan kasih jarak antar kerutan sehingga lebar kain yang akan dijadikan masker menjadi 7cm seperti tampa gambar diatas.

- Buat kain sebagai tali masker dan jahit di ke 4 sisi kain secukupnya sehingga sobat bisa menalikannya di bagian kepala belakang. Atau sahabat bisa menggunakan karet untuk mengaitkannya ke telinga anda.

Sahabat bisa menambah material kain lainya jika dirasa kurang untuk memfilter virus, bakteri dan lainya.

- Cara membuat masker polos

Masker lebar tanpa rempel

Untuk membuat masker sederhana buatan sendiri dari kain untuk masker polos sahabat tidak perlu mengkerut-kerutkannya cukup dengan lebar 15x18/20cm  sebanyak 2 lembar kemudian kelim ke empat sudut 0.5cm atau di obras.

Setelah itu tinggal pasang tali di ke-4 sisi atai memakai karet juga bisa.

Meskipun begitu masker kain tidak begitu efektif untuk menyaring virus corona, bakteri ataupun virus tetapi untuk alternatif terakhir tatkala masker medis langka karena digunakan tim medis untuk penanganan corona.

Demikian cara membuat masker kaindi wajah dengan kain bekas dari omevan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Masker Kain Sendiri Mudah Dan Cepat"